Evaluasi Perubahan Bentuk Lambung dengan Variasi Sudut terhadap Respon Hambatan dan Karakteristik Stabilitas Laut menggunakan Simulasi Dinamika Fluida Komputasional (CFD).
Keywords:
Kapal cepat, Step hull, Variasi Sudut, Hambatan kapal, SeakeepingAbstract
Stepped planing hull atau step hull adalah sebuah modifikasi lambung kapal yang berprinsip mengurangi daerah permukaan basah.
Jenis lambung ini masih jarang digunakan walaupun beberapa kapal yang menggunakan jenis lambung ini telah membuktikan
keefektifannya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi pengaruh antara variasi sudut step hull dengan non-step hull
terhadap hambatan dan mengidentifikasi Response of Amplitude Operator (RAO) pada kapal step hull maupun non-step hull.
Penelitian ini menggunakan metode CFD dan terdapat 3 model konfigurasi lambung di setiap perubahan sudut step hull dari 180º,
210º, 240º dan 270º. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa model step hull 270º adalah model lambung dengan rata-rata
hambatan total terendah dengan penurunan hambatan sebesar 45.2% dibandingkan lambung non-step. Namun, untuk olah gerak
kapal model ini mengalami kenaikan respon pada gerakan pitch, roll, dan yaw. Sementara itu model yang memiliki respons kapal
terbaik dengan konfigurasi yang sama ialah model dengan sudut step hull 240º dengan rata-rata penurunan hambatan senilai 40.7%.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa kenaikan sudut step hull sejalan dengan pengurangan hambatan. Tetapi berbanding terbalik
dengan respons yang diterima kapal. Dengan demikian, Penelitian ini dapat memberikan pemahaman tentang lambung step dan
menjadi bahan dalam pengembangan lambung step.
References
Budiarto, G. (2011) ‘Testing Position Step Hull at the National Corvette Battleship the Size of 90 meters With CFD Analysis
Approach’, Department Of Marine Engineering, Ocean Engineering Faculty, ITS, Surabaya [Preprint].
Febrian, E., Chrismianto, D. and Rindo, G. (2018) ‘Analisis Hambatan Dan Gaya Angkat Dari Modifikasi Stephull Dengan Variasi
Sudut Pada Kapal Pilot Boat 15 Meter Alu Menggunakan Metode Cfd’, Jurnal Teknik Perkapalan, 6(1), pp. 150–159.
Firdaus, N. et al. (2022) ‘Analisa numerik seakeeping kapal cepat rudal pada kondisi gelombang ekstrem’, 12(1), pp. 87–93