Peran SDM dan Teknologi Informasi pada Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan Berbasis Akrual

Authors

  • Galan Nur Subhi Program Studi Akuntansi Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Indrawati Yuhertiana Program Studi Akuntansi Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.34209/equ.v24i2.2468

Keywords:

Standar Akuntansi Pemerintahan, Basis Akrual, Sumber Daya Manusia, Teknologi Informasi.

Abstract

Studi ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh kompetensi sumber daya manusia (SDM) dan pemanfaatan Teknologi Informasi (TI) dalam penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan berbasis akrual sebagai bentuk transparansi dan akuntabilitas pada era reformasi di Indonesia guna mewujudkan kepemerintahan yang memiliki Good Governance. Penelitian ini menggunakan metode Tinjauan literatur yang merupakan cara untuk mengidentifikasi, mengevaluasi, dan menafsirkan penelitian yang telah tersedia dan relevan dengan bidang atau topik tertentu. Berkembangnya tuntutan terhadap akuntabilitas dan juga kinerja pemerintah daerah menuntut pemerintah untuk menyajikan laporan keuangan secara akuntabel dan transparan dengan menggunakan basis akuntansi akrual. Penerapan basis akrual dapat diterapkan secara optimal dengan didukung oleh Sumber Daya Manusia dengan kompetensi memadai agar penyajian laporan keuangan yang dihasilkan akurat dan tepat waktu. Pemanfaatan teknologi informasi pun sangat menunjang terlaksananya basis akuntansi akrual yang optimal untuk menangani peningkatan jumlah transaksi yang besar. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa SDM sangat berperan penting dengan didukung oleh pemanfaatan TI dalam keberhasilan penerapan SAP berbasis Akrual.

Author Biographies

Galan Nur Subhi, Program Studi Akuntansi Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Program Studi S1 Akuntansi UPN "Veteran" Jawa Timur

Indrawati Yuhertiana, Program Studi Akuntansi Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Program Studi Akuntansi Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

References

Alfian, M. (2015). Faktor Pendukung Implementasi Simda Dan Pengaruhnya Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pada Skpd Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 18(3), 119–131.

Andhayani, A. (2017). Dilema Akrualisasi Akuntansi Dalam Pengelolaan Keuangan Daerah. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 8(2), 291–307.

Andiola, L. M., Bedard, J. C., & Hux, C. T. (2017). Writing a Literature Review In Behavioural Accounting Research. The Routledge Companion to Behavioural Accounting Research, 473–485. https://doi.org/https://doi.org/10.4324/9781315710129-30

Armaini, R. (2017). Pengaruh Sumber Daya Manusia Dan Teknologi Informasi Terhadap Keberhasilan Penerapan Akuntansi Berbasis Akrual Pada Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan. Jurnal ACSY: Jurnal Accounting Politeknik Sekayu, 6(2), 71–86.

Armel, R. Y. G., Nasir, A., & Safitri, D. (2017). Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia, Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan, Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Sistem Pengendalian Internal Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (Studi Pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Kota Dumai). JOM Fekon, 4(1), 105–119.

Asfiansyah, A. (2015). Strategi Implementasi Akuntansi Akrual Pada Pemerintah Daerah (Studi Kasus Pada Pemerintah Kota “S”). Neo-Bis, 9(1), 1–19.

Ayem, S., & Saputri, N. F. (2018). Komunikasi Organisasi Vertikal Sebagai Pemoderasi Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia, Budaya Organisasi Dan Teknologi Informasi Pada Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan Berbasis Akrual (Studi Kasus Pada Badan Keuangan Dan Aset Daerah Kabupaten Kul. Jurnal Akuntansi, 6(2), 165–179.

Azman, T. (2015). Analisis Komitmen Organisasi, Kesiapan Sumberdaya Manusia, Infrastruktur Serta Sistem Informasi Dalam Menerapkan Standar Akuntansi Pemerintah Berbasis Akrual. Sorot, 10(1), 131–142.

Badan Pemeriksa Keuangan. (2015). Pendapat BPK Kesiapan Pemerintah Dalam Pelaporan Keuangan Berbasis Akrual Tahun 2015. BPK-RI. Jakarta. Nur Mayani, A. Faroby Falatehan Strategi Peningkatan Kesiapan Sumber Daya Manusia.

Binawati, E., & Susliyanti, E. D. (2020). Pengaruh Kualitas Teknologi Informasi Dan Kompetensi Sumber Daya Manusia Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Yang Dimoderasi Dengan Penerapan Standar Akuntansi Pemerintah (Sap) Berbasis Akrual Dan Sistem Akuntansi Keuangan Pemerintah. Jurnal Optimal, 17(2), 20–37.

Budiono, A. (2016). Penerapan Standar Akuntansi Persediaan Berbasis Akrual Pada Pemerintah Kota Tangerang Tahun 2015. Tesis, Jakarta, STIA LAN.

Dewi, L. D. S., Purnamawati, I. G. A., & Herawati, N. T. (2017). Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia, Komitmen Organisasi, dan Sistem Pengendalian Intern terhadap Keberhasilan Penerapan SAP Berbasis Akrual (Studi Empiris pada SKPD Kabupaten Bangli). JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, 7(1).

Dewi, L. K. U., Yuniarta, G. A., Ak, S. E., & Prayudi, M. A. (2018). Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia, Komitmen Organisasi, Dan Pemanfaatan Sistem Informasi Akuntansi Keuangan Daerah Terhadap Keberhasilan Penerapan Sap Berbasis Akrual (Studi Empiris Pada Skpd Kabupaten Badung). JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, 8(2).

Erawati, T., & Kurniawan, D. (2018). Penerapan Sistem Akuntansi Berbasis Akrual: Kajian Dari Aspek Keperilakuan. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 21(2), 313–332.

Fitrizal, R. (2017). Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia, Sistem Informasi, dan Komitmen Organisasi terhadap Implementasi Sistem Akuntansi Pemerintah Berbasis Akrual (Studi Empiris pada SKPD Kabupaten Pesisir Selatan). Jurnal Akuntansi, 5(1).

Hastutik, P., & Riduwan, A. (2018). Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia Dan Akuntansi Akrual Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Daerah. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 7(7).

Indrawati, L. (2018). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Penerapan Akuntansi Berbasis Akrual pada Satuan Kerja Politeknik Negeri Bandung. Ekspansi: Jurnal Ekonomi, Keuangan, Perbankan Dan Akuntansi, 10(1), 1–11.

Iznillah, M. L., Silfi, A., & Azlina, N. (2015). Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia, Komitmen Organisasi, Teknologi Informasi, dan Komunikasi terhadap Kesiapan Pemerintah dalam Menerapkan Standar Akuntansi Pemerintah Berbasis Akrual (Studi Empiris pada Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir). Jom FEKON, 2(2).

Jantong, A., Nurkholis, N., & Roekhudin, R. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesiapan Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan Berbasis Akrual Pada Pemerintahan Daerah. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 5(2).

Karyogis, K. N., & Putra, I. P. D. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan Berbasis Akrual Di Kabupaten Bangli. E-Jurnal Akuntansi, 20(1), 555–584.

Kristiawati, E. (2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Penerapan Akuntansi Berbasis Akrual Pada Pemerintahan Daerah Kalimantan Barat. Akuntabilitas, 8(3), 171–190.

Langelo, F., Saerang, D. P. E., & Alexander, S. W. (2015). Analisis Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan Berbasis Akrual Dalam Penyajian Laporan Keuangan Pada Pemerintah Kota Bitung. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(1).

Ludfi, R., & Ahyani, H. (2017). Analisis Kualitas Sumber Daya Manusia Dan Sistem Teknologi Informasi Terhadap Keberhasilan Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP) Berbasis Akrual. Jurnal Spread, 7.

Manossoh, H. (2015). Implementasi Sistem Akuntansi Pemerintahan Dalam Mewujudkan Good Government Governance Pada Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 15(5).

Massaro, M., Dumay, J., & Guthrie, J. (2016). On the shoulders of giants: undertaking a structured literature review in accounting. Accounting, Auditing & Accountability Journal, 29(5), 767–801. https://doi.org/https://doi.org/10.1108/AAAJ-01-2015-1939

Mayani, N., Falatehan, A. F., & Wahyuni, E. S. (2018). Strategi Peningkatan Kesiapan Sumber Daya Manusia dalam Implementasi Akuntansi Berbasis Akrual di Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar. Jurnal Manajemen Pembangunan Daerah, 10(1), 67–81.

Najati, I., & Pituringsih, E. (2016). Implementasi Akuntansi Berbasis Akrual: Pengujian Determinan dan Implikasinya terhadap kualitas laporan keuangan kementerian/lembaga. Lembaga Jurnal Akuntansi Universitas Jember, 14(1).

Niagawan, K. A. R., Yuliantari, N. P. Y., & Pratiwi, N. P. T. W. (2020). Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia, Sistem Informasi, Dan Kualitas Teknologi Informasi Terhadap Penerapan Standar Akuntansi Pemerintah Berbasis Akrual. Hita Akuntansi Dan Keuangan, 1(2), 130–159.

Oktaria, M. (2019). Pengaruh Kompetensi Aparatur, Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komitmen Organisasi Terhadap Penerapan Akuntansi Berbasis Akrual (Studi Pada Pemda Kabupaten/Kota Dan Provinsi Yang Ada Di Wilayah Provinsi Kalimantan Tengah). Riset Akuntansi Dan Perbankan, 13(2), 181–199.

Pattiasina, V., & Noch, M. Y. (2019). Implementasi Akuntansi Berbasis Akrual Ditinjau Dari Sisi Sumber Daya Manusia, Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Sistim Pengendalian Intern. AccJu-Accounting Journal, 1(01), 18–28.

Permana, I. B. G. B., & Wiratmaja, I. D. N. (2016). Pengaruh Sumber Daya Manusia, Komitmen Organisasi, Sistem Informasi Pada Kesiapan Penerapan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Berbasis Akrual. E-Jurnal Akuntansi, 16(3), 2260–2287.

Putra, I. W. G. Y. D., & Ariyanto, D. (2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan Berbasis Akrual. E-Jurnal Akuntansi, 13(1), 14–32.

Ramadhani, M., Soerono, A. N., & Mulyasari, W. (2019). Pengaruh Sumber Daya Manusia, Sistem Pengendalian Intern, Teknologi Informasi, dan Pemahaman Basis Akrual Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (Studi Pada Organisasi Perangkat Daerah Provinsi Banten). Jurnal Riset Akuntansi Terpadu, 12(1).

Ranuba, E. D. S., Pangemanan, S., & Pinatik, S. (2015). Analisis Kesiapan Penerapan Standar Akuntansi Pemerintah Berbasis Akrual Berdasarkan PP No. 71 Tahun 2010 Pada DPKPA Minahasa Selatan. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(1).

Peraturan Pemerintah Nomor 101 Tahun 2000, Pendidikan dan Pelatihan Jabatan Pegawai Negeri Sipil.

Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010, Standar Akuntansi Pemerintahan Berbasis Akrual.

Santis, S., Grossi, G., & Bisogno, M. (2018). Public Sector Consolidated Financial Statements: A Structured Literature Review. Journal of Public Budgeting, Accounting & Financial Management, 30(2), 230–251. https://doi.org/10.1108/JPBAFM-02-2018-0017

Saprudin, S. (2017). Kesiapan Pemerintah Daerah dalam Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan Berbasis Akrual (Studi Kasus Pada Badan Keuangan Provinsi Gorontalo). Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(2), 59–69.

Sari, F. H., Suprasto, B., & Dwirandra, A. (2016). Motivasi Sebagai Pemoderasi Pengaruh Kompetensi Dan Teknologi Informasi Pada Penerapan Akuntansi Berbasis Akrual. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana.

Satrio, M. D., Yuhertiana, I., & Hamzah, A. (2016). Implementasi Standar Akuntansi Pemerintah Berbasis Akrual di Kabupaten Jombang. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 18(1), 59–70. https://doi.org/10.9744/jak.18.1.59-70

Sinaga, J. (2005). Selamat Datang Standar Akuntansi Pemerintahan. Jurnal Akuntansi Pemerintah, 1(2), 1–8.

Supra, D. (2016). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pelatihan, dan Kualitas Teknologi Informasi terhadap Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan Berbasis Akrual pada Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin. Jurnal ACSY: Jurnal Accounting Politeknik Sekayu, 5(2), 9–23.

Syarienda, Y., Basri, H., & Fahlevi, H. (2019). Problematika Penerapan Akuntansi Berbasis Akrual Pada Pemerintah Daerah Aceh Tengah. Jurnal Perspektif Ekonomi Darussalam, 4(1), 56–68. https://doi.org/10.24815/jped.v4i1.10923

Ternalemta, T., Kalangi, L., & Tinangon, J. J. (2021). Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia, Penerapan Akuntansi Berbasis Akrual, Sistem Pengendalian Internal Pemerintah Dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Kualitas Laporan Keuangan. Jurnal Riset Akuntansi Dan Auditing “ GOODWILL,” 12(1), 38–50.

Usman, R., Misra, F., & Firdaus. (2019). Pengaruh Kekayaan Daerah dan Belanja Modal Terhadap Kinerja Penyelanggaraan Pemerintah: Pengujian Legislative Power Sebagai Variabel Pemoderasi. E-Journal Akuntansi, 29(2), 561–576.

Wardani, D. K., & Andriyani, I. (2017). Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia, Pemanfaatan Teknologi Informasi, Dan Sistem Pengendalian Intern Terhadap Keandalan Pelaporan Keuangan Pemerintahan Desa Di Kabupaten Klaten. Jurnal Akuntansi, 5(2), 88–98.

Widianti, H., Hadiyati, S. N., & Sulistyowati, D. (2016). Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Implementasi Akuntansi Akrual Pada Sektor Pemerintah. Prosiding Seminar Nasional IPTEK Terapan (SENIT) 2016 Pengembangan Sumber Daya Lokal Berbasis IPTEK, 1(1).

Widyastuti, N. M. A., Sujana, E., & Adiputra, I. M. P. (2015). Analisis Kesiapan Pemerintah Daerah Dalam Menerapkan Standar Akuntansi Pemerintahan Berbasis Akrual Di Kabupaten Gianyar. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, 3(1).

Wijayanti, R., & Handayani, N. (2017). Pengaruh Kompetensi SDM Dan Implementasi Akuntansi Akrual Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Daerah. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi (JIRA), 6(3).

Yanni, Y., Randa, F., & Bangun, Y. K. (2020). Pemaknaan Penerapan Akuntansi Basis Akrual (Studi Pada Pemerintahan Kabupaten Toraja Utara). AJAR, 3(01), 48–67.

Yuhertiana, I. (2015). Behavioural public sector accounting research in Indonesia: a literature review. Malaysian Accounting Review, 14(1), 50–64.

Yusrisal, H. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Implementasi Akuntansi Akrual Pada Unit Satuan Kerja Kantor Camat Pangean Kabupaten Kuantan Singingi. JUHANPERAK, 1(2), 645–663.

Zhu, M., Sari, A., & Lee, M. M. (2018). A Systematic Review Of Research Methods And Topics Of The Empirical Mooc Literature (2014–2016). The Internet and Higher Education, 37, 31–39. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2018.01.002

Published

2021-12-27

Issue

Section

Articles