Kreativitas Sebagai Literasi Media Televisi Di Era 4.0

Authors

  • Iin Soraya Universitas BSI Jakarta
  • Devy Putri Kussanti Universitas BSI Jakarta
  • Susilowati Susilowati Universitas BSI Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.33822/jep.v1i02.957

Keywords:

kreativitas, literasi media televisi, era 4.0

Abstract

Para pelaku industri penyiaran televisi dituntut memiliki kemampuan dalam membuat suatu strategi agar masyarakat tetap tertarik menyaksikan televisi. Literasi dapat diartikan secara sederhana sebagai “kemampuan”, dalam konteks ini kemampuan televisi menciptakan strategi kreatif dalam content, informasi maupun berbagai program siaran yang inovatif. Kajian ini menggunakan metode penelitian dengan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif, menggunakan metode wawancara dan observasi, sehingga dapat menjawab gambaran kreativitas seperti apa yang memungkinkan masyarakat minati saat ini. Hasil penelitian merupakan suatu pandangan yang menyatakan bahwa, content yang memiliki kreativitas menarik akan sangat menggugah minat masyarakat di era 4.0 dalam menonton televisi dan menjadikan segi/sudut pandang content yang paling utama. Hal tersebut dikarenakan content yang menyuguhkan banyak informasi apapun dan dikemas secara sederhana akan terlihat tetap menarik, terlebih jika menampilkan unsur budaya atau content lokal maka akan menambah nilai content tersebut.

References

Esti, L., & Hartanti, P. (2015). Kebijakan Media Televisi Di Era Media Baru. Jurnal Interact, 4(1), 37–46. Retrieved From Http://Ojs.Atmajaya.Ac.Id/Index.Php/Fiabikom/Article/Download/730/590.

Ferry. (2014). Media Televisi Kajian Peran Media Massa Dan Pengaruhnya Bagi Remaja. Peran Media Massa, 14(1), 12. Retrieved From Http://Dinus.Ac.Id/Repository/Docs/Ajar/Article5

Fitryarini, I. (2016). Literasi Media Pada Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman. Jurnal Komunikasi, 8(1), 51–67. Retrieved From Https://Www.Researchgate.Net/Publication/320842107_Literasi_Media_Pada_Mahasiswa_Prodi_Ilmu_Komunikasi_Universitas_Mulawarman_I_Fitryarini_Jurnal_Komunikasi_8_1_51-67

Helys, M. R. &, & Handayani. (2016). Efektifitas Komunikasi Dalam Penggunaan Media Sosial Instagram Sebagai Media Komunikasi Di Kalangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Surakarta. Jurnal Penelitian Dan Kajian Ilmiah Fakultas Ekonomi Universitas Surakarta, 14(2085-2215), 19–24. Retrieved From Http://Ejurnal.Net/Portal/Index.Php/Smooting/Article/Download/1722/1603

Sk, Ishadi (2018), Media Televisi Hadapi Tantangn Di Era Digital (Gloria/ Https://Www.Ugm.Ac.Id/Id/Berita/11575-Industri.Televisi.Hadapi.Tantangan.Di.Era.Digital).

Pertiwi, R. (2014). Aktivitas Komunikasi Tradisinyawerpada Proses Pernikahan Adat Sunda Di Kota Bandung (Studi Etnografi Komunikasi Mengenai Aktivitas Komunikasi Dalam Tradisinyawer Pada Proses Pernikahan Adat Sunda Di Kota Bandung) Ratu Aulia Pertiwi Nim: 41810087. Jurnal Unikom. Retrieved From Http://Elib.Unikom.Ac.Id/Files/Disk1/691/Jbptunikompp-Gdl-Ratuauliap-34536-11-Unikom_R-L.Pdf.

Prasetyo, H., & Sutopo, W. (2017). Perkembangan Keilmuan Teknik Industri Menuju Era Industri 4.0. Seminar Dan Konferensi Nasional Idec, (Issn: 2579-6429), 2579–6429. Retrieved From Http://Idec.Industri.Ft.Uns.Ac.Id/Wp-Content/Uploads/2017/11/Prosiding2017_Id069.Pdf.

_________________________. (2018). Industri 4.0: Telaah Klasifikasi Aspek Dan Arah Perkembangan Riset. Jurnal Teknik Industri Undip, 13. Retrieved From Https://Ejournal.Undip.Ac.Id/Index.Php/Jgti/Article/Viewfile/18369/12865

Supriana, H. (2017). Pengaruh Media Massa Terhadap Citra Partai Politik. Lampung. Retrieved From Http://Repository.Radenintan.Ac.Id/3055/1/Skripsi_Lengkap_Herri.Pdf.

Suwarto, D. (2018). Gerakan Literasi Media Di Indonesia. Rumah Sinema. Retrieved From Https://Www.Researchgate.Net/Publication/324245487_Gerakan_Literasi_Media_Di_Indonesia.

Published

2019-07-23

Issue

Section

Artikel