Perancangan Aplikasi E-commerce Berbasis Android Pada Calvcare

Penulis

  • Vidiani Aulia Fadiyawan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Theresiawati Theresiawati Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.52958/iftk.v19i1.4639

Kata Kunci:

Aplikasi, E-commerce, Android, Skincare, Unified Modelling Language

Abstrak

Penelitian ini dilakukan pada toko penjualan skincare bernama Calvcare, toko Calvcare berdiri pada tahun 2019 yang berlokasi di daerah tanjung priok. Dalam proses penjualan Calvcare yaitu, kurangnya media transaksi penjualan terutama untuk para pembeli yang mempunyai tempat tinggal jauh dari toko sehingga tidak bisa untuk membeli produk secara langsung. Tujuan penelitian ini agar penjualan pada toko Calvcare dapat meningkat dan memudahkan user dalam meraih informasi produk yang dijual pada toko Calvcare serta melakukan transaksi pembelian dimana pun dan kapan pun. Penelitian ini menggunakan metode prototype dan menggunakan pemodelan UML (Unified Modelling Language) dan Design Figma, serta perancangnnya menggunakan laragon, visual studio code, android studio, dan database adminer, mysql. Penelitian ini menghasilkan suatu aplikasi e-commerce berbasis android pada Calvcare. Untuk penelitian sejenis disarankan fitur-fitur pada aplikasi dirancang sesuai dengan kebutuhan klien.

Referensi

W. Wahyuni, “Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada PT. Hadji Kalla Cabang Gowa”, Diploma Thesis Universitas Negeri Makassar, 2019.

R. T. Yusnita, dan D. Pebrianti, “Analisis Volume Penjualan Berdasarkan Bauran Pemasaran pada Home Industry Kerajinan Tas Mandiri Olshop Rajapolah,” Jurnal Ekonomi Perjuangan, vol.2, no.1, pp.12-30, 2020, doi: https://doi.org/10.36423/jumper.v2i1.648.

F. H. Mait, B. Lumanauw dan R. Samady, “Analisis Strategi Marketing Mix Untuk Meningkatkan Volume Penjualan pada Umkm Pabrik Roti Nabila Bakery Manado”, Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, vol.10, no.1, pp.996-1003, 2022, doi: https://doi.org/10.35794/emba.v10i1.38662

S. A. Putra, “Analisa Peramalan Penjualan dan Promosi Penjualan Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pada PT. Cakra Anugerah Arta Alumindo Medan,” Jurnal Manajemen Dan Akuntansi Medan, vol.1, no.3, pp.142-160, 2019, doi: 10.47709/jumansi.v1i3.2097

V. Maarif, H. M. Nur, dan T. A. Septianisa, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Skincare yang sesuai dengan jenis kulit wajah menggunakan logika Fuzzy”, EVOLUSI: Jurnal Sains dan Manajemen, vol.7, no.2, 2019, doi: 10.31294/evolusi.v7i2.6755

A. Ansori, “Pengertian UML (Unified Modelling Language) : Jenis, Tujuan, Notasi, dan Contohnya”, Retrieved from https://www.ansoriweb.com/2020/03/pengertian-uml.html, 2020

A. A. Ikhsania, “Skincare adalah asupan nutrisi yang dapat menjaga kesehatan kulit. Retrieved from SehatQ”, Retrieved from https://www.sehatq.com/artikel/arti-skincare-serta-manfaat-dan-macam-macamnya-sudah-tahu, 2020

V. N. Valencia, “Metode Prototype: Pengertian, Kekurangan, dan Kelebihan”, Retrieved from DosenIT.com: https://dosenit.com/software/metode-prototype, 2020

Unduhan

Diterbitkan

2023-05-25

Terbitan

Bagian

Article