Analisis Perbandingan Hambatan Kapal Terhadap Trimaran Conventional Side Hull Dengan Swath Side Hull

Authors

  • Happy Nabila Sukmawardana UPN "Veteran" Jakarta

Keywords:

multi-hull, hambatan, CFD

Abstract

Indonesia mengalami perkembanganan jumlah armada kapal hingga Agustus 2022 terdapat 4.906 kapal penumpang, 50.419 kapal
ikan dan 44.645 kapal barang dibandingkan pada tahun 2017 jumlah armada hanya 27.567 kapal, tahun 2018 jumlah armada 29.928
dan meningkat menjadi 32.587. Dengan ini, para naval engineer melakukan inovasi salah satunya multi-hull seperti SWATH dan
Trimaran. Penelitian ini bertujuan salah satu inovasi untuk mengetahui perbandingan hambatan trimaran conventional dengan kapal
trimaran SWATH. Model kapal yaitu kapal dari penelitian dari jurnal validasi yang nanti akan divariasikan menjadi SWATH.
Analisis hambatan dan perhitungan model ini menggunakan metode Computational Fluid Dynamic (CFD) dengan bantuan bantuan
software ANSYS. Analisis perbandingan hambatan ini dilakukan terhadap hambatan total, hambatan gesek, hambatan viskositas,
hambatan gelombang dan hambatan residu dengan kecepatan pada fr 0.1, 0.3, 0.5, 0.7 dan 0.9. Dari hasil yang didapatkan pada
CFD, bahwa koefisien hambatan total (CT) dengan rata – rata selisih trimaran conventional side hull dengan SWATH side hull
sebesar 11%, CF mendapat selisih nilai dengan rata – rata sebesar 8,4%, CW mendapat selisih nilai dengan rata – rata sebesar
2,3%, CV mendapat selisih nilai dengan rata – rata sebesar 1,3%. Hasil dari contour gelombang yang di dapat dari CFD
menunjukkan bahwa trimaran SWATH memiliki bentuk contour gelombang lebih teratur dibandingkan trimaran conventional side
hull, hal ini disebabkan dengan WSA (Wetted Surface Area) yang lebih kecil. Interferensi yang dihasilkan menunjukan
perbandingan sebesar 0,07% yang dimana nilai terendah -0,0088.

References

Andriani, A. (2018). Saya Indonesia, Negara Maritim Jati Diriku. Sukabumi: CV Jejak.

Aprijal, R. P., Ardiana, M., Zulfikar, A. S., & Haribowo, W. (2014). Makalah Teori Bangun Kapal Small Waterplan Area Twin Hull. SWATH, 2-5.

Bakker, A. (2008). Lectures on Applied CFD. United States of America.

Birk, L. (1963). Fundamentals of Ship Hydrodynamics (Vol. I). (J. W. Ltd, Penyunt.) New Orleans, United States of America: John Wiley & Sons Ltd.

Brizzolara, S. (2004). Parametric Optimization of SWAT-Hull Forms by a Viscous-Inviscid Free Surface Method Driven by a Differential Evolution Algorithm.

Djatmiko, E. B. (2007). Analisis Beban Gelombang Dalam Perancangan Struktur Global Kapal SWATH.

Downloads

Published

2023-12-19

Issue

Section

Artikel