Peningkatan Kualitas Pelayanan Jasa Pelabuhan Dinas Perhubungan Di Kepulauan Seribu

Authors

  • Zakaria Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta
  • Firman Firman

DOI:

https://doi.org/10.33822/jpds.v5i1.7703

Keywords:

Kualitas Pelayanan; Pelayanan Jasa;, Perhubungan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan jasa Dinas Perhubungan di Kepulauan Seribu Pelabuhan Pulau Sabira. Pelayanan Unit Penyelenggara Pelabuhan Daerah (UPPD) Dinas Perhubungan di Pulau Sabira bisa dikatakan masih jauh dari kata efektif serta efesien. Sarana dan prasarana di pelabuhan saat ini masih menjadi masalah utama, yaitu belum tersedianya pelayanan secara optimal terhadap pengguna jasa kepelabuhanan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan datanya melalui pemaparan atau penggambaran dengan kata-kata secara jelas dan terperinci yaitu wawancara, dokumentasi dan observasi. Program ini berfokus pada kualitas pelayanan kepelabuhanan sebagai upaya pemenuhan keperluan dan keinginan pelanggan atau masyarakat yang diberikan oleh Pemerintah dengan ketepatan dalam penyampaiannya untuk mengimbangi harapan pelanggan atau masyarakat, sehingga tercipta pelayanan publik yang berkualitas. Secara lebih luas, pelabuhan merupakan titik simpul pusat hubungan dari suatu daerah pendukung dan penghubung dengan daerah lain untuk melakukan aktivitas perdagangan. Serta pelabuhan sebagai prasarana transportasi yang mendukung kelancaran system transportasi laut memiliki fungsi yang erat kaitannya dengan faktor-faktor sosial dan ekonomi. Kepulauan seribu merupakan salah satu wilayah yang termasuk dalam administrasi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Sebagian besar wilayahnya merupakan perairan luas. Transportasi utama bagi warga pulau seribu untuk menyeberang ke darat kota Jakarta. Hampir 90% kegiatan warga di pulau seribu di lakukan lewat laut. Pada tahun 2014 Pemprov DKI Jakarta dan Kepala Dinas Perhubungan membantu dan melayani masyarakat pulau seribu dengan menyediakan kapal sebagai alat transportasi untuk melakukan penyeberangan ke darat kota Jakarta. Dalam upaya peningkatan pelayanan di Kepulauan Seribu Dinas Perhubungan melayani semua pulau yang berpenduduk termasuk Pulau Sabira.

References

Anonim (2009), Rencana Strateagis Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu 2009, Pemerintah Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu.

Abubakar,K. Nasution & Nurhadiyanto. (2019). A|nalisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan di Pelabuhan Tanjung Priok Jaka|rta Utara. Jurnal Teknik Industri , 21(1), 41-50

Andaru, T. Y., Tarli, T., Silaban, H., Septantyo, D., & Hermawan, A. (2016). PENINGKATAN KESELAMATAN PELAYARAN MELALUI PENATAAN INFRA STRUKTUR DI PELABUHAN KALI ADEM MUARA ANGKE JAKARTA UTARA. Jurnal Penelitian Sekolah Tinggi Transportasi Darat, 7(1), 18-30.

Andriani, S. (2011) Optimalisasi Waktu Sandar Penyeberangan Merak – Bakahaueni. Jurna|l Peningkatan Kinerja| Pela|ya|na|n Kepelabuhan, 5 (1), 16-22.

Agus Setiono, B. (2019). Pengaruh Budaya K3 dan Iklim K3 Terhadap Kinerja Karyawan PT. Pelindo III (Persero) Provinsi Jawa Timur.

Firman, F., & Rahmawati, R. (2023). Tata Kelola Smart City Dalam Perspektif Collaboratif Governance. The Indonesian Journal of Public Administration (IJPA), 9(1).

Firman, F. (2019). Evaluasi Kebijakan Sistem E-Kinerja terhadap Aparatur Sipil Negara pada Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Kota Administasi Jakarta Utara. JOURNAL OF GOVERNMENT (Kajian Manajemen Pemerintahan dan Otonomi Daerah), 4(2), 132-155.

Hardiyansyah, H. (2018). Kualitas Pelayanan Publik: Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya. Gava Media.

Lasse, D. A. (2014). Keselamatan pelayaran di lingkungan teritorial pelabuhan dan pemanduan kapal. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Mardoko, A., & Widyastuti, H. (2008). Analisa Kepuasan Penumpang Pengguna Jasa Bandar Udara Terhadap Pelayanan di Terminal Domestik Bandara Juanda Surabaya. Jurnal Teknologi dan Rekayasa Sipil “Torsi, 49-59.

Suigiyono. (2012). Meitode Peineilitian Kuiantitatif, Kuialitatif dan R&D. PT. Alfabeit.

Siswoyo, B. (2017). Kebutuha|n Pengembangan Pelabuhan Laut Jailolo Halma|hera Bara|t. Jurnal Penelitian Transportasi Laut, 19 (1), 14-24

Downloads

Published

2024-02-29

How to Cite

Zakaria, & Firman, F. (2024). Peningkatan Kualitas Pelayanan Jasa Pelabuhan Dinas Perhubungan Di Kepulauan Seribu. PARAPOLITIKA: Journal of Politics and Democracy Studies, 5(1), 46–60. https://doi.org/10.33822/jpds.v5i1.7703