Analisis Strategi Pull Political Marketing Partai Politik Menjelang Pemilihan Umum 2024 (Studi Kasus Akun @Gerindra Pada Media Sosial X)
DOI:
https://doi.org/10.33822/jpds.v5i2.9133Keywords:
pull political marketing, Partai Gerindra, Media Sosial X, Citra Positif, Analisis Sentimen, Prabowo SubiantoAbstract
Partai Gerindra terbilang stabil dalam soal elektabilitas dan perolehan suara. Citra positif tentunya memainkan peran dalam hal tersebut. Membentuk dan mempertahankan citra positif dapat dilakukan dengan menggunakan komunikasi politik. Salah satu bagian dari komunikasi politik adalah pemasaran politik. Penelitian ini meneliti strategi pull political marketing akun @Gerindra di media sosial X menjelang Pemilu 2024 dalam periode waktu 01 Januari 2023 hingga 10 Februari 2024. Pada Pemilu 2024, Partai Gerindra merupakan salah satu Partai Politik yang ikut serta sekaligus partai yang mengusung Ketua Umumnya yaitu Prabowo Subianto sebagai Calon Presiden. Hasil penelitian menemukan bahwa akun @Gerindra menggunakan strategi akomodasi komunikasi, pemasaran media sosial, model interaksi dalam komunikasi, perbaikan imej politik, personal branding, dan celebrity endorsement. Awalnya, citra positif akun @Gerindra bersifat fluktuasi (naik-turun-naik-turun) namun sejak Oktober 2023, sentimen positif mengalami penurunan yang drastis dan tidak melihat adanya kenaikan yang signifikan hingga periode penelitian selesai.
References
Benoit W.L. State University; Albany: 1995. Accounts excuses apologies: a theory of image restoration discourse.
Firmanzah. 2012. Marketing Politik. Jakarta : Pustaka Obor Indonesia
Giles, H. & Ogay, T. (2007). Communication Accommodation Theory in B.B. Whaley & W. Samster (Eds.), Explaining Communication: Contemporary Theories and Exemplars, hlm. 293-310.
Kozinets. 2010. Netnography: Doing Ethnographic Research Online. London: SAGE Publications Ltd.
Kozinets. 2015. Netnography: Redefined. London: SAGE Publications Ltd.
Kozinets, Gambetti, Dkk. 2021. Netnography Unlimited: Understanding Technoculture Using Qualitative Social Media Research. New York: Routledge.
Lair, D. J., Sullivan, K., & Cheney, G. (2005). Marketization and the Recasting of the Professional Self: The Rhetoric and Ethics of Personal Branding. Management Communication Quarterly, 18(3), 307-343. https://doi.org/10.1177/0893318904270744
Niffenegger, P. (1989). "Strategies For Success From The Political Marketers". The Journal Of Marketing.
Nursal, Adman. 2004. Political Marketing: Strategi Memenangkan Pemilu, Sebuah Pendekatan Baru Kampanye Pemilihan DPD, DPRD. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Schramm, W., The Beginnings of Communication Study in America (Thousand Oaks, CA: Sage, 1997).
Sufian, A., dkk. (2021). The Effectiveness of Celebrity Endorsement in Online Advertisement towards Consumer Purchase Intention. GEINTEC. Vol. 11 No. 3.
Tuten, Tracy, and Alma Mintu-Wimsatt. “ADVANCING OUR UNDERSTANDING OF THE THEORY AND PRACTICE OF SOCIAL MEDIA MARKETING: INTRODUCTION TO THE SPECIAL ISSUE.” Journal of Marketing Theory and Practice 26, no. 1–2 (2018): 1–3. doi:10.1080/10696679.2018.1393277.
