DIVERSITAS DEWAN KOMISARIS PADA PERUSAHAAN DIGITAL KREATIF DAN KINERJA KEUANGAN
DOI:
https://doi.org/10.35590/jeb.v8i2.3968Keywords:
diversitas dewan komisaris, kinerja keuangan,Abstract
Perusahaan periklanan pada era industry 4.0 dan era society 5.0 menghadapi tantangan yang berat, di era digital dan era social media dimana makin banyak penyedia konten kreatif dan iklan, yang dapat dimasuki oleh individu seperti selebgram dan youtuber dan tidak menjadi dominasi perusahaan besar saja. Hal ini menjadikan manajemen perusahaan periklanan perlu melakukan transformasi dan berbagai langkah strategis untuk meningkatkan daya saing agar mampu bertahan. Dalam mengambil keputusan strategis, pengawasan yang efektif dari dewan komisaris memegang peraran penting agar selaras dengan kepentingan pemegang saham. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh diversitas dewan komisaris terhadap kinerja keuangan. Menggunakan uji regresi data panel pada perusahaan periklanan yang terdaftar di BEI tahun 2017-2019, hasil penelitian ini membuktikan bahwa diversitas pendidikan dan diversitas pengalaman dewan komisaris berpengaruh terhadap kinerja keuangan. Penelitian ini memberikan kontribusi bahwa untuk perusahaan periklanan terbukti secara empiris dipengaruhi oleh diversitas dewan komisaris meliputi aspek pendidikan dan pengalaman.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).