STRATEGI MNC GROUP DALAM MENINGKATKAN EFISIENSI DAN KOMPETISI DI PASAR BISNIS INDUSTRI MEDIA PENYIARAN 4.0

Authors

  • Tuty Mutiah Universitas Bina Sarana Informatika
  • Geofakta Razali Universitas Bina Sarana Informatika
  • Agung Raharjo Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.33822/jep.v2i1.973

Abstract

Saat ini tengah memasuki era disrupsi teknologi yang bergeser pada era Revolusi Industri 4.0. World Economic Forum (WEF) menyebut Revolusi Industri 4.0 adalah revolusi berbasis Cyber Physical System yang secara garis besar merupakan gabungan tiga domain yaitu digital, fisik, dan biologi. Sehingga membuat industri pertelevisian semakin mempunya tantangan dengan Revolusi Industri 4.0 dan di era digital ketika sebagian besar persebaran informasi berlangsung di dunia maya, industri pertelevisian menghadapi persaingan dengan media-media online yang relatif lebih mudah diakses. Hal ini menuntut stasiun televisi untuk terus menghadirkan inovasi, baik dalam program tayangan maupun dalam media penyiaran, salah satunya dengan menyediakan akses untuk menonton siaran televisi secara online. Revolusi industri menjadi tantangan bagi industri televisi di tanah air, tidak terkecuali televisi-televisi lokal di indonesia. Sumber pendanaan dan teknologi menjadi salah satu kendala bagi tv lokal bersaing di era revolusi industri. Belum lagi keterbatasan sumber daya manusia yang diakui ikut menjadi penentu untuk memenangi persaingan. Beragam strategi terus diupayakan agar pertelevian di indonesia mampu bertahan di tengah kemajuan tekonologi dan daya saing industri. Salah satunya penguatan konten program televisi.

Published

2019-09-17

Issue

Section

Artikel