Perancangan Administrasi Pelayanan Pada Kedai Kopi Tuah Doa Berbasis Web

Penulis

  • Gina Ardhya Pradipta UPN Veteran Jakarta
  • Nurhafifah Matondang UPN Veteran Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.52958/iftk.v17i4.4371

Kata Kunci:

Kedai Kopi, Pelayanan, Web

Abstrak

Teknologi memiliki peran penting dan berdampak pada aktivitas serta kehidupan manusia tidak hanya individu saja, namun organisasi atau perusahaan juga merasakan perkembangan teknologi. Dengan adanya teknologi, dapat memberikan efektivitas pada proses bisnis suatu perusahaan untuk meningkatkan kualitas pelayanannya agar dapat bersaing dengan kompetitornya. Namun Kedai Kopi Tuah Doa masih belum memanfaatkan teknologi secara maksimal. Kedai Kopi Tuah Doa masih menggunakan sistem manual, sehingga menyebabkan pelayanan yang diberikan kepada pelanggan membutuhkan waktu yang cukup lama. Selain itu, dapat terjadinya duplikasi data serta kerusakan data. Berdasarkan hal tersebut, penulis membangun sistem pada Kedai Kopi Tuah Doa berbasis web untuk membantu Kedai Kopi Tuah Doa dalam meningkatkan pelayanannya. Metode yang digunakan dalam perancangan sistem adalah metode waterfall serta PIECES sebagai metode analisis sistem. Bahasa yang digunakan untuk membangun sistem adalah PHP dan basis data yang digunakan adalah MySQL. Dengan dibangunnya aplikasi ini, maka Kedai Kopi Tuah Doa telah dapat mencatat pesanan pelanggan, mengelola menu produk dan bahan baku yang terkomputerisasi serta dapat mencetak laporan penjualan dan keluar masuknya bahan baku dengan mudah.

Referensi

Nasution, M. I., Adiluhung, H., & Herlambang, Y. (2020). Perancangan Meja Untuk di Kedai Kopi. e-Proceeding of Art & Design, 5255-5256.

Rahman, Martiati, 2017. Ilmu Administrasi. Makassar: CV. Sah Media.

Setijaningrum, E, 2020. Inovasi Pelayanan Publik, Surabaya: PT. Medika Aksara Globalindo.

Josi, Ahmat. (2017). Penerapan Metode Prototiping Dalam Pembangunan Website Desa (Studi Kasus Desa Sugihan Kecamatan Rambang). Jurnal Teknologi Informasi Mura (Timur) Juni, 50.

Yurindra, 2017. Software Engineering. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Mumpuni, I. D., & Dewa, W. A. (2017). Analisis dan Pengembangan Sistem Self Services Terminal (SST) dengan Pendekatan PIECES pada STMIK Pradnya Paramita Malang. MATICS Jurnal Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, 13-14.

Asmawati, E., Absari, D. T., Herlambang, A., & Haryono, Y. (2017). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Produksi pada UMKM Kerupuk Sidoarjo. TEKNIKA, 2.

Wati, E. F., & Kusumo, A. A. (2016). Penerapan Metode Unified Modeling Language (UML) Berbasis Desktop Pada Sistem Pengolahan Kas Kecil Studi Kasus Pada PT Indo Mada Yasa Tangerang. UNSIKA Syntax Jurnal Informatika, 25.

Ningrum, F. C., Suherman, D., Aryanti, S., Prasetya, H. A., & Saifudin, A. (2019). Pengujian Black Box pada Aplikasi Sistem Seleksi Sales Terbaik Menggunakan Teknik Equivalence Partitions. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 126.

Andrianto, P., & Nursikuwagus, A. (2017). Sistem Informasi Pelayanan Kesehatan Berbasis Web di Puskesmas. Prosiding Seminar Nasional Komputer dan Informatika, 78.

Unduhan

Diterbitkan

2022-08-15

Terbitan

Bagian

Article