INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA ALTERNATIF DALAM KONFLIK AGRARIA (STUDI KASUS PADA AKUN INSTAGRAM @FORUMPANCORANBERSATU)

Julio Eliezer Mamahit, Aprilyanti Pratiwi

Sari


Sebagian media mainstream sekarang hanya mencari berita yang memiliki nilai jual saja. Berita-berita tentang masyarakat marjinal lainnya sangat jarang menjadi topik utama. Gejala ini mengakibatkan perubahan dalam melakukan perlawanan, masyarakat kini memilih media sosial sebagai kanal untuk menyampaikan aspirasi dan informasi mengenai permasalahan mereka yang tidak tersentuh oleh media mainstream. Media sosial Instagram menjadi pilihan Warga Pancoran Gang Buntu II untuk melakukan perlawanan demi mempertahankan ruang hidup mereka yang sudah direnggut oleh perusahaan negara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis media sosial Instagram menjadi media altenatif bagi Warga Pancoran Gang Buntu II, dalam menyuarakan ketertindasan mereka. Penelitian ini menggunakan metode analisis media siber dengan melihat ruang media, dokumen media, objek media, dan pengalaman. Hasil penelitian menunjukan bahwa media sosial Instagram dapat menjadi media alternatif bagi aksi perlawanan masyarakat yang dimarjinalkan oleh para penguasa media. Hal tersebut dapat ditemukan pada respon dari para pengguna Instagram yang mengikuti dan bahkan tidak mengikuti akun Instagram @forumpancoranbersatu. Media sosial Instagram dimanfaatkan untuk mengunggah konten berupa foto dan video agar dapat menggerakkan para pengikut dan bukan pengikut akun @forumpancoranbersatu agar perduli dan ikut aksi mereka. Diharapkan bagi konflik-konflik agraria lainnya dapat menggunakan media sosial Instagram sebagai media alternatif untuk menyuarakan aspirasi masyarakat, karena media sosial Instagram memiliki khalayak yang cukup luas


Kata Kunci


media siber; instagram; konflik agraria; media alternatif

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Asprila, M. A. (2015). Eksistensi Zine Sebagai Media Alternatif Bagi Komunitas Lingkaran Solidaritas Surabaya Dalam Pendeketan Ruang Publik. Commercium. Volume 03 Nomor 02 Tahun 2020.

Barus (2015). Pemberdayaan Perempuan melalui Media Sosial. Jurnal Simbolika,Volume 1, Nomor 2.

Berger, Charles R, Roloff, Michael E., dan Ewoldsen, David R. Roskos. (2014). Handbook Ilmu Komunikasi. Bandung: Nusa Media.

Budiargo, Dian. (2015). Berkomunikasi Ala Net Generation. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Della, R. & Ahmad, J. (2018). Analisis Strategi Pemberitaan Media Alternatif untuk Isu Isu Berkaitan Dengan Kekerasan Pada Perempuan (Studi Kasus Magdalene Sebagai Media Online) EISSN 2598 – 0785.

Deysi, K. Max, R. & Johnny, S. (2015). Pemanfaatan Media Alternatif Studi Penolakan Pertambangan Biji Besi Di Pulau Bangka, Likupang Timur, Kabupaten Minahasa Utara. E-Journal Acta Diurna Vol IV. No.4. Tahun 2015.

Nasrullah, M.Si. (2016). Teori dan Riset Media Siber (cybermedia), Edisi Pertama. Jakarta: Kencara.

Eni, M. & Justito, A. (2018). Literasi.co sebagai Media Alternatif dan Akar Rumput. Jurnal Kajian Komunikasi, Vol 6, No 2, 2018, Hal. 261-276.

Ikhwan dan Wardani (2022). Oposisi Masyarakat Sipil Kontra Hegemoni Negara Melalui Media Sosial Youtube di Era Pemerintahan Presiden Joko Widodo. Journal of Governance and Local Politics (JGLP), Vol. 4, No. 1, May 2022, pp. 33-46.

Lisa Lindawati. (2014). Kecendrungan Konten Berita Jurnalisme Warga dalam Portal Desa Jejaring ‘Gerakan Desa Membangun’ pada 2011-2013. IPTEK-KOM, Vol. 16 No. 2, 2014 : 133-150.

Moleong, Lexy J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurliya, N. R. (2020). Media Sosial Sebagai Media Alternatif Manfaat dan Pemuas Kebutuhan Informasi Masa Pandemik Global Covid 19 (Kajian Analisis Teori Uses And Gratification). Jurnal Komunikasi dan Penyiaran, Vol 4, No 1, 2020, pp. 1-16.

Pratiwi, A., Sarwititi, S., Endriatmo, S., & Nurmala. K.P. (2019). Strategi Komunikasi Gerakan Perlawanan Petani (Studi Etnografi Virtual pada Akun Instagram @jogja_darurat_agraria). Jurnal Pekommas, Vol 4 No. 2, 2019 : 165-176.

Pratiwi, A., dan Cikal Dara Pangestu. (2022). instagram sebagai medium perlawanan petani di era digital Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi. Volume 7, No. 2, April 2022, hlm 233-248

Khansa, S, D., Kinkin Yuliaty Subarsa Putri. (2022). Pengaruh Sosial Media Tiktiok Terhadap Gaya Hidup Remaja. Ekspresi dan Persepsi : Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol 5, No. 1, Januari 2022.

Sigit, T. (2011). Radio Komunitas sebagai Media Alternatif untuk Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Ilmu Komunikasi, Volume 9, Nomor 3, September-Desember 2011, halaman 317-337.

Ulupui, I. G. K. A. (2007). Analisis pengaruh rasio likuiditas, leverage, aktivitas, dan profitabilitas terhadap return saham (Studi pada perusahaan makanan dan minuman dengan kategori industri barang konsumsi di Bursa Efek Jakarta). Jurnal Akuntansi dan Bisnis.Vol. 2. No. 1, Januari: 88 – 102.




DOI: http://dx.doi.org/10.33822/jep.v5i2.4382

Article Metrics

Sari view : 175 times
PDF - 96 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

Terindex : 

        


Creative Commons License


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UPN Veteran Jakarta