Analisis dan Perancangan Sistem Informasi “Homify”

Penulis

  • Vito Valerino Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Rifqi Arrayan Muttaqien Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Muhammad Nur Alif Ramadan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Muhammad Arya Yudha Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Achmad Rama Firgiawan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Zatin Niqotaini Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.52958/iftk.v20i1.9064

Kata Kunci:

Sistem Informasi, Aplikasi, Jasa Keperluan Rumah, Perancangan

Abstrak

Dalam era modern, solusi kreatif untuk layanan keperluan rumah tangga menjadi semakin penting seiring dengan gaya hidup dan kebutuhan masyarakat yang semakin meningkat. Artikel ini membahas perancangan dan analisis sistem informasi untuk aplikasi "Homify," yang bertujuan menyediakan berbagai jasa rumah tangga seperti bersih-bersih rumah, potong rumput kebun, sedot WC, renovasi rumah, pangkas rambut, dan pembersihan kolam renang. Aplikasi ini dirancang khusus untuk membantu pasangan muda yang sibuk bekerja dan sering mengabaikan pekerjaan rumah tangga mereka. Penelitian ini menggunakan metode perancangan sistem informasi dengan pendekatan Unified Modeling Language (UML) untuk mengembangkan diagram sistem yang menggambarkan alur, fungsi, dan fitur aplikasi. Analisis sistem dilakukan untuk mengidentifikasi masalah dalam layanan jasa konvensional, yang kemudian diselesaikan dengan menciptakan sistem penjualan berbasis web dan mobile. Proses penelitian melibatkan beberapa tahap, termasuk identifikasi masalah, pengumpulan data melalui observasi, studi literatur, dan wawancara, serta analisis dan perancangan sistem. Diagram use case, activity, sequence, dan class digunakan untuk menjelaskan interaksi antara pengguna dan sistem, serta alur proses dalam aplikasi. Selain itu, perancangan antarmuka pengguna (UI) dan database juga dijelaskan secara mendetail, termasuk desain halaman onboarding, registrasi, detail produk, profil pengguna, keranjang belanja, dan notifikasi. Aplikasi "Homify" diharapkan dapat membantu pengguna menghemat waktu dan tenaga, sementara penyedia layanan dapat menawarkan lebih banyak jasa dengan lebih efisien dan mudah diakses oleh pelanggan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi ini memiliki kinerja dan tingkat keamanan yang tinggi, memberikan kenyamanan dan kepercayaan kepada penggunanya. Aplikasi ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga dengan menyediakan layanan sehari-hari yang berkualitas dan terpercaya. Penelitian ini juga memberikan panduan berharga bagi pengembang, pemangku kepentingan, dan peneliti untuk merancang dan meningkatkan solusi teknologi informasi yang dapat meningkatkan pengalaman pengguna dan penyedia layanan rumah tangga. Ekspansi wilayah layanan dan integrasi pembayaran non-tunai diharapkan dapat meningkatkan jangkauan dan aksesibilitas layanan.

Biografi Penulis

Zatin Niqotaini, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

Sistem Informasi

Referensi

Z. Niqotaini And B. Budiman, “Analisis Penerimaan Google Classroom Menggunakan Pendekatan Technology Acceptance Model (Tam) Dan End-User Computing Satisfaction (Eucs) (Studi Kasus Universitas Informatika Dan Bisnis Indonesia),” Technol. J. Ilm., Vol. 12, No. 4, P. 259, 2021, Doi: 10.31602/Tji.V12i4.5636.

M. K. Zatin Niqotaini, S.Tr.Kom, M. K. Dr. Bambang Saras Yulistiawan, St, M. Erly Krisnanik, S.Kom, And M. K. Rifka Dwi Amalia, S.Pd, Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Dengan Unified Modelling Language. Bandung: Indie Press, 2023. [Online]. Available: Https://Indiepress.Id/

I. Zatin Niqotaini, Indah Purnamasari, Cholid Fauzi, Yoga Sahria, Dartono, Dian Nursantika, M. Afriliana, Cahyo Prihantoro, Petrus Christo, Andi Wijaya, Anang Anggono Lutfi, And Y. W. Robihul Mufid, Arif Rizki Marsa, Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: Pt Penamuda Media, 2023. [Online]. Available: Www.Penamuda.Com

Z. Niqotaini, “Analisis Dan Perancangan Sistem Pengadaan Barang Di Pt Indonesia Power Sub Unit Plta Cikalong Ubp Saguling,” Vol. 1, No. 02, Pp. 20–26, 2019.

I. Akbar, Z. Niqotaini, And A. R. Fauzi, “Analisis Dan Perancangan Sistem Penjualan Pada Toko Xyz Berbasis Web Dan Mobile Menggunakan Uml,” Vol. 17, No. July, Pp. 71–82, 2023.

Z. Niqotaini, A. Syaakirah, A. Pratiwi, A. Fashia Aksan, B. Dwi Safitri, And D. Rahmawati, “Rancang Bangun Sistem Informasi Persediaan Barang Berbasis Web Pada Toko Elektronik Abc Menggunakan Uml,” Semin. Nas. Inform., No. November, Pp. 7–8, 2023.

A. Lubis, A. S. Putri, And F. R. Ilyasa, “Zatin Niqotaini1 *, Eunike Eunike Nababan2 , Haninda Aulia3 , Zaqi,” “Semin. Nas. Inform., No. November, Pp. 7–8, 2023.

Vernanda Dwi, Zatin Niqotaini, Susilawati, And Azhis Sholeh Buchori, “2023 International Conference On Informatics, Multimedia, Cyber And Informations System (Icimcis). The Innovation Diffusion Theory For Analysis Thedigitalization Of ‘Rasa Alami’ Msmes At Subangregency,” Pp. 653–658, 2023.

M. K. Zatin Niqotaini, S.Tr.Kom, “In Search,” Apl. Maint. Sist. Komersial Dan Billing Pada Unit Inf. Syst. Cent. - Bus. Appl. Dev. Pt. Telekomun. Indones., Vol. 17, No. 02, Pp. 154–161, 2018.

Z. Niqotaini, “Develop Aplikasi Preventive Maintenance Pada Manajemen,” Vol. 18, No. 01, 2019.

Z. Niqotaini, “Sisinfo Perancangan Sistem Informasi Pengajuan Permohonan Pemasangan Listrik Baru Pt Pln Persero Distribusi Jawa Barat Dan Banten ( Studi Kasus : Subbagian Unit Pelayanan ) Sisinfo,” Vol. 2, No. 01, Pp. 8–15, 2020.

Z. Niqotaini Et Al., “Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Man 22 Jakarta,” “Semin. Nas. Inform., No. November, Pp. 7–8, 2023.

Z. Niqotaini, A. D. Kurnianto, A. K. Gulo, C. Anugrahini, V. A. M. Mulyawan, And I. Al Ghifary, “Semin. Nas. Inform., No. November, Pp. 7–8, 2023.

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-26

Terbitan

Bagian

Article