STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL PADA PELAKU USAHA MIKRO BATIK HASAN DI JAWA BARAT

Authors

  • Elisabeth Charoline Ria Magdalena Telkom University
  • Indra Pamungkas Telkom Univeristy

DOI:

https://doi.org/10.33822/jep.v6i2.5946

Keywords:

strategi, komunikasi, pemasaran digital, umkm, pelaku usaha mikro

Abstract

Usaha Mikro Kecil Menengah ialah sebuah bidang yang mempengaruhi ekonomi penting Indonesia. Kehadirannya menarik di teliti untuk mengetahui perkembangan pelaku usaha mikro dalam mengikuti kemajuan teknologi yang mengharuskan pelaku usaha mikro melek terhadap teknologi. Kendala yang muncul dalam bisnis UMKM tercakup pada banyak hal mulai dari digitalisasi, strategi komunikasi, konten digital dan juga media pendistribusian seperti platform e-commerce. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran secara digital yang dilakukan oleh pelaku Usaha Mikro Batik Hasan dalam memperluas target pasarnya. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan interpretatif. Hasil penelitian ini adalah strategi komunikasi pemasaran digital yang dilakukan oleh pelaku usaha mikro Batik Hasan berupa informasi yang didalamnya berisikan mengenai deskripsi produk seperti detail produk, penetapan harga, bahan dari batik dan warna yang disediakan serta informasi inti lainnya. Strategi komunikasi pemasaran dengan menggunakan media digital yang dilakukan oleh pelaku usaha mikro Batik Hasan belum maksimal dalam penggunaannya. Terlebih pada media marketplace, karena hanya berfokus pada media sosial Instagram dan WhatsApp. Masih terdapat banyak evaluasi yang perlu dilakukan oleh pelaku usaha mikro Batik Hasan dalam strategi komunikasi pemasaran digital yang dilakukan agar kedepannya strategi yang digunakan dapat lebih optimal sehingga memberikan peningkatan dalam perkembangan UMKM Batik Hasan

References

Ayatullah Rosyadi, E. S. Dan K. K. (2020). Komunikasi Pemasaran Sebagai Upaya Pelestarian Kain Batik Sukabumi. 2(10), 1–9.

Badan Litbang Dan Diklat Kemenag Ri. (2020). Kesiapan Pelaku Usaha Terhadap Implementasi Mandatory Uu No. 33 Tahun 2014 (Fauziah & Arief (Eds.); 1st Ed.). Litbangdiklat Press.

Belch, G. E., Belch, M. B., Kerr, G., Powell, I., & Waller, D. (2020). Advertising. An Integrated Marketing Communication Perspective. In Mcgraw-Hill.

Blu Pusat Investigasi Pemerintah. (2022). Pip Dukung Penguatan Kontribusi Umkm Terhadap Ekonomi Indonesia. In Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Pp. 1–1). Https://Pip.Kemenkeu.Go.Id/Id/Data-Publikasi/Berita-Terbaru/123-Pip-Dukung-Penguatan-Kontribusi-Umkm-Terhadap-Ekonomi-Indonesia.Html

Boardman Rosy, Martha Blazuez. Claudia Henninger, D. R. (2019). Social Commerce Consumer Behaviour In Online Environments. In Marketing Theory And Practice. Palgrave Macmillan. Https://Doi.Org/10.1007/978-1-349-24260-3_4

Cangara, H. (2013). Perencanaan & Strategi Komunikasi. Pt. Raja Grafindo Persada.

Cangara, H. (2017). Perencanaan & Strategi Komunikasi (Revisi). Rajawali Pres.

Ivan, M. M. (2022). Berapa Jumlah Umkm Diindonesia? Dataindonesia.Id. Https://Dataindonesia.Id/Sektor-Riil/Detail/Berapa-Jumlah-Umkm-Di-Indonesia

Jabar Digital Service. (2021). Transaksi Digital Jadi Jalan Pintas Selamatkan Umkm Jabar? In Open Data Jabar. Https://Opendata.Jabarprov.Go.Id/Id/Infografik/Transaksi-Digital-Jadi-Jalan-Pintas-Selamatkan-Umkm-Jabar

Kuppelwieser, V. G., & Klaus, P. (2020). Viewpoint: A Primer For Inclusive Service Marketing Theory. Journal Of Services Marketing, 34(6), 749–756. Https://Doi.Org/10.1108/Jsm-04-2020-0128

Laurie, S., & Mortimer, K. (2019). How To Achieve True Integration: The Impact Of Integrated Marketing Communication On The Client/Agency Relationship. Journal Of Marketing Management, 35(3–4), 231–252. Https://Doi.Org/10.1080/0267257x.2019.1576755

Limanseto, H. (2021). Umkm Menjadi Pilar Penting Dalam Perekonomian Indonesia - Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. In Ekon.Go.Id. Https://Ekon.Go.Id/Publikasi/Detail/2969/Umkm-Menjadi-Pilar-Penting-Dalam-Perekonomian-Indonesia

Machfoedz, M. (2010). Komunikasi Pemasaran Modern Acuan Wajib Mahasiswa. Yogyakarta. Cakra Ilmu.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Revisi). Pt. Remaja Rosdakarya.

Morissan. (2019). Riset Kualitatif. Prenada Media Grup.

Muhammad Andi, Bekti Ferdasari, Adeputri Wulandari, R. S. (2021). Komunikasi Pemasaran Terpadu Sebagai Strategi Promosi Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Kerajinan Atap Rumbia Untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Kelurahan Kalawa Kabupaten Pulang Pisau.

Nurhaliza, S. (2022). E-commerce_ Punya Peran Penting Bagi Kemajuan Umkm Di Indonesia - Antara News. Https://Www.Antaranews.Com/Berita/2671649/E-commerce-Punya-Peran-Penting-Bagi-Kemajuan-Umkm-Di-Indonesia

Raden Putra Kurnia Pratomo, Dkk. “Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan Terhadap Kesiapan Berwirausaha Siswa Kelas Xii Pastry Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 9 Bandung”, Dalam Journal Of Business Management Education Vol. 3 No. 2 Juli 2018, H. 70

Ririn, H. (2020). Metodologi Penelitian Sosial. In Alby Jaad Al Haq (Ed.), Trussmedia Grafika (1st Ed., Vol. 1). Trussmedia Grafika.

Stephanie, D. (2019). Digital Marketing All In One For Dummies. In Wiley Brand (Ed.), Simultaneously (6th Ed., Vol. 44, Issue 8). John Wiley & Sons, Inc., 111 River Street, Hoboken, Nj 07030-5774, Www.Wiley.Com. Https://Doi.Org/10.1088/1751-8113/44/8/085201

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Sulistyowati, F. (2021). Strategi Komunikasi Pemerintah Indonesia Dalam Penanganan Covid-19 Pada Majalah Tempo Edisi Maret-Juli 2020. Jurnal Riset Komunikasi, 4(2), 198–214. Https://Doi.Org/10.38194/Jurkom.V4i2.326

Tyo. (2021). Tertinggi Di Indonesia, Transaksi E-commerce Di Jawa Barat Capai Rp15 Triliun. In Idx Channel. Https://Www.Idxchannel.Com/Economics/Tertinggi-Di-Indonesia-Transaksi-E-commerce-Di-Jawa-Barat-Capai-Rp15-Triliun

Published

2023-05-31

Issue

Section

Artikel