Perencanaan Komunikasi Politik Ali Ibrahim Dalam Pemilihan Kepala Daerah Tidore Kepulauan

Saiful Amir, Sa’diyah El Adawiyah

Sari


Komunikasi politik merupakan bagian penting dari setiap aktivitas politik dalam kegiatan Pilkada. Komunikasi politik dipilih sebagai strategi untuk mempengaruhi khalayak karena memiliki keunggulan iklan politik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan komunikasi politik Ali Ibrahim  dalam Pemilihan Kepala Daerah Tidore Kepulauan 2020 dengan delapan indikator perencanaan komunikasi politik diantaranya analisis masalah, analisis khalayak, perumusan tujuan, pemilihan media, pengembangan pesan, perencanaan produksi media, perencanaan manajemen program, serta monitoring dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus yang dijabarkan secara deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi politik Ali Ibrahim dalam Pilkada Tidore Kepulauan 2020 yaitu menganalisis khalayak dengan tidak membedakan status sosialnya, analisis khalayak digunakan untuk mengetahui segmentasi dan penggunaan gaya komunikasi Ali Ibrahim, kemudian merumuskan tujuan dalam pelaksanaan komunikasi poltik untuk menentukan media. Kekuatan media menjangkau dan menyebarluaskan khalayak dalam skala besar merupakan kontributor keberhasilan komunikasi politik. Pesan dibangun dan dikemas sesuai dengan khalayak yang dituju serta dikemas dan diproduksi dalam berbagai bentuk pada media masa, media sosial, dan media luar dengan perencanaan pengelolaan program yang baik serta melakukan monitoring dan evaluasi.

Kata Kunci


Komunikasi politik; Pilkada Tidore Kepulauan; Indikator perencanaan;

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Wahid, Umaimah. 2016. Komunikasi Politik: Teori, Konsep, dan Aplikasi pada Era Media Baru. Bandung: Simbiosa Rektama Media

Heryanto, Gun-Gun. 2018. Komunikasi dalam Politik Media Massa. Yogyakarta: IRCiSod

Mulyana et al. 2013. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya

Miles, Matthew B., & A. Michael Huberman. 2009. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI-Press.

Moleong, Lexy J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Patilima, Hamid. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Alfabeta.

Tabroni, Roni. 2012. Komunikasi Politik pada Era Multimedia. Bandung: Remaja Rosdakarya

Cangara, Hafied. 2016. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Achdiat. 2010. Realitas Media Massa: Komunikasi Politik dan Opini Publik. Jurnal Retorika Ilmu Komunikasi.

Budiyono. 2015. Fenomena Komunikasi Politik dalam Media Sosial, Balai Pengkajian dan Pengbangan Komunikasi dan Informatika (BPPKI) Yogyakarta. IPTEK-KIM Volume 17 Nomor 2 (2015)

Fatimah, Siti. 2018. Kampanye sebagai Komunikasi Politik: Esensi dan Strategi dalam Pemilu. Jurnal Pascasarjana Ilmu Politik. Universitas Diponegoro




DOI: http://dx.doi.org/10.33822/jep.v5i2.4248

Article Metrics

Sari view : 72 times
PDF - 32 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

Terindex : 

        


Creative Commons License


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UPN Veteran Jakarta