Perancangan Administrasi Pelayanan Pada Kedai Kopi Tuah Doa Berbasis Web
DOI:
https://doi.org/10.52958/iftk.v17i4.4371Kata Kunci:
Kedai Kopi, Pelayanan, WebAbstrak
Teknologi memiliki peran penting dan berdampak pada aktivitas serta kehidupan manusia tidak hanya individu saja, namun organisasi atau perusahaan juga merasakan perkembangan teknologi. Dengan adanya teknologi, dapat memberikan efektivitas pada proses bisnis suatu perusahaan untuk meningkatkan kualitas pelayanannya agar dapat bersaing dengan kompetitornya. Namun Kedai Kopi Tuah Doa masih belum memanfaatkan teknologi secara maksimal. Kedai Kopi Tuah Doa masih menggunakan sistem manual, sehingga menyebabkan pelayanan yang diberikan kepada pelanggan membutuhkan waktu yang cukup lama. Selain itu, dapat terjadinya duplikasi data serta kerusakan data. Berdasarkan hal tersebut, penulis membangun sistem pada Kedai Kopi Tuah Doa berbasis web untuk membantu Kedai Kopi Tuah Doa dalam meningkatkan pelayanannya. Metode yang digunakan dalam perancangan sistem adalah metode waterfall serta PIECES sebagai metode analisis sistem. Bahasa yang digunakan untuk membangun sistem adalah PHP dan basis data yang digunakan adalah MySQL. Dengan dibangunnya aplikasi ini, maka Kedai Kopi Tuah Doa telah dapat mencatat pesanan pelanggan, mengelola menu produk dan bahan baku yang terkomputerisasi serta dapat mencetak laporan penjualan dan keluar masuknya bahan baku dengan mudah.Referensi
Nasution, M. I., Adiluhung, H., & Herlambang, Y. (2020). Perancangan Meja Untuk di Kedai Kopi. e-Proceeding of Art & Design, 5255-5256.
Rahman, Martiati, 2017. Ilmu Administrasi. Makassar: CV. Sah Media.
Setijaningrum, E, 2020. Inovasi Pelayanan Publik, Surabaya: PT. Medika Aksara Globalindo.
Josi, Ahmat. (2017). Penerapan Metode Prototiping Dalam Pembangunan Website Desa (Studi Kasus Desa Sugihan Kecamatan Rambang). Jurnal Teknologi Informasi Mura (Timur) Juni, 50.
Yurindra, 2017. Software Engineering. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.
Mumpuni, I. D., & Dewa, W. A. (2017). Analisis dan Pengembangan Sistem Self Services Terminal (SST) dengan Pendekatan PIECES pada STMIK Pradnya Paramita Malang. MATICS Jurnal Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, 13-14.
Asmawati, E., Absari, D. T., Herlambang, A., & Haryono, Y. (2017). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Produksi pada UMKM Kerupuk Sidoarjo. TEKNIKA, 2.
Wati, E. F., & Kusumo, A. A. (2016). Penerapan Metode Unified Modeling Language (UML) Berbasis Desktop Pada Sistem Pengolahan Kas Kecil Studi Kasus Pada PT Indo Mada Yasa Tangerang. UNSIKA Syntax Jurnal Informatika, 25.
Ningrum, F. C., Suherman, D., Aryanti, S., Prasetya, H. A., & Saifudin, A. (2019). Pengujian Black Box pada Aplikasi Sistem Seleksi Sales Terbaik Menggunakan Teknik Equivalence Partitions. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 126.
Andrianto, P., & Nursikuwagus, A. (2017). Sistem Informasi Pelayanan Kesehatan Berbasis Web di Puskesmas. Prosiding Seminar Nasional Komputer dan Informatika, 78.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
KEBIJAKAN YANG DIAJUKAN UNTUK JURNAL YANG MENAWARKAN AKSES TERBUKA
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).