THE ROLE OF ENTREPRENEURIAL MARKETING ON MARKETING PERFORMANCE THROUGH MARKETING CAPABILITIES OF SMES

Zakiyah Zahara

Sari


Saat ini keterampilan kewirausahaan memiliki peran penting bagi UKM untuk meningkatkan kinerja pemasaran dan digunakan sebagai keunggulan kompetitif untuk meningkatkan persaingan bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis lebih dalam pengaruh pemasaran kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran melalui peran kapabilitas pemasaran UKM. Penelitian deskriptif kuantitatif yang peneliti gunakan untuk mengetahui hubungan antara masingmasing variabel didukung oleh penjelasan deskriptif. Sebanyak 120 pelaku UKM dijadikan sampel dengan teknik penarikan menggunakan rumus Yamane dan Isaac. Setelah data terkumpul, selanjutnya dianalisis menggunakan analisis jalur dengan bantuan software SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa entrepreneurial marketing dan kapabilitas pemasaran berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran, serta kapabilitas pemasaran secara tidak langsung memediasi hubungan yang signifikan antara entrepreneurial marketing terhadap kinerja pemasaran. Hasil dan implikasi terlampir

Kata Kunci


Pemasaran Kewirausahaan, Kapabilitas Pemasaran, Kinerja Pemasaran

Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.35590/jeb.v9i1.4373

Article Metrics

Sari view : 155 times
PDF - 87 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Penerbit: Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta. Jl. RS Fatmawati, Pd. Labu, Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12450. 

Telepon: 081380298926 atau 08989889890 Email: jurnalekonomibisnis@upnvj.ac.id

Creative Commons License

Jurnal ini terlisensi dibawah lisensi: Creative Commons Attribution 4.0 International License.