Dampak Serta Strategi UMKM Saat Pandemi Covid-19 Di Kabupaten Sidoarjo

Authors

  • Indah Widyaningtyas Universitas Negeri Malang
  • Farida Rahmawati Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.35590/jeb.v8i1.2860

Keywords:

UMKM, Dampak Sosial Ekonomi, Strategi, Analisis SWOT

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah memiliki peran dalam pembangunan ekonomi di Indonesia. Namun, saat pandemi covid-19 terjadi perubahan dari aspek sosial dan ekonomi di UMKM serta sektor lainnya. Munculnya permasalahan yang tidak terduga, mengharuskan pemilik usaha untuk membuat strategi alternatif dalam mengembangkan usaha dengan memaksimalkan kekuatan dan peluang yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai dampak sosial ekonomi UMKM saat pandemi dan strategi alternatif yang dapat digunakan untuk pengembangan usaha di era new normal. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data menggunakan metode pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa jumlah pengunjung berkurang, pelatihan dibatasi, hasil penjualan menurun, dan meningkatnya pengangguran di Desa Kedensari. Strategi pengembangan usaha yang dapat diterapkan oleh UMKM berdasarkan perhitungan QSPM yaitu meningkatkan promosi melalui media penjualan online, eksplorasi usaha lain saat pandemi, dan melakukan focus grup discussion (FGD) dengan sesama pelaku usaha.

References

Aisya, S. A., Bunasor Sanim, & Agus Maulana. (2013). Strategi Pengembangan Usaha Sapi Potong (Studi Kasus CV Mitra Tani Farm). Jurnal Manajemen & Agribisnis, 10(2), 109–116. https://jurnal.ipb.ac.id/index.php/jmagr/article/view/8482

Alfin, A. (2021). Analisis Strategi UMKM dalam Menghadapi Krisis di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(8), 1543–1552. https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/280

BPS Kabupaten Sidoarjo. (2019). Kecamatan Tanggulangin Dalam Angka 2019. BPS Kabupaten Sidoarjo. https://sidoarjokab.bps.go.id/publication/2019/09/26/8e038d17aaceef27c4854681/kecamatan-tanggulangin-dalam-angka-2019.html

Creswell, J. W. (2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

David, F. R. (2010). Manajemen Strategis Konsep, Edisi 12 (12th ed.). Jakarta: Salemba Empat.

Desa Kedensari. (2020). Pemilikan Aset Ekonomi Lainnya.

Dewi, N. P. N. W., & Ni Putu Nina Eka Lestari. (2020). Strategi Pengembangan Industri Kain Tenun Endek di Kota Denpasar Era Revolusi 4.0. Jurnal Ilmiah STIE Multi Data Palembang, 10(1), 53–63. https://doi.org/10.36805/akuntansi.v3i1.235

Hanoatubun, S. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Perekonomian Indonesia. Journal of Education, Psychology and Conseling, 2(1), 146–153. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/423/240

Hardilawati, W. L. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 10(1), 89–98. https://doi.org/10.37859/jae.v10i1.1934

Hertina, D., Susanto Hendiarto, & John Henry Wijaya. (2021). Dampak Covid-19 Bagi UMKM di Indonesia Pada Era New Normal. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana Mengabdi Untuk Negeri, 3(2), 110–116. http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/jpdl/article/view/8798/5627

Kementerian Koperasi dan UMKM RI. (2019). Data UMKM. Kementerian Koperasi Dan UMKM RI. https://www.kemenkopukm.go.id/data-umkm/?AtFTzRWs2OsKPBPLEyfTquPgZC2yA7CBrHVgYrOQ67bL8qXDe2

Muhammad, M., Aditia Mahardika, & Rizka Amalia. (2020). Corona Virus Pandemic Impact on Sales Revenue of Micro Small and Medium Enterprises ( MSMEs ) in Pekalongan City, Indonesia. Journal of Vocational Studies on Applied Research, 2(1), 7–10. https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/jvsar/article/view/7600

Prasnowo, M. A., Arif Khomaruddin, & Khoirul Hidayat. (2017). Strategi Pengembangan Sentra Industri Kecil Menengah Produksi Krupuk. Teknika : Engineering and Sains Journal, 1(1), 17–24. https://doi.org/10.5281/zenodo.1115978

Prastiwi, R. F., Sutarmo, Ainur Komariah, & Rahmatul Ahya. (2020). Analisis Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah Sektor Industri Jenang Krasikan Menggunakan Metode (SWOT) (Studi Kasus di Sentra Industri Jenang Desa Tangkisan). Jurnal Aplikasi Ilmu Teknik Industri, 1(2), 44–57. http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/japti/article/view/1379/922

Pratiwi, A. R., Dwi Aulia Puspitaningrum, & Indah Widowati. (2020). Strategy For The Development Of Organic Coffee Business In Kelompok Usaha Bersama (KUB) Mandiri Sejahtera Ngrancah Grabag Kabupaten Magelang. Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi, 21(2), 190–204. http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/jdse/article/view/3955/2990

Purbawati, C., Lathifah Nurul Hidayah, & Markhamah. (2020). Dampak Sosial Distancing Terhadap Kesejahteraan Pedagang di Pasar Tradisional Kartasura pada Era Pandemi Corona. Jurnal Ilmu Sosial, Politik, Dan Humaniora, 4(2), 156–164. https://doi.org/http://DX.Doi.org/10.31604/Jim.v4i2.2020.156-164

Rodhiyah. (2015). Dampak Sosial Ekonomi Keberadaan Usaha Kecil Menengah (UKM) Konveksi di Kota Semarang. Jurnal Ilmu Sosial, 14(1), 1–14. https://doi.org/https://Doi.org/10.14710/JIS.14.1.2015.1-14

Syaiful, F. F., & Elihami. (2020). Penerapan Analisis SWOT terhadap Strategi Pemasaran Usaha Minuman Kamsia Boba Milik Abdullah di Tengah Pandemi Covid-19 di Kabupaten Bangkalan. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(2), 343–359. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/583

Tairas, D. R. (2020). COVID-19 Pandemic and MSMEs : Impact and Mitigation. Jurnal Ekonomi Indonesia, 9(1), 67–80. http://jurnal.isei.or.id/index.php/isei/article/view/48/23

Tambunan, T. T. . (2009). UMKM di Indonesia. Bogor: Ghalia Indonesia.

Wuisang, Jerry RH, & Roddy Runtuwarouw. (2019). Konsep Kewirausahaan dan UMKM. (pertama). Minahasa Utara: Yayasan Makaria Waya.

Published

2021-07-05

How to Cite

Widyaningtyas, I., & Rahmawati, F. (2021). Dampak Serta Strategi UMKM Saat Pandemi Covid-19 Di Kabupaten Sidoarjo. Ekonomi Dan Bisnis, 8(1), 21–41. https://doi.org/10.35590/jeb.v8i1.2860