Perancangan Sistem Informasi Pendaftaran pada TK Islam Budaya I Berbasis Web

Penulis

  • Lovya Neysa Jayati Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Ika Nurlaili Isnainiyah UPN Veteran Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.52958/iftk.v17i2.3195

Kata Kunci:

Pendaftaran, Website, HTML, PHP

Abstrak

Pada setiap tahunnya sekolah selalu melakukan proses penerimaan peserta didik baru untuk menyeleksi calon peserta didik yang akan mendaftar. TK Islam Budaya I merupakan salah satu sekolah yang berada di Jakarta yang melakukan penerimaan peserta didik baru. Dalam proses pendaftaran yang dilaksanakan TK Islam Budaya  I masih menggunakan cara manual, yaitu masih menggunakan brosur dan formulir kertas. Hal tersebut dapat menimbulkan beberapa kendala yaitu hilangnya data dan memakan waktu yang lama untuk menginputkan data yang terdapat pada formulir. Dari permasalahan tersebut, maka dibutuhkan sistem informasi pendaftaran yang dapat mengurangi kendala yang mungkin akan terjadi pada sistem sebelumnya. Sistem informasi pendaftaran berisi proses pendaftaran mulai dari pemberian informasi  pendaftaran, mengisi formulir, pengecekan data, dan laporan hasil seleksi berupa aplikasi website. Dalam pembuatan website akan menggunakan HTML dan PHP. Hasil penelitian sistem informasi pendaftaran pada TK Islam Budaya I berbasis website ini dapat mempermudah dan membantu dalam proses pendaftaran.

Referensi

Rahmawati, D. (2008). Analisis Faktor Faktor yang Berpengaruh Terhadap Pemanfaatan Teknologi Informasi. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 5(1).

Husain, C. 2014. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran di SMA Muhammadiyah Tarakan. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 2(2).

Rani, Larissa Navia. 2018. "Rancang Bangun Sistem Informasi Pendaftaran Murid Baru Secara Online pada Purwacaraka Padang." Jurnal KomtekInfo 6.1

Laudon, Kenneth. 2015. Sistem Informasi Manajemen : Mengelola Perusahaan Digital. Jakarta: Salemba Empat

Putra, F. S., Purnama, B. E., dan Wardati, I. U. 2013. Pembangunan Sistem Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru Pada Universitas Terbuka Pacitan. IJNS-Indonesian Journal on Networking and Security, 4(3).

Najamudin, Wire Bagye, and Maulana Ashari. 2019. Aplikasi Penerimaan Peserta Didik Baru Berbasis Web pada Smk Negeri 2 Kuripan. Jurnal Manajemen Informatika Dan Sistem Informasi 2.2

Pressman, R.S. 2015. Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi Buku I. Yogtakarta : Andi.

Sukamto, R. dan Shalahuddin, M. (2013). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung.

Ragil, Wukil. 2010. Pedoman Sosialisasi Prosedur Operasi Standar. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Wetherbe, James. 2012. Systems Analysis and Design : Traditional, Best Practices 4th Ed.

Unduhan

Diterbitkan

2021-11-13

Terbitan

Bagian

Article