STUDI KOMPETENSI DAN KESADARAN PENGGUNA E-LEARNING TERHADAP KEAMANAN SISTEM E-LEARNING PADA PENDIDIKAN TINGGI
DOI:
https://doi.org/10.52958/iftk.v14i2.409Kata Kunci:
e-learning, Kompetensi, Kesadaran, Keamanan.Abstrak
Lemahnya keamanan informasi pada khususnya dalam sistem e-learning dapat membuka resiko yang merugikan elemen-elemen yang ada didalam lingkungan sistem tersebut. Sehingga penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisa kecurangan maupun serangan yang biasa dilakukan oleh pengguna dan mengidentifikasikan pola perilaku ataupun sikap yang memungkinkan merusak sistem keamanan pada e-learning. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengidentifikasi tingkat kesadaran pengguna terutama mahasiswa dalam menggunakan sistem e-learning. Studi ini menggunakan metode eksperimental terhadap user e-learning di lingkungan fakultas ilmu komputer UPN “Veteran” Jakarta dimana hasil akhir dari penelitian ini adalah pengindentifikasian tingkat kesadaran user terhadap keamanan sistem e-learning.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
KEBIJAKAN YANG DIAJUKAN UNTUK JURNAL YANG MENAWARKAN AKSES TERBUKA
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).