Peran Kecerdasan Buatan dalam Mengembangkan Kompetensi dan Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.52958/iftk.v21i2.11115Keywords:
Artificial_Intelligence, Etika_Pendidikan, Kompetensi_Akademik, Motivasi_BelajarAbstract
Transformasi pendidikan tinggi di era digital mendorong pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) untuk meningkatkan efektivitas proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana penggunaan berbagai tools AI, seperti ChatGPT, Copilot, Blackbox AI, dan Gemini, berkontribusi terhadap peningkatan motivasi belajar dan pengembangan kompetensi akademik mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik triangulasi melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap 19 mahasiswa aktif Program Studi Informatika angkatan 2023 Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan AI berkontribusi dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap materi yang bersifat kompleks, menyusun tugas dengan lebih efisien, serta meningkatkan semangat belajar mandiri. Namun, ditemukan pula tantangan seperti risiko plagiarisme, ketergantungan teknologi, dan potensi informasi yang tidak akurat. Oleh karena itu, literasi digital dan edukasi etika penggunaan AI perlu dikuatkan agar mahasiswa dapat memanfaatkan tools AI secara bijak dan bertanggung jawab dalam proses pembelajaran.
References
D. D. Hapsari, G. Y. R. and N. I. Ikramullah1, "Literature Review: Pengaruh Artificial Intelligence (AI) Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik," Jurnal Empati, vol. 13, pp. 313-324, 2024.
F. Morandín-Ahuerma, "Qué es la inteligencia artificial?," International Journal of Research Publication and Reviews, vol. 3, no. 12, pp. 1947-1951, 2022.
Nelliraharti, "Pengaruh Artificial Intelligence (AI) Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa," Journal of Education Science (JES),, pp. 139-151, 2024.
K. C. A. Velda Aurelia Putri, Sotyawardani and R. A. Rafael, "Peran Artificial Intelligence dalam Proses Pembelajaran Mahasiswa di Universitas Negeri Surabaya," in Prosiding Seminar Nasional Ilmu-Ilmu Sosial (SNIIS), 2023.
Digital Education Council, "Digital Education Council," 2024. [Online]. Available: https://www.digitaleducationcouncil.com/post/digital-education-council-global-ai-student-survey-2024. [Accessed 20 jan 2025].
D. E. C. Wardhana, S. S. D. Yulistio, A. Subakti and Jamaludin1, "Implementasi AI Dalam Proses Pembelajaran di Perguruan Tinggi : Studi Kasus Penggunaan AI Di Prodi Ilmu Fisika," FUNDAMENTUM: Jurnal Pengabdian Multidisiplin, vol. 2, pp. 24-34, 2024.
M. Yassir and Saharuna, "Pengaruh Artificial Intelligence (AI) Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa yang Dimediasi oleh Motivasi Belajar dan Kreativitas," Jambura Journal of Educational Management, vol. 5, pp. 45-54, 2024.
A. N. Sihananto, P. W. Atmaja and Sugiarto, "Pemanfaatan AI dalam Pembelajaran Pemrograman untuk Mahasiswa," in Seminar Nasional Rekayasa, Sains, dan Teknologi (SNARSTEK), 2024.
D. Sembiring, Wicaksono and A. Wahyu, "Disrupsi Dunia Pendidikan Penerbangan Indonesia ChatGPT Dampak dan Manfaatnya Terhadap Dunia Pendidikan," SKYHAWK: Jurnal Aviasi Indonesia, vol. 3, pp. 265-275, 2023.
S. F. Ahmad, M. K. Rahmat, M. S. Mubarik, M. M. Alam and S. I. Hyder, "Artificial Intelligence and Its Role in Education," Sustainability, vol. 13, no. 12902, pp. 1-11, 2021.
K. R. d. T. Kementerian Pendidikan, Panduan Penggunaan Generative Artificial Intelligence (GenAI) pada Pembelajaran di Perguruan Tinggi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, 2024.
F. Gandasari, A. S. K. A. K. Putri, D. A. Putri and N. Muftihah, "Etika Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence dalam Penyusunan Tugas Mahasiswa," Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 6, pp. 5572-5578, 2024.
B. University, "Dampak Adanya Tools AI terhadap Pekerjaan Programmer," Dec 2024. [Online]. Available: https://binus.ac.id/bekasi/2024/12/dampak-adanya-tools-ai-terhadap-pekerjaan-programmer/. [Accessed 21 jan 2025].
F. S. Dewi and T. Dewayanto, "Peran Big Data Analytics, Machine Learning, dan Artificial Intelligence dalam Pendeteksian Financial Fraud: A Systematic Literature Review," DIPONEGORO JOURNAL OF ACCOUNTING, vol. 3, pp. 1-15, 2024.
Nvidia, "NVIDIA Menandatangani Perjanjian untuk Pengembangan Talenta Artificial Intelligence (AI) dan Mendukung Riset Industri di Indonesia," 27 Jan 2022. [Online]. Available: https://www.nvidia.com/content/dam/en-zz/en_sg/news/NVIDIA-Menandatangani-Perjanjian-untuk-Pengembangan-Talenta-Artificial-Intelligence-dan-Mendukung-Riset-Industri-di-Indonesia.pdf. [Accessed 25 Jan 2025].
W. V. Nurfajriani, M. W. Ilhami, A. Mahendra, R. A. Sirodj and M. W. Afgani, "Triangulasi Data dalam Analisis Data Kualitatif," Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, vol. 10, no. 17, pp. 826-833, 2024.
G. F. Ayuningtyas, H. K. Fahranie, I. Muslimah, S. Hadiansyah, S. Elzahra and B. Setiawan, "Pengaruh Penggunaan AI Terhadap Peningkatan Critical Thinking Mahasiswa Teknologi Pendidikan," Action Research Journal Indonesia, vol. 6, pp. 406-416, 2024.
A. Supriyono, A. D. Lesmono and T. Prihandono, "Dampak dan Tantangan Pemanfaatan ChatGPT dalam Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka: Tinjauan Literatur Sistematis," Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, vol. 9, pp. 134-152, 2024.
BINUS University, "Penjelasan Singkat Tentang AI," BINUS University, 08 Dec 2020. [Online]. Available: https://sis.binus.ac.id/2020/12/08/penjelasan-singkat-tentang-ai/. [Accessed 2025 Jan 25].
S. T. T. and I. A. S. B., "Artificial Intelligence Effects on Student Learning Outcomes in Higher Education," Ninth International Conference on Science Technology Engineering and Mathematics (ICONSTEM), pp. 1-5, 2024.
Z. Zhang, "Research on The Impact of Artificial Intelligence on College Students' Learning," Computer Life, vol. 12, no. 3, pp. 23-25, 2024.
S. Rizvi, "Revolutionizing Student Engagement: Artificial Intelligence’s Impact on Specialized Learning Motivation," International Journal of Advanced Engineering Research and Science (IJAERS), vol. 10, no. 9, pp. 27-31, 2023.
A. T. Capinding and F. T. Dumayas, "Transformative Pedagogy in The Digital Age: Unraveling The Impact Of Artificial Intelligence On Higher Education Students," Problems Of Education In The 21st Century, vol. 82, no. 5, pp. 630-657, 2024.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhamad Rizki Suryawijaya, Supriyanto Praptodiyono, Sayyidina Nur A’kaasyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
KEBIJAKAN YANG DIAJUKAN UNTUK JURNAL YANG MENAWARKAN AKSES TERBUKA
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).






