SINERGI DAN KOLABORASI SEBAGAI STRATEGI MEDIA CETAK BERTAHAN DALAM ERA DISRUPSI

Authors

  • Danar Kristiana Dewi Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.33822/jep.v5i2.4225

Keywords:

media cetak, kolaborasi, sinergi disrupsi

Abstract

Survai yang dilakukan oleh Nielsen pada tahun 2017, menyimpulkan media cetak masih bisa mempertahankan posisinya meskipun penetrasi pembaca diakui menurun. Sebagai industri informasi media cetak melakukan berbagai upaya penyegaran dalam menghadapi disrupsi dan era digital. Salah satu strategi bertahan yang dilakukan oleh media cetak adalah sinergi dan kolaborasi. Metode ini tepat dilaksanakan oleh media, mengingat pada era ini kolaborasi adalah hal yang palling mungkin dilakukan untuk menghadapi tantangan era digital yang serba cepat. Industri media, tidak bisa berjalan sendiri tanpa melakukan transformasi, sinergi dan kolaborasi dilakukan untuk mengimbagi gerak digital yang sangat massif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan objek penelitian media cetak yang berada di Kota Surakarta. Dari hasil penelitian yang dilakukan ditemukan bahwa untuk menghadapi era disrupsi, media cetak melakukan kolaborasi dan sinergi dengan berbagai mitra dalam menjalankan proses bisnisnya. Ciri khas digital juga dapat ditemui dalam media cetak lokal, yang saat ini telah menghapus sekat dan Batasan wilayah untuk berkembang baik dalam skala regional, nasional dan global.

Keyword : media cetak, kolaborasi, sinergi disrupsi

Author Biography

Danar Kristiana Dewi, Universitas Terbuka

Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Terbuka

Asisten Ahli

References

Cates, S. V. (2014). The Young and The Restless: Why Don’t Millennials Join Unions? International Journal of Business and Public Administration, 11(2), 2014, 107- 119.

Caywood, Clareke L. (ED) 1977. The Handbook Of Strategic Public Relations And Integrated Communications, New York: Mc Graw-Hill

Duncan, Tom & Sandra Moriarty. Driving Brand Value: Using Integrated Marketing to Manage Proitable Stakeholder Relationship. New York: McGraw-Hill, 1997.

Duncan, Tom. (2005). Principles of Advertising & IMC. New York: McGraw-Hill/Irwin

Shoemaker, P. J., & Reese, S. D. (2013). Mediating the message in the 21st century: A media sociology perspective. Routledge.

Fenton, Natalie (Ed). (2010). New Media, Old News: Journalisme &Democracy in the Gigital. Age. E-book. London: Sage Publications

Hatch, Mary Jo &Majken Schultz. (2003) “Bringing the Corporation into Corporate Branding.”European Journal of Marketing, vol. 37 No. 7/8, pp. 1041- 1064

Juditha, Darmawan,Penggunaan Media Digital dan Partisipasi Politik Generasi Milenial (2018);Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik Vol. 22 No. 2, Desember 2018: 91-105

Idrus, N., Ng, P. K., & Jee, K. S. (2014). Sustaining Quality in Higher Education in Southeast Asia Through Understanding Generational Changes. Journal of Applied Sciences, 14(16) 2014, 1819- 1827. doi: 10.3923/jas.2014.1819.1827.

Katz, E., Blumer J. G. Dan Gurevitch, M. (1974). Utilization of Mass Communication by The Individual, dalam J.G. Blumer dan E. Katz (eds), The Uses of Mass Communication. Baverly Hills: Sage.

Kusuma, Satria (2016).Posisi Media Cetak di Tengah Perkembangan Media Online di Indonesia

Interact: Vol.5, No.1, Hal.56-71. Mei 2016 Prodi Ilmu Komunikasi, Unika Atma Jaya

Khumairoh,Umi (2021).Dampak Konglomerasi Media Terhadap Industri Media Massa dan Demokrasi Ekonomi Politik di Era Konvergensi Media. Jurnal Muqadima : Jurnal Pemikiran Riset dan Sosiologi (2) vol (1), 2021 : 63-78

MB Bungin - Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006

R Kasali - Targeting dan Positioning, Jakarta: Gramedia, 2000

Romadhoni, Budi Arista (2018). Meredupnya Media Cetak, Dampak Kemajuan Teknologi Informasi. Jurnal An-Nida, Vol. 10, No 1

Sugiya A. (2012), Strategi Tansformasi Konvergensi Media Studi Kasus Grand Strategy Harian Kompas. [tesis], Universitas Indonesia.

Sholahuddin.(2013). Strategi Pengembangan Produk di Industri Media Cetak di Indonesia (Bertahan di tengah Persaingan Media). Benefit Jurnal Manajemen dan Bisnis Volume 17, Nomor 1, Juni 2013, hlm. 9-17

West, Richard, Lynn H. Turner. (2008). Pengantar Teori Komunikasi: Analisis dan Aplikasi (Buku 2) (Edisi 3). Jakarta: Salemba Humanika.

West Richard dan Lynn H. Turner. 2008. Pengantar Teori Komunikasi: Analisis Dan Aplikasi. Buku 1 edis ke-3 Terjemahan Maria Natalia Damayanti Maer. Jakarta: Salemba Humanika

https://kumparan.com/yasmine-amalia-rusnandha/mampukah-media-cetak-bertahan-di-era-digital-1vNf95mfTVZ/full, 2 Desember 2021

https://ekonomi.bisnis.com/read/20210422/12/1384960/belanja-iklan-2020-moncer-nielsen-ini-proyeksi-untuk-2021

Published

2022-08-10

Issue

Section

Artikel