Perbandingan Pendidikan Politik Partai Golkar dalam Meningkatkan Perolehan Suara pada Pemilu 2019 dan 2024

Penulis

  • Salma Zulfa Nur Habibah Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta
  • Rachel Hisanaah Tsabitah Aldjabri
  • Nia Rafa Ayu
  • Galang Putra Susilo
  • Hafiz Zaki Hanifan

DOI:

https://doi.org/10.33822/jpds.v6i1.11988

Kata Kunci:

PARTAI GOLKAR, PENDIDIKAN POLITIK, PEROLEHAN SUARA, PEMILU, GOLKAR PARTY, POLITICAL EDUCATION, VOTE ACQUISITION, ELECTION

Abstrak

This study compares the role of political education conducted by the Golkar Party in increasing vote acquisition during the 2019 and 2024 general elections. It employs a descriptive qualitative method, using primary data from interviews with internal Golkar Party sources and secondary data from literature reviews. The findings show that in the 2019 election, Golkar’s political education remained conventional, elitist, and limited in scope. In contrast, the 2024 election saw the adoption of more modern and participatory strategies, including the use of social media, the establishment of the Golkar Institute, and collaboration with the General Elections Commission (KPU) through the "Rumah Pintar Pemilu" program. Although there was an increase in vote share from 12.31% to 15.29%, the study concludes that political education was not the sole determining factor in this improvement, and its effectiveness as the main driver remains limited. These findings highlight the importance of political education in strengthening democracy, but emphasize that it must be supported by principles of inclusivity, sustainability, and continuous evaluation to foster more meaningful and higher-quality political participation.

Referensi

Alfianda, A. (2023). Peran pendidikan politik dalam meningkatkan semangat demokrasi generasi muda di Kabupaten Belitung Timur. De Cive: Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 2(3), 109–119. https://journal.actual-insight.com/index.php/decive/article/view/1662/1558

Andari, A, D. (2024, Agustus 16.). Pengertian dan fungsi pendidikan politik. UMSU. https://umsu.ac.id/artikel/pengertian-dan-fungsi-pendidikan-politik/

ANDRIAN, R. (2022). FUNGSI PARTAI GOLONGAN KARYA DALAM PENDIDIKAN POLITIK DI KECAMATAN PONTIANAK TIMUR KOTA PONTIANAK (Doctoral dissertation, Universitas Tanjungpura).

Badan Pusat Statistik. (2025). Hasil penghitungan suara sah partai politik peserta pemilu legislatif tahun 1955-2024. https://www.bps.go.id/id/statistics-table/1/MTU3MyMx/hasil-penghitungan-suara-sah-partai-politik-peserta-pemilu-legislatif-tahun-1955-2024.html

Budiardjo, M. (2008). Dasar-dasar ilmu politik (Edisi Revisi). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

CNBC Indonesia. (2024, 22 Maret). 3 senjata Golkar jadi bintang Pemilu 2024, kuasai 14 provinsi. CNBC Indonesia.

Creswell, J. W. (2009). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (3rd ed.). Sage Publications.

Fikri, F. I. (2023). Strategi Partai Golkar dalam memenangkan Pemilu tahun 2019 di Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur (Skripsi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta). https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/79116/1/FARIZ%20IZZUL%20FIKRI.FISIP.pdf

Hasyim, A., & Azkia, S. (2023). Pendidikan politik bagi pemilih pemula dalam Pemilu 2024. Jurnal Politik Indonesia, 2(3), 145–160.

Hermawan, I. C. (2020). Implementasi Pendidikan Politik Pada Partai Politik di Indonesia. Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan, 10(1).

ldrich, J. H. (1995). Why Parties? The Origin and Transformation of Political Parties in America. Chicago: University of Chicago Press

Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia. (2019, 21 Mei). Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI resmi merampungkan proses Rekapitulasi Suara Nasional untuk Pemilu 2019, Selasa, 21/5/2019. https://www.kpu.go.id/berita/baca/7482/Komisi-Pemilihan-Umum--KPU--RI-resmi-merampungkan-proses-Rekapitulasi-Suara-Nasional-untuk-Pemilu-2019--Selasa--21-5-2019-

Ningrum, S. (2024, Oktober 13). Politik Uang, Ancaman Serius untuk Demokrasi di Pemilu. Kompasiana.com. Di akses pada 1 Juni 2024. https://www.kompasiana.com/sofianingrum1838/670b406bed641573926c9e72/politik-uang-ancaman-serius-untuk-demokrasi-di-pemilu

Kurniawan, I. (2024, April 13). Pentingnya pendidikan politik dalam Pilkada 2024. Universitas Muhammadiyah Jakarta. https://umj.ac.id/opini/pentingnya-pendidikan-politik-dalam-pilkada-2024/

Lubis, F., Al Rafni, Suryanef, & Hasrul. (2024). Pelaksanaan Pendidikan Politik bagi Kader Partai oleh DPD Partai Golkar Sumatera Barat. Journal of Education, Cultural and Politics, 4(1), 125–132.

Meifilina, A. (2021). Media Sosial sebagai Strategi Komunikasi Politik Partai Golkar dalam Melakukan Pendidikan Politik. Jurnal Komunikasi Nusantara, 3(2), 101–110.

Miles, B. M., & Huberman, M. A. (1994). An expanded sourcebook: Qualitative data analysis. Sage publications.

Nabila, K. K., Huda, M. M., & Kasiami, S. (2024). Akuntabilitas Bantuan Keuangan Partai Politik (PKB, Partai Golkar, dan PDIP) di Kabupaten Tuban. Journal of Political Issues, 6(1), 46-58.

Partai Golongan Karya. “Sejarah Partai Golkar”. https://www.partaigolkar.com/profil/

Pratama, I. (2024). Pengaruh Pendidikan Politik Dalam Peningkatan Partisipasi Pemilih (Studi Kasus DPW Partai Nasdem Aceh) (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan).

Rahmiyati, M., Reza, M., & Latuda, F. (2023). Pendidikan politik dalam meningkatkan partisipasi politik: Studi tentang peran media sosial. Jurnal Governance and Politics, 3(2), 139–150.

Republik Indonesia. (2011). Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2011 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2008 tentang Partai Politik. Jakarta: Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2011 Nomor 8. https://bphn.go.id/data/documents/11uu002.pdf?utm

Sari, I. N., Lestari, L. P., Kusuma, D. W., Mafulah, S., Brata, D. P. N., Iffah, J. D. N., ... & Sulistiana, D. (2022). Metode penelitian kualitatif. Unisma Press.

Sari, I. P., & Prakoso, A. (2023). Analisis strategi pendidikan politik Partai Golkar dalam Pemilu 2019 dan 2024. Jurnal Politik Indonesia Maju, 2(1), 45–60.

Sartori, G. (1970). Comparing political systems. New York: Macmillan

Surbakti, R. (1999). Memahami ilmu politik. Jakarta: Grasindo.

Suryani, R., & Suryanef, S. (2022). Program pendidikan politik oleh partai politik untuk meningkatkan partisipasi masyarakat menghadapi Pilkada 2020: Studi pada DPD PAN dan DPC Gerindra di Nagari Talang Kabupaten Solok. Journal of Education, Cultural and Politics, 2(1), 46–54. https://jecco.ppj.unp.ac.id/index.php/jecco/article/view/10/15

Tempo.co. (2023, September 13). Strategi Golkar menangkan Pemilu 2024: Caleg cadangan hingga tugas khusus Ridwan Kamil. https://www.tempo.co/politik/strategi-golkar-menangkan-pemilu-2024-caleg-cadangan-hingga-tugas-khusus-ridwan-kamil-180501

Verba, S., Schlozman, K. & Brady, H. (1995). Voice and Equality: Civic Voluntarism in American Politics. Cambridge: Harvard University Press.

Zulfitri, R. (2023). Implementasi pendidikan politik oleh DPD Partai Golkar Provinsi Sumatera Barat. JECCO: Jurnal Civic Education and Communication, 3(2), 59–68. https://jecco.ppj.unp.ac.id/index.php/jecco/article/download/369/94/

Diterbitkan

2025-02-27

Cara Mengutip

Nur Habibah, S. Z., Tsabitah Aldjabri, R. H., Ayu, N. R., Susilo, G. P., & Hanifan, H. Z. (2025). Perbandingan Pendidikan Politik Partai Golkar dalam Meningkatkan Perolehan Suara pada Pemilu 2019 dan 2024. PARAPOLITIKA: Journal of Politics and Democracy Studies, 6(1), 42–60. https://doi.org/10.33822/jpds.v6i1.11988