PIECES FRAMEWORK TERHADAP ANALISIS DAN EVALUASI KEPUASAN TERHADAP APLIKASI XXX PADA PEMBELAJARAN ANAK-ANAK.
DOI:
https://doi.org/10.52958/iftk.v16i1.1418Kata Kunci:
Pieces, Framework, Pieces Framework, pembelajaran, anak-anak, animasiAbstrak
Anak-anak adalah saat dimana mereka melakukan kegiatan yang menyenangkan seperti bermain. Namun jika hanya bermain maka kegiatan mereka sangat kecil dalam lingkupannya. Oleh karena itu anak-anak harus diselipkan atau dicampur dengan kegiatan belajar. Dalam era sekarang ini zaman yang sudah berubah yaitu zaman dimana era digital sangat merajai. Bukan hanya pada bidang bisnis atau pekerjaan, pada bidang pendidikan juga sangat dibutuhkan. Khusus pada anak-anak mereka juga tidak luput dalam perkembangan era digital ini. Dalam kegiatan belajar nya mereka juga dapat menggunakan teknologi sebagai alatnya. Hal itu dikarenakan pada teknologi tersebut dapat membuat anak-anak tertarik dalam hal belajar. tidak hanya belajar namun terdapat animasi dan video dan suaranya. Teknologi ini berupa aplikasi animasi pembelajaran bagi anak-anak. Dalam pembuatannya juga harus saling keterhubungan antara anak-anak dan aplikasi tersebut. Hal ini dapat membuat kegiatan belajar anak-anak menjadi lancar dan bermanfaat langsung tepat sasaran. Tujuan penelitian ini dalah untuk mengevaluasi aplikasi ini terhadap penggunaannya baik menganalisis kelebihan dan kelemahan dari aplikasi ini dan penggunaan keseluruhan , menggunakan kerangka PIECES. Dan menentukan langkah selanjutnya jika terdapat ketidak puasan dari pengguna terhadap aplikasi ini. Metode penelitian ini adalah menggunakan analisis PIECES FRAMEWORK yang terdiri dari berbagai kriteria : Performance, Information, Economics, Control & Security, Efficiency, Service. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi ini mempunyai kelebihan dalam hal menarik perhatian anak-anak karena menggunakan beberapa fitur animasi didalamnya dan menggunakan suara, namun ada beberapa kelemahan yang dipunyai aplikasi ini yang harus ditingkatkan.
Referensi
Uno, Hamzah. 2009. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Betara Indra G Hendra, “Jaringan Lapan Bandung Menggunakan Metode Pieces,” 2013.
Tullah, R., & Hanafri, M. I. (2014). Evaluasi Penerapan Sistem Informasi Pada Politeknik Lp3i Jakarta Dengan Metode Pieces. Jurnal Sisfotek Global, 4(1), 22–28.
File Tambahan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
KEBIJAKAN YANG DIAJUKAN UNTUK JURNAL YANG MENAWARKAN AKSES TERBUKA
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).