Sistem Informasi Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik di Kecamatan Metro Pusat Berbasis Web

Penulis

  • Lulu Erga Anjaswari Fakultas Ilmu Komputer - Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Helena Nurramdhani Irmanda Fakultas Ilmu Komputer - Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.52958/iftk.v17i2.3468

Kata Kunci:

Survei Kepuasan Masyarakat, Kecamatan Metro Pusat, CodeIgniter

Abstrak

Kepuasan masyarakat merupakan hal yang perlu diperhatikan karena merupakan hal yang sangat berpengaruh dalam tercapainya suatu keberhasilan pada sebuah organisasi. Akan tetapi Kecamatan Metro Pusat belum terdapat sistem Survei Kepuasan Masyarakat terhadap pelayanan publik. Hal ini menjadi alasan dibangunnya aplikasi ini untuk mempermudah pihak Kecamatan Metro Pusat. Penelitian ini menggunakan metode waterfall dengan tujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai aplikasi yang akan dibuat. Perancangan sistem dalam penelitian ini menggunakan UML, dibangun dengan bahasa pemrograman PHP serta framework CodeIgniter, dan menggunakan database MySQL. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa Sistem Informasi Survei Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Publik di Kecamatan Metro Pusat Berbasis Web yang akan digunakan oleh Kecamatan Metro Pusat dalam mengukur Survei Kepuasan Masyarakat, baik pada masyarakat yang telah selesai maupun yang belum selesai melakukan pelayanan dengan kendala berkas yang masih kurang lengkap atau adanya kesalahan pada berkas dan dapat memudahkan masyarakat sekalipun masyarakat tersebut kurang pengetahuan mengenai kemajuan teknologi.

Referensi

Morrisan, Metode Penelitian Survei. Jakarta: Kencana, 2017.

A. B. Kusuma and Y. R. Pramadi, “Implementation of honeywords as a codeigniter library for a solution to password-cracking detection,” IOP Conf. Ser. Mater. Sci. Eng., vol. 508, no. 1, 2019, doi: 10.1088/1757-899X/508/1/012134.

Sugiyono, Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D, 1st ed. Bandung: Alfabeta, 2011.

A. Alshamrani and A. Bahattab, “A Comparison Between Three SDLC Models Waterfall Model, Spiral Model, and Incremental/Iterative Model,” IJCSI Int. J. Comput. Sci. Issues, vol. 12, no. 1, p. 106, 2015.

D. Rajagopal and K. Thilakavalli, “A Study: UML for OOA and OOD.,” Int. J. Knowl. Content Dev. Technol., vol. 7, no. 2, p. 5, 2017, [Online].

A. F. K. Sibero, Web Programming Power Pack. Yogyakarta: Mediakom, 2014.

D. A. N. Reformasi and B. Republik, “Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik”. 2017.

Unduhan

Diterbitkan

2021-11-13

Terbitan

Bagian

Article