Aplikasi Game Edukasi "Legenda Kebo Iwa" Menggunakan Unity Berbasis Android

Penulis

  • I Gusti Agung Oka Aryananda Prodi Sistem Informasi, Fakultas Informatika dan Komputer, Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • I Gede Suardika Prodi Sistem Informasi, Fakultas Informatika dan Komputer, Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • I Gst Agung Vony Purnama Prodi Sistem Informasi, Fakultas Informatika dan Komputer, Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali

DOI:

https://doi.org/10.52958/iftk.v17i4.2800

Kata Kunci:

Aplikasi, Game Edukasi, Legenda Kebo Iwa, dan Game 3D

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun game edukasi yang dapat dengan mudah dipahami mengenai cerita Legenda Kebo Iwa. Aplikasi ini dibangun dengan menggunakan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yang terdiri dari Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing, dan Distribution. Penelitian ini mengutip jurnal serta penelitian yang mencakup aplikasi game dan aplikasi multimedia pembelajaran sebagai sumber dan data yang valid. Hasil penelitian ini telah berhasil dibangun sebuah Aplikasi Game Edukasi Legenda Kebo Iwa menggunakan Unity Berbasis Android, dan dengan pengujian Black-box testing aplikasi game ini dapat berfungsi sesuai dengan yang diharapkan.

Referensi

R. W., . I. G. M. D. S. K. . M. ., and . I. G. P. S. S. P. . M. P., “Pengembangan Aplikasi Game Mobile Legenda Selat Bali Manik Angkeran Berbasis Multiplatform,” Kumpul. Artik. Mhs. Pendidik. Tek. Inform., 2018, doi: 10.23887/karmapati.v7i2.15283.

D. P. Y. Ardiana and I. D. G. A. Pandawana, “Aplikasi Game Cerita Rakyat Bali Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Berbasis Mobile,” Lontar Komput. J. Ilm. Teknol. Inf., 2017, doi: 10.24843/lkjiti.2017.v08.i03.p07.

Choirul Fajri, "Tantangan Industri Kreatif-Game Online di Indonesia", Jurnal Komunikasi, Volume 1, Nomor 5, 2012

H. P. Jiwandono, "Analisis Resepsi Pemain Terhadap Serial Video Game Grand Theft Auto", JURNAL STUDI PEMUDA, VOL. 4, NO. 1, 2015

R. I. Borman and Y. Purwanto, “Impelementasi Multimedia Development Life Cycle pada Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Bahaya Sampah pada Anak,” J. Edukasi dan Penelit. Inform., 2019, doi: 10.26418/jp.v5i2.25997.

Unduhan

Diterbitkan

2022-08-15

Terbitan

Bagian

Article