Aplikasi Game Edukasi "Legenda Kebo Iwa" Menggunakan Unity Berbasis Android
DOI:
https://doi.org/10.52958/iftk.v17i4.2800Kata Kunci:
Aplikasi, Game Edukasi, Legenda Kebo Iwa, dan Game 3DAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun game edukasi yang dapat dengan mudah dipahami mengenai cerita Legenda Kebo Iwa. Aplikasi ini dibangun dengan menggunakan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yang terdiri dari Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing, dan Distribution. Penelitian ini mengutip jurnal serta penelitian yang mencakup aplikasi game dan aplikasi multimedia pembelajaran sebagai sumber dan data yang valid. Hasil penelitian ini telah berhasil dibangun sebuah Aplikasi Game Edukasi Legenda Kebo Iwa menggunakan Unity Berbasis Android, dan dengan pengujian Black-box testing aplikasi game ini dapat berfungsi sesuai dengan yang diharapkan.
Referensi
R. W., . I. G. M. D. S. K. . M. ., and . I. G. P. S. S. P. . M. P., “Pengembangan Aplikasi Game Mobile Legenda Selat Bali Manik Angkeran Berbasis Multiplatform,” Kumpul. Artik. Mhs. Pendidik. Tek. Inform., 2018, doi: 10.23887/karmapati.v7i2.15283.
D. P. Y. Ardiana and I. D. G. A. Pandawana, “Aplikasi Game Cerita Rakyat Bali Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Berbasis Mobile,” Lontar Komput. J. Ilm. Teknol. Inf., 2017, doi: 10.24843/lkjiti.2017.v08.i03.p07.
Choirul Fajri, "Tantangan Industri Kreatif-Game Online di Indonesia", Jurnal Komunikasi, Volume 1, Nomor 5, 2012
H. P. Jiwandono, "Analisis Resepsi Pemain Terhadap Serial Video Game Grand Theft Auto", JURNAL STUDI PEMUDA, VOL. 4, NO. 1, 2015
R. I. Borman and Y. Purwanto, “Impelementasi Multimedia Development Life Cycle pada Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Bahaya Sampah pada Anak,” J. Edukasi dan Penelit. Inform., 2019, doi: 10.26418/jp.v5i2.25997.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
KEBIJAKAN YANG DIAJUKAN UNTUK JURNAL YANG MENAWARKAN AKSES TERBUKA
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).