STRATEGI PEMASARAN LOSTVINYL BAND DALAM MENINGKATKAN POPULARITAS DI SUMATERA UTARA

Authors

  • Galuh Septian Fajri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Muhammad Husni Ritonga Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.33822/jep.v6i2.5860

Keywords:

Strategi Pemasaran , Karya Musik, Popularitas, LostVinyl

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi, mendeskripsikan, dan menyelidiki bagaimana strategi pemasaran musik band LostVinyl di Sumatera Utara menyebabkan popularitas band ini semakin meningkat di era musik digital. Penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif kualitatif, termasuk prosedur pengumpulan data seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi, di samping strategi untuk menilai validitas data, seperti metode triangulasi data. Dalam penelitian khusus ini, proses analisis data melibatkan reduksi dan tampilan data, serta penarikan kesimpulan dari data. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran karya musik yang dimanfaatkan oleh band LostVinyl di era digital adalah dengan menggunakan dan memaksimalkan media sosial atau metode internet marketing dimana pengguna internet mendominasi dalam pemasaran, yang kini ramai dan mudah diakses oleh banyak orang. Penelitian ini dicapai dengan menggunakan strategi pemasaran internet di mana pengguna media sosial mendominasi dalam pemasaran. Teknik-teknik ini meliputi: (1) penggunaan media sosial dalam promosi, seperti YouTube dan Instagram; (2) pembuatan konten content marketing untuk materi promosi yang akan diletakkan di media sosial, seperti blog, podcast, dan video; dan (3) penggunaan pemasaran konten dalam kombinasi dengan strategi promosi lainnya. (3) Platform media sosial yang digunakan untuk mobile marketing harus mudah diakses melalui smartphone dan memiliki basis pengguna yang besar untuk memastikan bahwa audiens yang dituju tercapai dan bahwa tujuan pemasaran yang dimaksud tercapai.

References

Asriyani, N., & Rachman, A. (2019). Enkulturasi Musik Keroncong oleh O.K Gema Kencana Melalui Konser Tahunan di Banyumas. Musikolastika: Jurnal Pertunjukan dan Pendidikan Musik, 1(2), 74–86. https://doi.org/10.24036/MUSIKOLASTIKA.V1I2.27

Chaupal, P., & Rajendran, P. (2023). A review on recent developments in vibration-based damage identification methods for laminated composite structures: 2010–2022. Composite Structures, 311, 116809. https://doi.org/10.1016/J.COMPSTRUCT.2023.116809

Danil, E. (2021). Korupsi: Konsep, Tindak Pidana Dan Pemberantasannya - Rajawali Pers. Diambil dari https://books.google.co.id/books/about/Korupsi_Konsep_Tindak_Pidana_Dan_Pembera.html?id=7PUbEAAAQBAJ&redir_esc=y

Dien, M. E., Esna, J., & Radjabaycolle, T. (2020). Analisis Kualitas Website Dan Channel Youtube Gereja Katolik Paroki St Maria Bintang Laut Ambon Sebagai Media Komunikasi Dan Pelayanan Di Masa Pandemi Covid-19 Dengan Metode Webqual 4.0. JURNAL EKONOMI, SOSIAL & HUMANIORA, 2(02), 46–54. Diambil dari https://jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/283

Eka, R., Putra, K., Rachman, A., Raharjo, E., & Suharto, &. (2021). Interaksi Simbolik Pada Pertunjukan Musik Keroncong oleh Orkes Keroncong Gunung Jati New Musik di Stasiun Tawang Semarang. Gondang: Jurnal Seni dan Budaya, 5(1), 30–39. https://doi.org/10.24114/GONDANG.V5I1.19996

Farida, & Ning, S. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Produk Kain Shibori pada Umkm Arafa Surabaya Berbasis Marketing Mix. Jurnal Bisnis Indonesia, 14(1). https://doi.org/10.33005/JBI.V14I1.3796

Fatah, S. (2021). Strategi Pemasaran melalui E-Commerce dalam Peningkatan Pendapatan Rumah Makan Pondok Asmara Pak Jamal.

Fitriansyah, F. (2018). Efek Komunikasi Massa Pada Khalayak (Studi Deskriptif Pengguna Media Sosial dalam Membentuk Perilaku Remaja. Cakrawala : Jurnal Humaniora Bina Sarana Informatika, 18(2), 171–178. https://doi.org/10.31294/JC.V18I2.4228

Fitriansyah, F., & Aryadillah. (2020). Penggunaan Telegram Sebagai Media Komunikasi Dalam Pembelajaran Online. Cakrawala : Jurnal Humaniora Bina Sarana Informatika, 20(2), 111–117. https://doi.org/10.31294/JC.V20I2.8935

Ghafara, G. F. (2016). Promosi Lagu-Lagu Band Indie Indonesia melalui Media Radio Streaming “Ruru Radio.” Diambil dari http://lib.unair.ac.id

Gunawan, E. (2020). Komposisi Gendrang Kecapi Musik Gendong-Gendong di Desa Barambang Kecamatan Sinjai Borong Kabupaten Sinjai.

Guslan, A. (2016). Analisis Strategi Saluran Pemasaran Usaha Budidaya Udang Windu di Desa Pegat Batumbuk Kecamatan Pulau Derawan Kabupaten Berau. eJournal Administrasi Bisnis, 4(4), 975–989.

Handika, M., & Darma, G. (2018). Strategi Pemasaran Bisnis Kuliner Menggunakan Influencer Melalui Media Sosial Instagram. Jurnal Manajemen Bisnis, 15(2), 192–203. https://doi.org/10.38043/JMB.V15I2.601

Haryadi, H., Etik, Sony, U., & Dhora, T. (2021). Competitiveness and export development strategy for Indonesia’s creative economy sector in the ASEAN market. Jurnal Perspektif Pembiayaan dan Pembangunan Daerah, 9(2), 127–138. https://doi.org/10.22437/ppd.v9i2.11832

Hery, I. B., & Permadi, Y. (2021). Adaptasi Pengembangan Pola Kotekan Gamelan Bali dalam Permainan Gitar Klasik. Journal of Music Science, Technology, and Industry, 4(2), 293–305. Diambil dari https://jurnal.isi-dps.ac.id/index.php/jomsti/article/view/1799

I, I. (2015). Refleksi Psikologi Musik dalam Perilaku Masyarakat Sehari-Hari. Humanus: Jurnal Ilmiah Ilmu-ilmu Humaniora, 14(2), 152–157. https://doi.org/10.24036/jh.v14i2.5681

Jannatin, R., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebriyanto, A. (2020). Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 119–130. https://doi.org/10.31961/IMPACT.V2I2.844

Kusnadi, I., & Maria, M. (2021). Literasi Keuangan Masyarakat Tentang Perbankan Syariah: Sebuah Pendekatan Manajemen Pemasaran. Cross-border, 4(1), 44–51. Diambil dari https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/Cross-Border/article/view/476

Labaso, S. (2018). Penerapan Marketing Mix sebagai Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan di MAN 1 Yogyakarta. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 289–311. https://doi.org/10.14421/MANAGERIA.2018.32-05

Muhamim, A. (2017). Analisis Strategi Affiliate Marketing Terhadap Tingkat Penjualan Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Butik Zoya Cabang Kedaton Bandar Lampung).

Nuraeni, L. (2017). Strategi Bauran Pemasaran Usaha Kecil Keripik Bhineka Di Desa Belendung Kecamatan Purwadadi Kabupaten Subang. Economic Education Analysis Journal, 6(2), 647–655. Diambil dari https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/16453

Nuzuli, A. K. (2020). Spasialisasi Sony Music Entertainment Indonesia. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 17(1), 123–138. https://doi.org/10.24002/JIK.V17I1.1539

Permatasary, N. R., & Indriyanto, R. (2016). Interaksi Sosial Penari Bujangganong Pada Sale Creative Community Di Desa Sale Kabupaten Rembang. Jurnal Seni Tari, 5(1). https://doi.org/10.15294/JST.V5I1.9635

Purnomo, A. R. (2018). Strategi pemasaran pada toko rahayu dalam meningkatkan jumlah penjualan barang jalan Yos Sudarso kota Palangkaraya.

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan media sosial sebagai media promosi. Jurnal Common, 3(1), 71–80. https://doi.org/10.34010/COMMON.V3I1.1950

Putra, A. P., Kurnia, D., & Putra, S. (2018). Digital Marketing Band Indie Rosemary. eProceedings of Management, 5(1). Diambil dari https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/6202

Qausar, D. A. Al. (2019). Musik Silat Pangian (Gondang Siamo) Dalam Upacara Pernikahan Di Kelurahan Tebing Tinggi Okura Kecamatan Rumbai Pesisir Kota Pekanbaru.

Renanda, D. O. (2016). Strategi Bauran Promosi dalam Sosialisasi Lagu Anak: Studi Kasus Album Penyanyi Cilik Naura. JURNAL TATA KELOLA SENI, 2(1), 91–108. https://doi.org/10.24821/JTKS.V2I1.1817

Retnasary, M., Purba, V., & Saputra, M. D. S. (2019). Strategi Komunikasi Komunitas Gurat dalam Melestarikan Seni Lukis di Desa Jelekong. Journalism, Public Relation and Media Communication Studies Journal (JPRMEDCOM), 1(1), 34–49. https://doi.org/10.35706/JPRMEDCOM.V1I1.3115

Rusdi, M. (2019). Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan pada Perusahaan Genting UD. Berkah Jaya. Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis, 6(2), 83–88. https://doi.org/10.21107/JSMB.V6I2.6686

Sumahar, M. P. (2014). Analisis Wacana Dominasi Major Label Pada Industri Musik Indonesia Dari Band Efek Rumah Kaca. Commonline Departemen Komunikasi, 3(2), 182–196.

Untari, D., & Fajariana, D. E. (2018). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun @Subur_Batik). Widya Cipta: Jurnal Sekretari dan Manajemen, 2(2), 271–278. https://doi.org/10.31294/WIDYACIPTA.V2I2.4387

Yelli, N., Heryanto, A. H. A., & Utami, S. A. (2022). Bentuk Penyajian Musik Talempong Goyang di Sanggar Carano Kota Palembang. Besaung : Jurnal Seni Desain dan Budaya, 7(1). https://doi.org/10.36982/JSDB.V7I1.2028

Yuliana, A. (2020). Elemen Visual Desain Sampul Piringan Hitam Album Keroncong Produksi Lokananta Tahun 1959-1971. (Doctoral dissertation, ISI SURAKARTA).

Zaenul Arifin, M., & Hasman Nugraha, D. (2022). Efektivitas Algoritma Youtube Sebagai Kunci Keberhasilan Penyebaran Informasi dan Dakwah Islam Melalui Media Online (Studi terhadap komunitas Youtuber di Pati Jawa Tengah). QULUBANA: Jurnal Manajemen Dakwah, 2(2), 133–145. https://doi.org/10.54396/QLB.V2I2.299

Zakariah, M. A., Afriani, V., & Zakariah, K. M. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Action Research, Research and.

Published

2023-05-31

Issue

Section

Artikel