Perancangan Aplikasi E-commerce Berbasis Android Pada Calvcare
DOI:
https://doi.org/10.52958/iftk.v19i1.4639Kata Kunci:
Aplikasi, E-commerce, Android, Skincare, Unified Modelling LanguageAbstrak
Penelitian ini dilakukan pada toko penjualan skincare bernama Calvcare, toko Calvcare berdiri pada tahun 2019 yang berlokasi di daerah tanjung priok. Dalam proses penjualan Calvcare yaitu, kurangnya media transaksi penjualan terutama untuk para pembeli yang mempunyai tempat tinggal jauh dari toko sehingga tidak bisa untuk membeli produk secara langsung. Tujuan penelitian ini agar penjualan pada toko Calvcare dapat meningkat dan memudahkan user dalam meraih informasi produk yang dijual pada toko Calvcare serta melakukan transaksi pembelian dimana pun dan kapan pun. Penelitian ini menggunakan metode prototype dan menggunakan pemodelan UML (Unified Modelling Language) dan Design Figma, serta perancangnnya menggunakan laragon, visual studio code, android studio, dan database adminer, mysql. Penelitian ini menghasilkan suatu aplikasi e-commerce berbasis android pada Calvcare. Untuk penelitian sejenis disarankan fitur-fitur pada aplikasi dirancang sesuai dengan kebutuhan klien.Referensi
W. Wahyuni, “Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada PT. Hadji Kalla Cabang Gowa”, Diploma Thesis Universitas Negeri Makassar, 2019.
R. T. Yusnita, dan D. Pebrianti, “Analisis Volume Penjualan Berdasarkan Bauran Pemasaran pada Home Industry Kerajinan Tas Mandiri Olshop Rajapolah,” Jurnal Ekonomi Perjuangan, vol.2, no.1, pp.12-30, 2020, doi: https://doi.org/10.36423/jumper.v2i1.648.
F. H. Mait, B. Lumanauw dan R. Samady, “Analisis Strategi Marketing Mix Untuk Meningkatkan Volume Penjualan pada Umkm Pabrik Roti Nabila Bakery Manado”, Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, vol.10, no.1, pp.996-1003, 2022, doi: https://doi.org/10.35794/emba.v10i1.38662
S. A. Putra, “Analisa Peramalan Penjualan dan Promosi Penjualan Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pada PT. Cakra Anugerah Arta Alumindo Medan,” Jurnal Manajemen Dan Akuntansi Medan, vol.1, no.3, pp.142-160, 2019, doi: 10.47709/jumansi.v1i3.2097
V. Maarif, H. M. Nur, dan T. A. Septianisa, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Skincare yang sesuai dengan jenis kulit wajah menggunakan logika Fuzzy”, EVOLUSI: Jurnal Sains dan Manajemen, vol.7, no.2, 2019, doi: 10.31294/evolusi.v7i2.6755
A. Ansori, “Pengertian UML (Unified Modelling Language) : Jenis, Tujuan, Notasi, dan Contohnya”, Retrieved from https://www.ansoriweb.com/2020/03/pengertian-uml.html, 2020
A. A. Ikhsania, “Skincare adalah asupan nutrisi yang dapat menjaga kesehatan kulit. Retrieved from SehatQ”, Retrieved from https://www.sehatq.com/artikel/arti-skincare-serta-manfaat-dan-macam-macamnya-sudah-tahu, 2020
V. N. Valencia, “Metode Prototype: Pengertian, Kekurangan, dan Kelebihan”, Retrieved from DosenIT.com: https://dosenit.com/software/metode-prototype, 2020
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Vidiani Aulia Fadiyawan, Theresiawati -
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
KEBIJAKAN YANG DIAJUKAN UNTUK JURNAL YANG MENAWARKAN AKSES TERBUKA
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).