Pemetaan Potensi Ekonomi Sektoral dan Estimasi Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Pamekasan

Mohammad Wahed

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui klasifikasi pertumbuhan sektor perekonomian wilayah Kabupaten Pamekasan; dan mengetahui sektor-sektor basis dan sektor unggulan di Kabupaten Pamekasan. Pendekatan kuantitatif pada penelitian ini dilakukan dengan analisis, Location Quotient dan Shift Share, dan Tipology Klassen. Hasil penelitian menyimpulkan sektor yang masuk dalam kategori unggulan dengan kriteria tergolong sektor maju dan tumbuh dengan pesat, sektor basis dan kompetitif, serta kontribusinya yang besar terhadap pembentukan PDRB Kabupaten Pamekasan, yaitu sektor perdagangan besar dan eceran, reparasi mobil, dan speda motor. Sedangkan sub sektor perdagangan besar dan eceran, reparasi mobil, dan sepeda motor yang potensial untuk dikembangkan sebagai sub sektor unggulan, yaitu sub perdagangan besar dan eceran.

Kata Kunci


Sektor Basis; Pertumbuhan Ekonomi

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Adi, P. H. (2005). Dampak desentralisasi fiskal terhadap pertumbuhan ekonomi. Jurnal Kritis. Universitas Kristen Satya Wacana. Salatiga.

Arliansyah, R. D. (2016). Analisis Potensi Ekonomi Sektoral Pada Empat Kabupaten Di Pulau Madura Tahun 2008-2014. University of Muhammadiyah Malang.

Arsyad, L. (2014). Ekonomi pembangunan.

Azis, N., Adrianto, L., & Sobari, M. P. (2006). Analisis Ekonomi Alternatif Pengelolaan Ekosistem Mangrove Kecamatan Barru, Kabupaten Barru. Buletin Ekonomi Perikanan, 6(3).

Basuki, A. T., & Gayatri, U. (2009). Penentu Sektor Unggulan Dalam Pembangunan Daerah: Studi Kasus di Kabupaten Ogan Komering Ilir. Jurnal Ekonomi & Studi Pembangunan, 10(1), 34-50.

Brata, A. G. (2002). Pembangunan Manusia dan Kinerja ekonomi regional di Indonesia. Economic Journal of Emerging Markets, 7(2).

Fattah, A., & Rahman, A. (2013). Analysis of regional economic development in the regency/municipality at South Sulawesi province in Indonesia. Journal of Economics. Retrieved from http://www. academia. edu/download/30632997/Analysis_of_Regional_Economic_Development_in_the_Regen cy. pdf.

Kuncoro, M. (2013). Economic geography of Indonesia: can MP3EI reduce inter-regional inequality. South East Asian Journal of Contemporary Business, Economics, and Law, 2(2), 17-33.

Kurniati, S. A. (2017). Analisis Pertumbuhan Ekonomi dan Pengembangan Sektor Potensial di Kabupaten Siak. Dinamika Pertanian, 29(3), 263-270.

Maipita, I. (2014). Mengukur kemiskinan & distribusi pendapatan: UPP STIM YKPN.

Mangun, N. (2007). Analisis Potensi Ekonomi Kabupaten Dan Kota Di Propinsi Sulawesi Tengah. program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

Nugroho, S. (2004). Model Ekonomi Basis Untuk Perencanaan pembangunan Daerah. Jurnal Dinamika Pembangunan (JDP), 1(Nomor 1), 23-30.

Purnomo, M. A. (2013). ANALISIS SEKTOR UNGGULAN DALAM STRUKTUR

PEREKONOMIAN KABUPATEN LAMONGAN. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 1(3).

Rustiono, D. (2008). Analisis pengaruh investasi, tenaga kerja, dan pengeluaran pemerintah terhadap pertumbuhan ekonomi di Propinsi jawa tengah. program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

Setia, R. (2009). Ekonomi Informal Perkotaan: Sebuah Kasus tentang Pedagang kaki Lima di Kota Bandung.

Tambunan, T. (2008). Prospek Perkembangan Koperasi di Indonesia ke depan: Masih Relevankah Koperasi di dalam Era Modernisasi Ekonomi. Pusat Studi Industri dan UKM Universitas Trisakti.

Umiyati, E. (2013). Analisa Pertumbuhan Ekonomi dan Ketimpangan Pembangunan Antar Wilayah di Pulau Sumatera. Jurnal Paradigma Ekonomika, 1(7).

Wahyuni, I. G. A. P., Sukarsa, M., & Yuliarmi, N. (2014). Pengaruh Pengeluaran Pemerintah dan Investasi terhadap Pertumbuhan Ekonomi dan Kesenjangan Pendapatan Kabupaten/Kota di Provinsi Bali. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana.

Wibisono, E. A. (2013). Prediksi Kebangkrutan, Leverage, Audit Sebelumnya, Ukuran Perusahaan terhadap Opini Going Concern Perusahaan Manufaktur BEI. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(4).

Witjaksono, M. (2009). Pembangunan ekonomi dan ekonomi pembangunan: Telaah istilah dan orientasi dalam konteks studi pembangunan. Jurnal Ekonomi Dan Studi Pembangunan, 1(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.35590/jeb.v5i1.685

Article Metrics

Sari view : 169 times
PDF (English) - 154 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Penerbit: Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta. Jl. RS Fatmawati, Pd. Labu, Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12450. 

Telepon: 08111037496. Email: jurnalekonomibisnis@upnvj.ac.id

Creative Commons License

Jurnal ini terlisensi dibawah lisensi: Creative Commons Attribution 4.0 International License.