Implementasi Program Tenaga Kerja Mandiri (TKM) Dalam Mengurangi Pengangguran Di Wilayah Jakarta Utara

Authors

  • Erina Latri Rahayu
  • Firman Firman Program Studi Ilmu Administrasi Publik, Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.33822/jpds.v4i1.6577

Keywords:

Implementasi Kebijakan; Tenaga Kerja Mandiri; Pengangguran;

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk menganalisis Implementasi Program Tenaga Kerja Mandiri (TKM) Dalam Mengurangi Pengangguran Di Jakarta Utara. Pengangguran merupakan masalah sosial yang serius di Wilayah Jakarta Utara. Untuk mengatasi permasalahan ini, pemerintah telah meluncurkan program tenaga kerja mandiri yang bertujuan untuk memberdayakan masyarakat dengan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk memulai usaha sendiri. Implementasi program ini melibatkan sejumlah langkah strategis yang ditujukan untuk meningkatkan peluang kerja dan mengurangi tingkat pengangguran. Metode penelitian yang di gunakan adalah deskript kualitatif dengan teknik pengumpulan datanya yaitu wawancara, dokumentasi dan observasi. Program Ini berfokus pada penelitian dan keterampilan. Peserta program diberikan pelatihan dalam berbagai bidang seperti bidang kue, tata rias, service ac dan menjait. Dengan keterampilan yang ditingkatkan, akan membantu peserta akan membantu mereka dalam mencari peluang kera yang lebih baik. Program ini juga menciptakan jembatan antara usaha mandiri dengan perusahaan yang membutuhkan layanan atau produk tertentu. Dengan kolaborasi semacam ini, para peserta program memiliki kesempatan untuk memperluas jangkauan pasar mereka. Program ini dapat menyediakan bantuan keuangan berupa pinjaman dengan suku bunga rendah atau hibah modal usaha bagi peserta yang telah menyelesaikan pelatihan dan memiliki rencana bisnis. Bantuan keuangan ini membantu mereka memulai bisnis tanpa hambatan besar. Kemudian program ini menyediakan bantuan fasilitas untuk memulai usaha mandiri. Program ini juga melibatkan pembinaan dan pendampingan usaha. Peserta program didampingi pendamping dari Suku Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Energi, yang membantu mereka menghadapi tantangan dan memberikan saran untuk mengembangkan bisnis mereka secara berkelanjutan. Program ini dapat memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan kesempatan kerja, mengurangi pengangguran, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah tersebut

References

Aguistino, L. (2016). Dasa-Dasar Keibijakan Puiblik (Eidivisi Reivisi). PT. Reimaja Rosdakarya

Alwi, Z. (2022). Analisis peiran dinas teinaga keirja dalam uipaya meinguirangi masalah peingangguiran teirdidik di wilayah kota peikanbarui. Uiniveirsitas Islam Neigri Suiltan Syarif Kasim.

Anggara, S. (2018). Keibijakan Puiblik. CV. Puistaka Seitia.

Fitrri, I. T. R. N. (2022). Peinangguilangan peingangguiran meilaluii program kartui prakeirja pada dinas teinaga keirja dan mobilitas peinduiduik aceih. Uiniveirsitas islam neigeiri ar-raniry banda aceih.

Firman, F., Rahmawati, R., & Mandela, M. F. (2020). KEBIJAKAN DANA DESA: EVALUASI PEMBANGUNAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT. JOURNAL OF GOVERNMENT (Kajian Manajemen Pemerintahan dan Otonomi Daerah), 5(2), 181-192

Jamhari, T., & Khotimah, N. (2022). Program Teinaga Keirja Mandiri (TKM): Konseip dan Impleimeintasi. Juirnal Keiteinagakeirjaan, 17(3), 268–284. https://doi.org/10.47198/nakeir.v17i3.133

Marseilla, anis. (2019). Eifeiktivitas peilaksanaan program teinaga keirja mandiri dalam meingatasi peingangguiran di dinas teinaga keirja simaluinguin. Uiniveirsitas muihammadiyah suimateira uitara.

Nuirfauiziah, N. M., & Nuircahyanto, H. (2022). Analisis Eifeiktivitas Program Teinaga Keirja Mandiri (TKM) di Kabuipatein Puirwakarta.

Simbolon, D. R. (2020). Peiranan dinas teinaga keirja dan transmigrasi provinsi daeirah istimeiwa yogyakarta dalam peinangguilangan peingangguiran di provinsi daeirah istimeiwa yogyakarta. Uiniveirsitas atma jaya yogyakarta.

Suihandi, H. W. S. O. (2020). Juirnal Bina Bangsa Eikonomika. Dinamika Peirmasalahan Keiteinagakeirjaan Dan Peingangguiran Di Indoneisia, 13(01).

Suigiyono. (2015). Meitodei Peineilitian Kuiantitatif, Kuialitatif dan R&D. PT. Alfabeit.

.

Downloads

Published

2023-02-25

How to Cite

Rahayu, E. L., & Firman, F. (2023). Implementasi Program Tenaga Kerja Mandiri (TKM) Dalam Mengurangi Pengangguran Di Wilayah Jakarta Utara. PARAPOLITIKA: Journal of Politics and Democracy Studies, 4(1), 25–45. https://doi.org/10.33822/jpds.v4i1.6577