LITERATURE REVIEW: MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN DI BENGKEL RESMI MENGGUNAKAN SISTEM MANAJEMEN PELANGGAN ELEKTRONIK

Penulis

  • Andhika Octa Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.52958/iftk.v15i1.1299

Kata Kunci:

e-CRM, CRM, customer relationship management, electronic customer relationship management, tingkat kepuasan pelanggan, e-business, sistem manajemen pelanggan, sistem manajemen elektronik

Abstrak

Kemajuan teknologi memberikan kemudahan di berbagai sektor, termasuk ke dalam sektor bisnis atau usaha. Bila dulu berkomunikasi dengan para pelanggan melalui saluran telepon atau mendatangi secara langsung dengan cara door to door. Kemajuan teknologi internet, memberikan terobosan terbaru khususnya dalam perkembangan Sistem Manajemen Pelanggan. Perusahaan dapat memanfaatkan teknologi internet untuk mendekatkan diri dengan pelanggan secara langsung selama 24 jam dalam 7 hari seminggu dengan cepat dan mudah melalui Sistem Manajemen Pelanggan secara Elektronik. Manajemen Pelanggan Elektronik bukan sekedar sebuah sistem yang dapat memudahkan pelaku bisnis dalam menganalisa kebutuhan ataupun melakukan interaksi langsung kepada pelanggannya, melainkan menjadi kunci penting bagi pelaku bisnis yang berorientasi kepada pelanggan untuk meningkatkan kepuasan para pelanggannya. Penelitian ini ditujukan untuk melakukan kajian terhadap literatur maupun hasil penelitian serta artikel yang berhubungan dengan penerapan Sistem Manajemen Pelanggan Elektronik atau dikenal dengan nama lain e-CRM yang diterapkan pada bengkel resmi. Hasil kajian yang berasal dari jurnal-jurnal yang berkaitan dengan e-CRM di bengkel resmi dilakukan analisis yang lebih dalam lagi.

Unduhan

Diterbitkan

2019-04-29

Terbitan

Bagian

Article