THE ROLE OF ENTREPRENEURIAL MARKETING ON MARKETING PERFORMANCE THROUGH MARKETING CAPABILITIES OF SMES

Penulis

  • Zakiyah Zahara Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.35590/jeb.v9i1.4373

Kata Kunci:

Pemasaran Kewirausahaan, Kapabilitas Pemasaran, Kinerja Pemasaran

Abstrak

Saat ini keterampilan kewirausahaan memiliki peran penting bagi UKM untuk meningkatkan kinerja pemasaran dan digunakan sebagai keunggulan kompetitif untuk meningkatkan persaingan bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis lebih dalam pengaruh pemasaran kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran melalui peran kapabilitas pemasaran UKM. Penelitian deskriptif kuantitatif yang peneliti gunakan untuk mengetahui hubungan antara masingmasing variabel didukung oleh penjelasan deskriptif. Sebanyak 120 pelaku UKM dijadikan sampel dengan teknik penarikan menggunakan rumus Yamane dan Isaac. Setelah data terkumpul, selanjutnya dianalisis menggunakan analisis jalur dengan bantuan software SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa entrepreneurial marketing dan kapabilitas pemasaran berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran, serta kapabilitas pemasaran secara tidak langsung memediasi hubungan yang signifikan antara entrepreneurial marketing terhadap kinerja pemasaran. Hasil dan implikasi terlampir

Biografi Penulis

Zakiyah Zahara, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tadulako

Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) Universitas Tadulako

Unduhan

Diterbitkan

2022-08-02

Cara Mengutip

Zahara, Z. (2022). THE ROLE OF ENTREPRENEURIAL MARKETING ON MARKETING PERFORMANCE THROUGH MARKETING CAPABILITIES OF SMES. Ekonomi Dan Bisnis, 9(1), 45–55. https://doi.org/10.35590/jeb.v9i1.4373