KETERWAKILAN POLITIK DAN PARTISIPASI PEREMPUAN PASCA REFORMASI DI ERA PEMERINTAHAN MEGAWATI DAN JOKO WIDODO

Authors

  • Anandira Bizanti Ummaya Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Nayla Azalia Saparija Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Sachtzi Nisfiani Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.33822/jpds.v3i2.6187

Keywords:

Keterwakilan Politik; Partisipasi Politik Perempuan

Abstract

Perempuan memainkan peran dan pengaruh penting dalam ruang politik Indonesia. Namun eksistensi perempuan masih dikesampingkan karena salah satunya budaya patriarki yang masih kuat. Meskipun demikian, hal ini terlihat jelas dalam berbagai peran di dalam partai politik, organisasi, dan bahkan di parlemen. Hal ini menunjukkan bahwa keterlibatan politik perempuan masih sangat rendah, yang berarti status mereka dalam politik Indonesia masih sangat lemah. Maka dengan itu, penulis membuat penelitian yang berjudul “Kondisi Keterwakilan Politk dan Partisipasi Perempuan Pasca Reformasi Serta Situasinya Pada Periode Megawati dan Joko Widodo”. Tujuan dibuatnya penelitian ini yakni untuk mengetahui bagaimana perkembangan partisipasi politik perempuan pada pasca reformasi dan di era Megawati dan Joko Widodo. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode kualitatif, yaitu dengan mengumpulkan data melalui analisis serta studi pustaka. Dari hasil penelitian berdasarkan studi pustaka, dapat disimpulkan bahwa partisipasi perempuan semakin terbuka karena salah satunya terdapat kebebasan yang mulai tercipta.

References

Batubara, E. S. (2019). "Perempuan sebagai Pemimpin: Menuju Keterwakilan yang Merata dalam Politik Indonesia". Jurnal Ilmu Politik, 14(1), 62-78.

Kompas.com. (2019). Pilpres 2019: Mengecewakan, Paslon 02 Tidak Punya Staf Perempuan. Diakses melalui https://nasional.kompas.com/

KPA. (2015). "Critical Resources, Corporeal Matters: Gender, Agrarian Change, and Livelihoods". Jakarta: Konsorsium Pembaruan Agraria.

Pausiah, E. (2018). Implementasi Kebijakan Positive Discrimination dalam Penunjukan Pejabat Eselon II dan III di Pemerintah Kota Dumai. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 22(1), 76-84.

Pratiwi, A. L. (2015). Megawati Soekarnoputri Sebagai Presiden Wanita di Indonesia (2001-2004) (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR).

Rasyidin, R., & Fidhia, A. (2016). GENDER DAN POLITIK: Keterwakilan Perempuan Dalam Politik

Sudaryono, N. (2016). Kepala Daerah Perempuan di Indonesia: Studi tentang Keterwakilan dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jurnal Studi Pemerintahan, 7(1), 14-26.

Supriyadi, H. (2018). Gaya kepemimpinan presiden Indonesia. Jurnal Agregasi: Aksi Reformasi Government Dalam Demokrasi, 6(2).

Supriyadi, H. (2018). Gaya kepemimpinan presiden Indonesia. Jurnal Agregasi: Aksi Reformasi Government Dalam Demokrasi, 6(2).

Sudaryono, N. (2016). Kepala Daerah Perempuan di Indonesia: Studi tentang Keterwakilan dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jurnal Studi Pemerintahan, 7(1), 14-26.

Downloads

Published

2022-07-20

How to Cite

Bizanti Ummaya, A., Azalia Saparija, N., & Nisfiani, S. (2022). KETERWAKILAN POLITIK DAN PARTISIPASI PEREMPUAN PASCA REFORMASI DI ERA PEMERINTAHAN MEGAWATI DAN JOKO WIDODO. PARAPOLITIKA: Journal of Politics and Democracy Studies, 3(2), 187–198. https://doi.org/10.33822/jpds.v3i2.6187