PERAN PUBLIC RELATIONS PT ASTRA INTERNATIONAL, TBK PADA PROGRAM CSR “NURANI ASTRA” DI MASA PANDEMIK COVID-19

Authors

  • Uljanatunnisa Uljanatunnisa Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Vina Mahdalena Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.33822/jep.v5i2.4390

Keywords:

Covid-19, CSR, Nurani Astra, Stakeholder.

Abstract

Pandemi Covid-19 telah berdampak luas pada berbagai sector di Indonesia, Covid-19 menciptakan dua kondisi yang harus dihadapi perusahaan. Disatu sisi kondisi untuk tetap mempertahankan operasionalnya, kondisi lain juga menuntut perusahaan untuk memberikan kontribusi, atau memenuhi harapan stakeholdernya sebagai bentuk tanggung jawab mereka. Kondisi ini tentunya dialami oleh PT Astra International,Tbk. Ditengah upaya untuk tetap bertahan, PT Astra juga berupaya untuk memenuhi kebutuhan para stakeholdernya melalui kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan. Dengan menggunakan Teori stakeholder dan Proses manajemen peneliti ini akan memfokuskan pada peran PR PT Astra serta menganalisis peran stakeholder pada program CSR di masa pandemik. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskirptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa untuk memenuhi kebutuhan dan harapan stakeholdernya PR pada program CSR melakukan Langkah-langkah seperti identfikasi masalah, tindakan komunikasi, evaluasi hingga pelaporan. Selain itu, untuk mencapai keberhasilan program, PR bersinergi dengan berbagai stakeholder. Dimana masing-masing stakeholder memiliki peran besar untuk mendukung program CSR.

Author Biography

Uljanatunnisa Uljanatunnisa, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

Anggota Ikatan Sarjana Ilmu Komunikasi

Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

References

Ahmad, J. (2017). Positioning of corporate social responsibility in media reporting: The role of media setting. In Corporate Behavior and Sustainability: Doing Well by Being Good " (pp. 121–137). Routledge.

Asta Widara, K. (n.d.). Festival Kesehatan Astra 2021: Sehat Negeriku, Tumbuh Indonesiaku. 2021. https://news.okezone.com/read/2021/11/16/1/2502692/festival-kesehatan-astra-2021-sehat-negeriku-tumbuh-indonesiaku

Astra Magz "Semangat Astra Cegah Covid -19 #Semangat Saling bantu. (2020, April). 2020, 4. https://astramagz.astra.co.id/data/edisi_04_2020/

Broom, G. M. (n.d.). Cutlip and Center’s Effective Public Relations, 11/e. 1095.

Coombs, W. T., & Holladay, S. J. (2012). Managing corporate social responsibility: A communication approach. Wiley-Blackwell.

Cristache, N. (2006). THE ROLE OF PUBLIC RELATIONS IN SOCIAL RESPONSIBILITY OF ROMANIAN ENTERPRISES. 4.

Hendrayani, Y., & Uljanatunnisa, U. (2021). CSR in the Pandemic Era Based Values State-Defense: Content Analysis on the Official Website of Five State-Owned Enterprises. Society, 9(1), 1–18. https://doi.org/10.33019/society.v9i1.260

Karen Weise., Kate Conger. (2020). Gaps in Amazon’s Response as Virus Spreads to More Than 50 Warehouses. https://www.nytimes.com/2020/04/05/technology/coronavirus-amazon-workers.html

Lee, Y.-J., & Cho, M. (2022). Socially stigmatized company’s CSR efforts during the COVID-19 pandemic: The effects of CSR fit and perceived motives. Public Relations Review, 48(2), 102180. https://doi.org/10.1016/j.pubrev.2022.102180

Marom, S., & Lussier, R. N. (2020). Corporate Social Responsibility during the Coronavirus Pandemic: An Interim Overview. Business and Economic Research, 10(2), 250. https://doi.org/10.5296/ber.v10i2.17046

mediaindonesia.com & Sumber: https://mediaindonesia.com/ekonomi/332784/strategi-csr-perusahaan-turut-percepat-pemulihan-ekonomi-nasional. (30 Juli). Strategi CSR Perusahaan Turut Percepat Pemulihan Ekonomi Nasional. 2020. https://mediaindonesia.com/ekonomi/332784/strategi-csr-perusahaan-turut-percepat-pemulihan-ekonomi-nasional

Parmar, B. L., Freeman, R. E., Harrison, J. S., Wicks, A. C., Purnell, L., & de Colle, S. (2010). Stakeholder Theory: The State of the Art. Academy of Management Annals, 4(1), 403–445. https://doi.org/10.5465/19416520.2010.495581

Popkova, E., DeLo, P., & Sergi, B. S. (2021). Corporate Social Responsibility Amid Social Distancing During the COVID-19 Crisis: BRICS vs. OECD Countries. Research in International Business and Finance, 55, 101315. https://doi.org/10.1016/j.ribaf.2020.101315

Reeves, H. (2016). Defining Public Relations’ Role in Corporate Social Responsibility Programs. 10(2), 19.

Ruiz-Mora, I., Lugo-Ocando, J., & Castillo-Esparcia, A. (2016). Reluctant to talk, reluctant to listen: Public relations professionals and their involvement in CSR programmes in Spain. Public Relations Review, 42(3), 402–407. https://doi.org/10.1016/j.pubrev.2015.11.008

Sahril. (2020). Tentang “Nurani Astra” di Pandemi Corona. https://www.gatra.com/news-490608-kesehatan-tentang-nurani-astra-di-pandemi-corona.html

Susilo, A., Rumende, C. M., Pitoyo, C. W., Santoso, W. D., Yulianti, M., Herikurniawan, H., Sinto, R., Singh, G., Nainggolan, L., Nelwan, E. J., Chen, L. K., Widhani, A., Wijaya, E., Wicaksana, B., Maksum, M., Annisa, F., Jasirwan, C. O. M., & Yunihastuti, E. (2020). Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7(1), 45. https://doi.org/10.7454/jpdi.v7i1.415

Trapp, N. L. (2014). Stakeholder involvement in CSR strategy-making? Clues from sixteen Danish companies. Public Relations Review, 40(1), 42–49. https://doi.org/10.1016/j.pubrev.2013.11.005

Published

2022-08-10

Issue

Section

Artikel