Peran Pemerintah Desa Dalam Pengembangan Wisata Sawah Desa Gunung Mulia Kecamatan Babulu Kabupaten Penajam Paser Utara

Authors

  • Iqbal Aidar Idrus Universitas Andi Djemma
  • Mohammad Lukman Hakim Universitas terbuka

DOI:

https://doi.org/10.33822/jpds.v5i1.6342

Keywords:

pemerintah desa, pengembangan wisata, pengelolaan desa wisata

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pemerintah desa dalam pengembangan wisata sawah Desa Gunung Mulia yang memiliki keindahan alam yang asri, faktor-faktor yang mempengaruhi peran pemerintah desa dalam pengembangan wisata sawah Desa Gunung Mulia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan memanfaatkan jenis penelitian deskriptif. Tehnik pengumpulan data menggunakan cara observasi (pengamatan), dokumentasi, dan wawancara. Penelitian ini menggunakan teori strategi pengembangan dari Cooper dalam Sunaryo (2013: 159) terdiri dari atraksi, aksesibilitas, fasilitas, kelembagaan. Dari penelitian ini diperoleh hasil peran pemerintah desa dalam pengembangan wisata sawah Desa Gunung Mulia yaitu melakukan strategi pembangunan melalui ,atraksi pemerintah desa terus melakukan inovasi untuk meningkatkan daya tarik wisatawan, aksesibilitas pemerintah desa mengusulkan pembangunan jalan ke pemerintah kabupaten, amenitas pemerintah desa mensosialisasikan kepada POKDARWIS untuk membangun home stay, dan dalam kelebagaan pemerintah sebagai fasilitator. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi peran pemerintah desa dalam pengembangan wisata sawah Desa Gunung Mulia ialah sumber daya manusia dan media promosi

References

Antara. “Wisata Sawah Gunung Mulia, Destinasi Baru Untuk Liburan Di Tengah Pandemi.” Https://Travel.Okezone.Com/, Okezone.Com, 28 June 2021.

Dede Sri Kartini, Neneng Yani Yuningsih, Iyep Saefulrahman. Perubahan Sosial Dan Pembangunan, Universitas Terbuka, Banten, 2019.

Fahira, Nadinda Shinta, Rusdianto Umar, and Muhammad Mujtaba Habibi. "Peran Pemerintah desa Purworejo dalam pengembangan wisata alam sumber complang Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri." Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S) 2.3 (2022): 291-303.

Firman, F., Rahmawati, R., & Mandela, M. F. (2020). KEBIJAKAN DANA DESA: EVALUASI PEMBANGUNAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT. JOURNAL OF GOVERNMENT (Kajian Manajemen Pemerintahan dan Otonomi Daerah), 5(2), 181-192.

Ginting, Arwanto Harimas, And Zainal Zainal. "Strategi Pemerintah Daerah Dalam Pengembangan Objek Wisata Alam Teluk Jering Di Kabupaten Kampar Provinsi Riau." Jurnal Ilmiah Wahana Bhakti Praja 10.1 (2020): 211-219.

Hakim, Fadhiil Ali, et al. "Pengelolaan obyek pariwisata menghadapi potensi bencana di Balikpapan sebagai penyangga ibukota negara baru." NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial 7.3 (2020): 607-612.

Hasmiati, Hasmiati, Muhammad Massyat, and Sri Yuyun. "Peran Pemerintah Desa dalam Pengelolaan Sektor Pariwisata di Desa Kayuangin untuk Meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PAD)." Journal Peqguruang 3.2 (2021): 866-874.

Kanuna, Resky Sirupang. "Peranan Pemerintah Daerah Dalam Pengelolaan Potensi Pariwisata Di Kabupaten Toraja Utara." Universitas Hasanuddin (2014).

Lumbanraja, Victor. Danau Toba: Pengelolaan Pariwisata Berbasis Siklus Hidup Kawasan. Jejak Pustaka, 2022.

Ma’ruf, Muhammad Farid, Badrudin Kurniawan, and Rizky Purna Aji Galih Pangestu. "Desa Wisata: Sebuah Upaya Mengembangkan Potensi Desa Dan Meningkatkan Pendapatan Asli Desa (Studi Pada Desa Wisata Bejiharjo Kecamatan Karangmojo Kabupaten Gunungkidul)." Dinamika Governance: Jurnal Ilmu Administrasi Negara 7.2 (2017).

Muh. Irfan Islamy. Kebijakan Publik, Universitas Terbuka, Banten, 2016.

Rahmawati, R., & Firman, F. (2022). Politik Air Bersih di Desa Sukaringin. Journal of Political Issues, 4(1), 10-18.

Sulistyadi, Yohanes, Fauziah Eddyono, and Derinta Entas. Pariwisata berkelanjutan dalam perspektif pariwisata budaya di Taman Hutan Raya Banten. Uwais Inspirasi Indonesia, 2019.

Supriatna, Jatna, and Rizki Ramadhan. Pariwisata Primata Indonesia. Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2016.

Downloads

Published

2024-02-21

How to Cite

Idrus, I. A., & Hakim, M. L. (2024). Peran Pemerintah Desa Dalam Pengembangan Wisata Sawah Desa Gunung Mulia Kecamatan Babulu Kabupaten Penajam Paser Utara. PARAPOLITIKA: Journal of Politics and Democracy Studies, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.33822/jpds.v5i1.6342