Kreativitas Sebagai Literasi Media Televisi Di Era 4.0
DOI:
https://doi.org/10.33822/jep.v1i02.957Keywords:
kreativitas, literasi media televisi, era 4.0Abstract
Para pelaku industri penyiaran televisi dituntut memiliki kemampuan dalam membuat suatu strategi agar masyarakat tetap tertarik menyaksikan televisi. Literasi dapat diartikan secara sederhana sebagai “kemampuan”, dalam konteks ini kemampuan televisi menciptakan strategi kreatif dalam content, informasi maupun berbagai program siaran yang inovatif. Kajian ini menggunakan metode penelitian dengan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif, menggunakan metode wawancara dan observasi, sehingga dapat menjawab gambaran kreativitas seperti apa yang memungkinkan masyarakat minati saat ini. Hasil penelitian merupakan suatu pandangan yang menyatakan bahwa, content yang memiliki kreativitas menarik akan sangat menggugah minat masyarakat di era 4.0 dalam menonton televisi dan menjadikan segi/sudut pandang content yang paling utama. Hal tersebut dikarenakan content yang menyuguhkan banyak informasi apapun dan dikemas secara sederhana akan terlihat tetap menarik, terlebih jika menampilkan unsur budaya atau content lokal maka akan menambah nilai content tersebut.
References
Esti, L., & Hartanti, P. (2015). Kebijakan Media Televisi Di Era Media Baru. Jurnal Interact, 4(1), 37–46. Retrieved From Http://Ojs.Atmajaya.Ac.Id/Index.Php/Fiabikom/Article/Download/730/590.
Ferry. (2014). Media Televisi Kajian Peran Media Massa Dan Pengaruhnya Bagi Remaja. Peran Media Massa, 14(1), 12. Retrieved From Http://Dinus.Ac.Id/Repository/Docs/Ajar/Article5
Fitryarini, I. (2016). Literasi Media Pada Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman. Jurnal Komunikasi, 8(1), 51–67. Retrieved From Https://Www.Researchgate.Net/Publication/320842107_Literasi_Media_Pada_Mahasiswa_Prodi_Ilmu_Komunikasi_Universitas_Mulawarman_I_Fitryarini_Jurnal_Komunikasi_8_1_51-67
Helys, M. R. &, & Handayani. (2016). Efektifitas Komunikasi Dalam Penggunaan Media Sosial Instagram Sebagai Media Komunikasi Di Kalangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Surakarta. Jurnal Penelitian Dan Kajian Ilmiah Fakultas Ekonomi Universitas Surakarta, 14(2085-2215), 19–24. Retrieved From Http://Ejurnal.Net/Portal/Index.Php/Smooting/Article/Download/1722/1603
Sk, Ishadi (2018), Media Televisi Hadapi Tantangn Di Era Digital (Gloria/ Https://Www.Ugm.Ac.Id/Id/Berita/11575-Industri.Televisi.Hadapi.Tantangan.Di.Era.Digital).
Pertiwi, R. (2014). Aktivitas Komunikasi Tradisinyawerpada Proses Pernikahan Adat Sunda Di Kota Bandung (Studi Etnografi Komunikasi Mengenai Aktivitas Komunikasi Dalam Tradisinyawer Pada Proses Pernikahan Adat Sunda Di Kota Bandung) Ratu Aulia Pertiwi Nim: 41810087. Jurnal Unikom. Retrieved From Http://Elib.Unikom.Ac.Id/Files/Disk1/691/Jbptunikompp-Gdl-Ratuauliap-34536-11-Unikom_R-L.Pdf.
Prasetyo, H., & Sutopo, W. (2017). Perkembangan Keilmuan Teknik Industri Menuju Era Industri 4.0. Seminar Dan Konferensi Nasional Idec, (Issn: 2579-6429), 2579–6429. Retrieved From Http://Idec.Industri.Ft.Uns.Ac.Id/Wp-Content/Uploads/2017/11/Prosiding2017_Id069.Pdf.
_________________________. (2018). Industri 4.0: Telaah Klasifikasi Aspek Dan Arah Perkembangan Riset. Jurnal Teknik Industri Undip, 13. Retrieved From Https://Ejournal.Undip.Ac.Id/Index.Php/Jgti/Article/Viewfile/18369/12865
Supriana, H. (2017). Pengaruh Media Massa Terhadap Citra Partai Politik. Lampung. Retrieved From Http://Repository.Radenintan.Ac.Id/3055/1/Skripsi_Lengkap_Herri.Pdf.
Suwarto, D. (2018). Gerakan Literasi Media Di Indonesia. Rumah Sinema. Retrieved From Https://Www.Researchgate.Net/Publication/324245487_Gerakan_Literasi_Media_Di_Indonesia.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka yang tertunda
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju pada persyaratan berikut ini:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama, dengan pekerjaan [TENTUKAN PERIODE WAKTU] setelah penerbitan secara simultan dengan lisensi di bawah: Creative Commons Attribution License yang memudahkan yang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non-ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).