Menganalisa Foto Hoax Dengan Menggunakan Metode Reverse Image Search

Penulis

  • Revaldo Tesso Institut Shanti Bhuana
  • Kristian Novando Institut Shanti Bhuana
  • Christian Cahyaningtyas Institut Shanti Bhuana

DOI:

https://doi.org/10.52958/iftk.v19i3.6154

Kata Kunci:

foto hoax, metode referse image, manipulasi gambar

Abstrak

Penelitian ini fokus pada permasalahan serius penyebaran berita palsu melalui internet, terutama melibatkan penggunaan foto yang dimanipulasi atau diambil dari konteks aslinya. Dalam upaya mengatasi tantangan ini, penelitian ini menggunakan metode reverse image sebagai strategi utama. Metode ini melibatkan analisis foto hoax dengan membandingkan citra yang ditemukan dengan basis data citra yang ada, sehingga dapat mengidentifikasi sumber asli atau keaslian suatu gambar. Dataset foto hoax dikumpulkan dari media sosial untuk dianalisis dengan metode gambar terbalik guna mengungkap apakah foto tersebut telah dimanipulasi atau diambil dari konteks yang salah. Temuan penelitian menunjukkan bahwa metode reverse image terbukti sangat efektif dalam mengidentifikasi foto hoax. Hasil ini memberikan kontribusi signifikan dalam upaya memerangi penyebaran berita palsu dan juga meningkatkan kesadaran pengguna media sosial untuk lebih berhati-hati dalam menyebarkan informasi yang belum terverifikasi.

Referensi

" Peran, P. Sebagai, P. Di, E. Pandemi, A. Soraja, and M. A. Thurmudzi, “Prosiding Seminar Nasional & Call for Paper Perlindungan Korban Dalam Kasus Penyebaran Berita Hoax Di Media Sosial Di Indonesia”.

A. Rahmadhany, A. Aldila Safitri, and I. Irwansyah, “Fenomena Penyebaran Hoax dan Hate Speech pada Media Sosial,” Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, vol. 3, no. 1, pp. 30–43, Jan. 2021, doi: 10.47233/jteksis.v3i1.182.

S. Bahri, “Literasi Digital Menangkal Hoaks Covid-19 Di Media Sosial,” Jurnal Ilmu Komunikasi |, vol. 10, no. 1, pp. 16–28, 2021, [Online]. Available: https://amp.kompas.com/nasional/read/2020/10/02/1.

M. Subli and M. Masjun Efendi, “Perbandingan Hasil Analisa Foto Hoax Menggunakan Metode Exif/Metadata, Reverse Image Dan Forensics,” Julyxxxx, vol. x, No.x, pp. 1–5, [Online]. Available: https://exiftool.org/.

U. Gadjah, M. Jalan Bulaksumur, and I. Yogyakarta, “Nunung Prajarto.”

M. Kondal, “Comparative analysis of tineye and google reverse image search engines.”

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-29

Terbitan

Bagian

Article