KOMUNIKASI BANK SYARIAH INDONESIA DALAM MENDORONG KARYAWAN UNTUK MENGIKUTI PROGRAM VAKSINASI
DOI:
https://doi.org/10.33822/jep.v5i1.3845Keywords:
vaksinasi, BSI, theory of planned behavior, komunikasi.Abstract
Abstrak. Penyebaran virus Covid-19 telah membuat pembatasan kegiatan yang terjadi di berbagai negara, termasuk Indonesia. Namun secara perhalan, virus mulai mereda seiring dengan kebijakan vaksinasi yang sudah diberlakukan. Vaksinasi telah menjadi syarat bagi perusahaan untuk beroperasi. Bank Syariah Indonesia (BSI) merupakan perusahaan perbankan yang menerapkan vaksinasi bagi karyawannya. Maka penelitian ini adalah kajian untuk membahas tentang upaya komunikasi yang dilakukan untuk mendorong karyawan BSI melakukan vaksinasi. Penelitian ini menggunakan metode mixed-method dengan desain sequential exploratory yaitu penelitian kualitatif terlebih dahulu dan diikuti dengan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data kualitatif dilakukan dengan wawancara mendalam berformat open-ended question. Sementara pengumpulan data kuantitatif dilakukan dengan pengisian kuisioner yang dirancang dengan theory of planned behavior untuk mengukur minat karyawan dalam mengikuti vaksinasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa BSI melakukan berbagai upaya komunikasi seperti melalui email, grup WhatsApp, hingga melakukan pendataan bagi karyawan yang sudah dan belum divaksin. BSI juga memantau aktivitas karyawan dengan pendataan aktivitas karyawan secara konsisten untuk mencegah penularan covid-19. Keberhasilan komunikasi BSI juga tidak lepas dari faktor-faktor eksternal seperti harus divaksinasi untuk pergi ke tempat umum, himbauan pemerintah dan saran para ulama untuk divaksinasi, serta aturan dari perusahaan BSI sendiri. Hal ini juga dibenarkan dalam analisis kuantitatif di mana faktor subjective norms merupakan faktor yang paling berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat melakukan vaksinasi. Faktor attitude dan perceived behavioral control juga berpengaruh positif dan signifikan, meskipun tidak sebesar faktor subjective norms. Maka, di samping kesadaran karyawan akan manfaat vaksinasi, keberhasilan komunikasi BSI untuk menumbuhkan minat vaksinasi tidak lepas dari tekanan sosial yang mengharuskan karyawan bersedia untuk divaksin.
References
Ajzen, I. (2005). Attitudes, Personality, and Behavior. Mc Graw-Hill.
Ajzen, I. (2020). The Theory of Planned Behavior: Frequently Asked Questions. Human Behavior and Emerging Technologies, 2(4), 314–324. https://doi.org/10.1002/hbe2.195
Alfian, R., & Putra, P. M. A. (2017). Uji Validitas Dan Reliabilitas Kuesioner Medication Adherence Report Scale (Mars) Terhadap Pasien Diabetes Mellitus. Jurnal Ilmiah Ibnu Sina, 2(2), 176–183.
Aziz, K., Nandang, & Ismunandar, D. (2020). Desain Penelitian Kualitatif: Penyebab Permasalahan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Sains, 8–15.
Budi, R. (2017). Pengantar Pengantar Ilmu Komunikasi (Vol. 2, Issue 2). Kretakupa Print.
Budiman, & Riyanto, A. (2013). Kapita Selekta Kuesioner Pengetahuan dan Sikap Dalam Penelitian Kesehatan. Salemba Medika Press.
Cangara, H. (2009). Pengantar Ilmu Komunikasi. PT Raja Grafindo Persada.
Christina, E. (2020). Pandemi Covid-19 adalah 666? Endah Christina. LOGIA: Jurnal Teologi Pentasoka, 1(2), 1–23.
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approahces. Sage Publications.
Dardiri, A. (2007). Implikasi Pandangan Filsafat Pragmatisme Richard Rorty Tentang Epistemologi Dalam Bidang Pendidikan. Cakrawala Pendidikan, 2(2), 213–234. https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.8559
Dewi, S. A. E. (2021). Komunikasi Publik Terkait Vaksinasi Covid 19. Health Care: Jurnal Kesehatan, 10(1), 162–167. https://doi.org/10.36763/healthcare.v10i1.119
Feriyanto, A., & Triana, E. S. (2020). Komunikasi Bisnis: Strategi Komunikasi dalam Mengelola Bisnis. Pustaka Baru Press.
Gunawan, I. (2017). Metode Penelitian Kualitatif: Teori & Praktik. Bumi Aksara.
Kurniawan, C. N., Wahyu, E. E., & Nurbaya, S. (2021). Sertifikat Vaksinasi dan Dampaknya terhadap Pemulihan Pariwisata Melalui Pendekatan Protection Motivation Theory: Sebuah Review Integratif. SENABISMA: Seminar Nasional Administrasi Bisnis Dan Manajemen, 6(9), 39–49.
Kuswarno, E. (2001). Efektivitas komunikasi organisasi. Mediator: Jurnal Komunikasi, 2(1), 55–61. https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/mediator/article/view/699
Littlejohn, S. W., & Foss, K. A. (2009). Encyclopedia of Communication Theory. Sage Publications, Inc.
Lukman, H., & Winata, S. (2017). Pemilihan Karir Sebagai Akuntan Publik Bagi Mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta Dengan Pendekatan Theory of Planned Behaviour. Jurnal Akuntansi, 21(2), 208–218. https://doi.org/10.24912/ja.v21i2.195
Makarim, & Auliya, Z. F. (2020). Gen Z Smartphone User: The Effect Of Mobile Marketing On Actual Behaviors. Journal of Business Management Review, 1(5), 354–372. https://doi.org/10.47153/jbmr15.692020
Mardiana, S. (2013). Peranan Komunikasi Pemasaran Dalam Membentuk Perilaku Konsumen. Jurnal Komunikasi, 2(2), 40–46. https://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/LONTAR/article/view/347/391
Nugroho, A., Najib, M., & Simanjuntak, M. (2018). Factors Affecting Consumer Interest In Electronic Money Usage With Theory Of Planned Behavior (TPB). Journal of Consumer Sciences, 3(1), 15–27. https://doi.org/10.29244/jcs.3.1.15-27
Pratiwi, T. S., Insani, P., Fitrianti, L., Sari, C. nur indah, Siburian, N., & Wardi, J. (2021). Pengaruh Media Terhadap Opini Milenial Tentang Vaksinasi. Seminar Nasional Karya Ilmiah Multidisiplin, 1(1), 60–64.
Purwanto, N., & Rofiah, C. (2020). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Minat Berkunjung Dengan Mediasi Theory Of Planned Behavior Pada Obyek Wisata Halal Di Kabupaten Jombang. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 5(2), 176–191. https://doi.org/10.29407/nusamba.v5i2.14835
Ramadhan, A. H., Suharyono, & Kumadji, S. (2015). Pengaruh City Branding Terhadap Minat Berkunjung Serta Dampaknya Pada Keputusan Berkunjung. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 28(1), 1–7.
Rezkisari, I., Sidebang, F., & A, H. M. (2021, July 29). DKI Kebut Herd Immunity dengan Aturan Wajib Vaksin | Republika Online. https://www.republika.co.id/berita/qx08jh328/dki-kebut-herd-immunity-dengan-aturan-wajib-vaksin
Riris, K., Dewi, P., Nyoman, I., & Sunarta. (2021). Evaluation of Policy for Implementing Restriction of Java-Bali Emergency Community Activities (PPKM) in Managing Covid-19 in the City of Denpasar. Restorica: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara Dan Ilmu Komunikas, 7(2), 11–20.
Salisa, N. R. (2021). Faktor yang Mempengaruhi Minat Investasi di Pasar Modal: Pendekatan Theory of Planned Behaviour (TPB). Jurnal Akuntansi Indonesia, 9(2), 182–194. https://doi.org/10.30659/jai.9.2.182-194
Siregar, S. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Prenadamedia Group.
Sudaryono. (2019). Metodologi Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method. PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Manajemen. Penerbit Alfabeta Bandung.
Trisliatanto, D. A. (2020). Metodologi Penelitian Panduan Lengkap Penelitian dengan Mudah. Penerbit ANDI.
Ulya, F. N., & Jatmiko, B. P. (2021, August 12). Syarat Masuk Mal hingga 16 Agustus: Tunjukkan Kartu Vaksin atau Hasil Tes Antigen Halaman all - Kompas.com. https://money.kompas.com/read/2021/08/12/083000626/syarat-masuk-mal-hingga-16-agustus-tunjukkan-kartu-vaksin-atau-hasil-tes?page=all
Wicaksono, M. A. (2017). Media Social Instagram @Wisatadakwahokura Influence on Followers Intention To Visit. Jom Fisip, 4(2), 1–13.
Yanuar, F., & Ekayanthi, D. (2020). Kajian Sosiologi Komunikasi Kaum Bawah Terkait Pandemi Covid-19 Perspektif Hermeneutika Sosial Oleh Art Tangerang. Global Komunika, 4(2), 4–12.
Yusmami. (2019). Komunikasi Dalam Teori Pengurangan Ketidakpastian. Jurnal Network Media, 2(1), 18–31.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka yang tertunda
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju pada persyaratan berikut ini:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama, dengan pekerjaan [TENTUKAN PERIODE WAKTU] setelah penerbitan secara simultan dengan lisensi di bawah: Creative Commons Attribution License yang memudahkan yang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non-ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).