Perancangan Model Arsitektur Untuk Mendukung Persyaratan Big Data dan Cloud Computing Pada PTNB

Authors

  • Nurhafifah Matondang Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Theresiawati Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Bambang Warsuta Politeknik Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.52958/iftk.v21i2.11925

Keywords:

Arsitektur, Big_Data, Cloud_Computing, Perguruan_Tinggi, Sistem

Abstract

Perguruan tinggi negeri baru menghadapi tantangan besar dalam mengelola volume data yang terus berkembang, serta memanfaatkan teknologi cloud computing untuk meningkatkan efisiensi operasional dan akademik. Isu utama yang dihadapi termasuk keterbatasan infrastruktur TI, masalah pengelolaan data besar (big data), dan kebutuhan untuk mengintegrasikan solusi berbasis cloud yang dapat mendukung kolaborasi dan aksesibilitas data secara efisien. Penelitian ini bertujuan untuk merancang model kerangka arsitektur yang dapat mendukung pengelolaan big data dan cloud computing pada perguruan tinggi negeri baru, sehingga memudahkan pengelolaan data akademik, administratif, dan riset. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan desain sistem dengan analisis kebutuhan dan studi pustaka sebagai dasar untuk merancang arsitektur yang sesuai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggabungan antara big data dan cloud computing memungkinkan perguruan tinggi untuk meningkatkan skalabilitas, efisiensi, dan keamanan data. Model arsitektur yang diusulkan terdiri dari lapisan infrastruktur cloud, platform big data, serta sistem aplikasi yang saling terintegrasi. Implikasi dari penelitian ini adalah memberikan kontribusi dalam merancang sistem yang lebih efisien dan dapat diandalkan bagi perguruan tinggi negeri baru dalam mengelola data secara lebih baik. Selain itu, penelitian ini dapat menjadi referensi bagi implementasi solusi cloud computing di lembaga pendidikan tinggi.

Author Biography

Nurhafifah Matondang, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

 

 

 

 

 

References

A. Haleem, M. Javaid, M. A. Qadri, and R. Suman, “Understanding the role of digital technologies in education: A review,” Sustain. Oper. Comput., vol. 3, pp. 275–285, 2022, doi: 10.1016/j.susoc.2022.05.004.

M. S. Ummah, Tinjauan Strategis Keamanan Siber Indonesia Teknologi Cloud dan Tata Kelola Data, vol. 11, no. 1. 2019.

J. T. Santoso, “Komputasi awan,” Computing, pp. 0–297, 2023.

M. M. Ziezo, J. O. Osakwe, M. M. Ujakpa, and G. E. Iyawa, “Challenges of Implementing Big Data Technology in Higher Institutions,” J. Inf. Syst. Informatics, vol. 3, no. 3, pp. 376–391, Sep. 2021, doi: 10.51519/journalisi.v3i3.161.

V. H. Pardeshi, “Cloud Computing for Higher Education Institutes: Architecture, Strategy and Recommendations for Effective Adaptation,” Procedia Econ. Financ., vol. 11, pp. 589–599, 2014, doi: 10.1016/S2212-5671(14)00224-X.

I. Mutia, “Pemanfaatan Komputasi Awan (Cloud Computing) Bagi Pembelajaran Mahasiswa Perguruan Tinggi,” STRING (Satuan Tulisan Ris. dan Inov. Teknol., vol. 1, no. 1, Aug. 2016, doi: 10.30998/string.v1i1.963.

Sabrina Putri, Adhe Eva Yolanda, Haryati, Ayulia Indah Utami, Rizka Anisa Putri, and Alwi Alwilo Haryada, “Penerapan Sistem Cloud Computing Dalam Meningkatkan Efisiensi Kerja Pada Organisasi Kesatuan Aksi Mahasiswa Sibolga Tapteng (KAMISTA) dengan Menggunakan Layanan Google Drive,” J. Komput. Teknol. Inf. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 222–231, 2023, doi: 10.62712/juktisi.v2i1.54.

Zulfi Al Hakim, “Arsitektur Microservices dan Fungsinya dalam Lingkungan Cloud.” https://btech.id/id/news/microservices-architecture-and-their-function-in-the-cloud-environment/.

A. Y. Sukhoco and F. Lanvino, “Perancangan Arsitektur Sistem Smart Campus Berbasis Cloud di Kampus XYZ,” Media Inform., vol. 21, no. 1, pp. 1–9, 2022, doi: 10.37595/mediainfo.v21i1.90.

A. JOSE ROMERO PEREZ PERANCANGAN MODEL ARSITEKTUR ENTERPRISE MENGGUNAKAN TOGAF VERSI 9 PADA PEMERINTAHAN DAERAH KOTA TANGERANG, vol. 85, no. 1. 2016.

K. C. Cuya and T. D. Palaoag, “Blockchain in Higher Education: Advancing Security, Verification, and Trust in Academic Credentials,” Nanotechnol. Perceptions, vol. 20, no. S3, pp. 373–386, 2024, doi: 10.62441/nano-ntp.v20iS3.28.

F. Khoda Parast, C. Sindhav, S. Nikam, H. Izadi Yekta, K. B. Kent, and S. Hakak, “Cloud computing security: A survey of service-based models,” Comput. Secur., vol. 114, p. 102580, Mar. 2022, doi: 10.1016/j.cose.2021.102580.

B. Wang, “Construction Research of University Data Centre of Cloud Computing Based on Virtualization Technology,” IOP Conf. Ser. Mater. Sci. Eng., vol. 569, no. 5, p. 052022, Jul. 2019, doi: 10.1088/1757-899X/569/5/052022.

B. Daniel, “Big Data and analytics in higher education: Opportunities and challenges,” Br. J. Educ. Technol., vol. 46, no. 5, pp. 904–920, Sep. 2015, doi: 10.1111/bjet.12230.

Michael Wegerbauer, “How Analytics Helps Universities Improve Their Student Performance,” 2023. https://mrccedtech.com/how-analytics-helps-universities-improve-their-student-performance/.

J. Zhang and S. B. Goyal, “AI-Driven Decision Support System Innovations to Empower Higher Education Administration,” J. Comput. Mech. Manag., vol. 3, no. 2, pp. 35–41, Jul. 2024, doi: 10.57159/gadl.jcmm.3.2.24070.

Grady Andersen & MoldStud Research Team, “The Impact of Big Data on Decision Making in Higher Education IT,” 2024. https://moldstud.com/articles/p-the-impact-of-big-data-on-decision-making-in-higher-education-it.

Published

2025-08-19

Issue

Section

INFORMATIK