Analisa Kebutuhan E-commerce untuk UKM Menggunakan Goal-Oriented Requirement Engineering (GORE)

Noor Falih

Sari


Rekayasa kebutuhan berorientasi pada tujuan memberikan mekanisme yang sesuai untuk memahami kebutuhan aplikasi e-commerce yang diinginkan oleh pelanggan, yaitu UKM dan pembina UKM. KAOS adalah salah satu teknik pemodelan berorientasi pada tujuan yang menghasilkan kebutuhan yang lebih spesifik dan lebih mudah ditelusuri. Salah satu faktor yang menyebabkan e-commerce ditinggalakan oleh penjual dalam hal ini UKM, adalah tidak adanya akses pembiayaan dan pembinaan (seperti pendampingan/pelatihan, monitoring dan penilaian perbaikan) karena pembiayaan dan pembinaan adalah salah satu faktor kunci kesuksesan dan kegagalan suatu UKM. Penelitian ini membahas tentang model kebutuhan perangkat lunak e-commerce yang sesuai untuk UKM. Pembuatan model diawali dengan melakukan studi literature dan wawancara dengan UKM Center Universitas Universal sehingga menghasilkan tujuan (Goal) yang masih umum. Tujuan tersebut kemudian diturunkan menjadi beberapa sub-tujuan menggunakan pemodelan KAOS sehingga menghasilkan kebutuhan fungsional dan kebutuhan non-fungsional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemodelan kebutuhan dengan menggunakaan KAOS dapat digunakan dalam memodelkan kebutuhan untuk aplikasi e-commerce yang sesuai dengan tujuan UKM dengan menghasilkan kebutuhan yang valid.

Kata Kunci


Kebutuhan, E-commerce, GORE

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Baum, David, 1999. E-Commerce. New Jersey : oracle corp

Hadi, S. A., Purnama, J., Amin Soetomo, M. A., & Galinium, M. (2015). C2C E-commerce trust level measurement and analysis in Indonesia. Proceedings - 2014 6th International Conference on Information Technology and Electrical Engineering: Leveraging Research and Technology Through University-Industry Collaboration, ICITEE 2014. https://doi.org/10.1109/ICITEED.2014.7007900.

RY, Novie Noordiana. "faktor-faktor yang memiliki kontribusi pada keberlangsungan dan kesuksesan umkm yang dikelola oleh kalangan usia muda." jurnal relasi stie mandala jember 13.1 (2017).

Tsalgatidou, A., & Pitoura, E. (2001). Business models and transactions in mobile electronic commerce : requirements and properties, 37, 221–236.

Oliveira, T., Alhinho, M., Rita, P., & Dhillon, G. (2017). Modelling and Testing Consumer Trust Dimensions in E-commerce. Computers in Human Behavior. https://doi.org/10.1016/j.chb.2017.01.050

Werneck, V. M. B., Oliveira, A. de P. A., & do Prado Leite, J. C. S. (2009). Comparing GORE Frameworks: i-star and KAOS. Wer, (January), 1–12. Retrieved from http://wer-papers.googlecode.com/svn history/r71/trunk/dataset/wer09/WER09_4.pdf

Horkoff, J., Ba, F., Cardoso, E., Li, T., Maté, A., Paja, E., Giorgini, P. (2016). Goal-Oriented Requirements Engineering : A Systematic Literature Map. https://doi.org/10.1109/RE.2016.41

Eridaputra, H., Hendradjaya, B., Sunindyo, W. D., & Gore, A. G. R. E. (2014). Modeling The Requirements for Big Data Application Using Goal Orieted Approach.

van Lamsweerde, A. (2001). Goal-oriented requirements engineering: a guided tour. Proceedings Fifth IEEE International Symposium on Requirements Engineering, 249–262. https://doi.org/10.1109/ISRE.2001.948567

M. Teruel, E. Navarro, and V. López-Jaquero, “Comparing Goal-Oriented Approaches to Model Requirements for CSCW,” Evaluation of Novel Approaches to Software Engineering, pp. 169– 184, 2012

Pachidi, Styliani. (2009). Goal-Oriented Requirement Engineering with KAOS. Utrecht University

Hsia, T., Wu, J., & Li, E. Y. (2008). Information & Management The e-commerce value matrix and use case model : A goal-driven methodology for eliciting B2C application requirements, 45, 321–330. https://doi.org/10.1016/j.im.2008.04.001

Triandini, E., Djunaidy, A., & Siahaan, D. (2015). Determining e-commerce adoption level by SMEs in Indonesia based on customer-oriented benefits. 2014 1st International Conference on Information Technology, Computer, and Electrical Engineering: Green Technology and Its Applications for a Better Future, ICITACEE 2014 - Proceedings, 281–285. https://doi.org/10.1109/ICITACEE.2014.7065757

Tangkary, S. (2016). Siap Menjadi Raja Digital Asean


Article Metrics

Sari view : 226 times
PDF - 24 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN : 2655-139X (ONLINE)

ISSN : 0216-4221 (PRINT)

Jurusan Informatika, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

e-mail: informatik@upnvj.ac.id