STRATEGI PEMASARAN LOSTVINYL BAND DALAM MENINGKATKAN POPULARITAS DI SUMATERA UTARA
DOI:
https://doi.org/10.33822/jep.v6i2.5860Keywords:
Strategi Pemasaran , Karya Musik, Popularitas, LostVinylAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi, mendeskripsikan, dan menyelidiki bagaimana strategi pemasaran musik band LostVinyl di Sumatera Utara menyebabkan popularitas band ini semakin meningkat di era musik digital. Penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif kualitatif, termasuk prosedur pengumpulan data seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi, di samping strategi untuk menilai validitas data, seperti metode triangulasi data. Dalam penelitian khusus ini, proses analisis data melibatkan reduksi dan tampilan data, serta penarikan kesimpulan dari data. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran karya musik yang dimanfaatkan oleh band LostVinyl di era digital adalah dengan menggunakan dan memaksimalkan media sosial atau metode internet marketing dimana pengguna internet mendominasi dalam pemasaran, yang kini ramai dan mudah diakses oleh banyak orang. Penelitian ini dicapai dengan menggunakan strategi pemasaran internet di mana pengguna media sosial mendominasi dalam pemasaran. Teknik-teknik ini meliputi: (1) penggunaan media sosial dalam promosi, seperti YouTube dan Instagram; (2) pembuatan konten content marketing untuk materi promosi yang akan diletakkan di media sosial, seperti blog, podcast, dan video; dan (3) penggunaan pemasaran konten dalam kombinasi dengan strategi promosi lainnya. (3) Platform media sosial yang digunakan untuk mobile marketing harus mudah diakses melalui smartphone dan memiliki basis pengguna yang besar untuk memastikan bahwa audiens yang dituju tercapai dan bahwa tujuan pemasaran yang dimaksud tercapai.
References
Asriyani, N., & Rachman, A. (2019). Enkulturasi Musik Keroncong oleh O.K Gema Kencana Melalui Konser Tahunan di Banyumas. Musikolastika: Jurnal Pertunjukan dan Pendidikan Musik, 1(2), 74–86. https://doi.org/10.24036/MUSIKOLASTIKA.V1I2.27
Chaupal, P., & Rajendran, P. (2023). A review on recent developments in vibration-based damage identification methods for laminated composite structures: 2010–2022. Composite Structures, 311, 116809. https://doi.org/10.1016/J.COMPSTRUCT.2023.116809
Danil, E. (2021). Korupsi: Konsep, Tindak Pidana Dan Pemberantasannya - Rajawali Pers. Diambil dari https://books.google.co.id/books/about/Korupsi_Konsep_Tindak_Pidana_Dan_Pembera.html?id=7PUbEAAAQBAJ&redir_esc=y
Dien, M. E., Esna, J., & Radjabaycolle, T. (2020). Analisis Kualitas Website Dan Channel Youtube Gereja Katolik Paroki St Maria Bintang Laut Ambon Sebagai Media Komunikasi Dan Pelayanan Di Masa Pandemi Covid-19 Dengan Metode Webqual 4.0. JURNAL EKONOMI, SOSIAL & HUMANIORA, 2(02), 46–54. Diambil dari https://jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/283
Eka, R., Putra, K., Rachman, A., Raharjo, E., & Suharto, &. (2021). Interaksi Simbolik Pada Pertunjukan Musik Keroncong oleh Orkes Keroncong Gunung Jati New Musik di Stasiun Tawang Semarang. Gondang: Jurnal Seni dan Budaya, 5(1), 30–39. https://doi.org/10.24114/GONDANG.V5I1.19996
Farida, & Ning, S. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Produk Kain Shibori pada Umkm Arafa Surabaya Berbasis Marketing Mix. Jurnal Bisnis Indonesia, 14(1). https://doi.org/10.33005/JBI.V14I1.3796
Fatah, S. (2021). Strategi Pemasaran melalui E-Commerce dalam Peningkatan Pendapatan Rumah Makan Pondok Asmara Pak Jamal.
Fitriansyah, F. (2018). Efek Komunikasi Massa Pada Khalayak (Studi Deskriptif Pengguna Media Sosial dalam Membentuk Perilaku Remaja. Cakrawala : Jurnal Humaniora Bina Sarana Informatika, 18(2), 171–178. https://doi.org/10.31294/JC.V18I2.4228
Fitriansyah, F., & Aryadillah. (2020). Penggunaan Telegram Sebagai Media Komunikasi Dalam Pembelajaran Online. Cakrawala : Jurnal Humaniora Bina Sarana Informatika, 20(2), 111–117. https://doi.org/10.31294/JC.V20I2.8935
Ghafara, G. F. (2016). Promosi Lagu-Lagu Band Indie Indonesia melalui Media Radio Streaming “Ruru Radio.” Diambil dari http://lib.unair.ac.id
Gunawan, E. (2020). Komposisi Gendrang Kecapi Musik Gendong-Gendong di Desa Barambang Kecamatan Sinjai Borong Kabupaten Sinjai.
Guslan, A. (2016). Analisis Strategi Saluran Pemasaran Usaha Budidaya Udang Windu di Desa Pegat Batumbuk Kecamatan Pulau Derawan Kabupaten Berau. eJournal Administrasi Bisnis, 4(4), 975–989.
Handika, M., & Darma, G. (2018). Strategi Pemasaran Bisnis Kuliner Menggunakan Influencer Melalui Media Sosial Instagram. Jurnal Manajemen Bisnis, 15(2), 192–203. https://doi.org/10.38043/JMB.V15I2.601
Haryadi, H., Etik, Sony, U., & Dhora, T. (2021). Competitiveness and export development strategy for Indonesia’s creative economy sector in the ASEAN market. Jurnal Perspektif Pembiayaan dan Pembangunan Daerah, 9(2), 127–138. https://doi.org/10.22437/ppd.v9i2.11832
Hery, I. B., & Permadi, Y. (2021). Adaptasi Pengembangan Pola Kotekan Gamelan Bali dalam Permainan Gitar Klasik. Journal of Music Science, Technology, and Industry, 4(2), 293–305. Diambil dari https://jurnal.isi-dps.ac.id/index.php/jomsti/article/view/1799
I, I. (2015). Refleksi Psikologi Musik dalam Perilaku Masyarakat Sehari-Hari. Humanus: Jurnal Ilmiah Ilmu-ilmu Humaniora, 14(2), 152–157. https://doi.org/10.24036/jh.v14i2.5681
Jannatin, R., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebriyanto, A. (2020). Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 119–130. https://doi.org/10.31961/IMPACT.V2I2.844
Kusnadi, I., & Maria, M. (2021). Literasi Keuangan Masyarakat Tentang Perbankan Syariah: Sebuah Pendekatan Manajemen Pemasaran. Cross-border, 4(1), 44–51. Diambil dari https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/Cross-Border/article/view/476
Labaso, S. (2018). Penerapan Marketing Mix sebagai Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan di MAN 1 Yogyakarta. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 289–311. https://doi.org/10.14421/MANAGERIA.2018.32-05
Muhamim, A. (2017). Analisis Strategi Affiliate Marketing Terhadap Tingkat Penjualan Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Butik Zoya Cabang Kedaton Bandar Lampung).
Nuraeni, L. (2017). Strategi Bauran Pemasaran Usaha Kecil Keripik Bhineka Di Desa Belendung Kecamatan Purwadadi Kabupaten Subang. Economic Education Analysis Journal, 6(2), 647–655. Diambil dari https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/16453
Nuzuli, A. K. (2020). Spasialisasi Sony Music Entertainment Indonesia. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 17(1), 123–138. https://doi.org/10.24002/JIK.V17I1.1539
Permatasary, N. R., & Indriyanto, R. (2016). Interaksi Sosial Penari Bujangganong Pada Sale Creative Community Di Desa Sale Kabupaten Rembang. Jurnal Seni Tari, 5(1). https://doi.org/10.15294/JST.V5I1.9635
Purnomo, A. R. (2018). Strategi pemasaran pada toko rahayu dalam meningkatkan jumlah penjualan barang jalan Yos Sudarso kota Palangkaraya.
Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan media sosial sebagai media promosi. Jurnal Common, 3(1), 71–80. https://doi.org/10.34010/COMMON.V3I1.1950
Putra, A. P., Kurnia, D., & Putra, S. (2018). Digital Marketing Band Indie Rosemary. eProceedings of Management, 5(1). Diambil dari https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/6202
Qausar, D. A. Al. (2019). Musik Silat Pangian (Gondang Siamo) Dalam Upacara Pernikahan Di Kelurahan Tebing Tinggi Okura Kecamatan Rumbai Pesisir Kota Pekanbaru.
Renanda, D. O. (2016). Strategi Bauran Promosi dalam Sosialisasi Lagu Anak: Studi Kasus Album Penyanyi Cilik Naura. JURNAL TATA KELOLA SENI, 2(1), 91–108. https://doi.org/10.24821/JTKS.V2I1.1817
Retnasary, M., Purba, V., & Saputra, M. D. S. (2019). Strategi Komunikasi Komunitas Gurat dalam Melestarikan Seni Lukis di Desa Jelekong. Journalism, Public Relation and Media Communication Studies Journal (JPRMEDCOM), 1(1), 34–49. https://doi.org/10.35706/JPRMEDCOM.V1I1.3115
Rusdi, M. (2019). Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan pada Perusahaan Genting UD. Berkah Jaya. Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis, 6(2), 83–88. https://doi.org/10.21107/JSMB.V6I2.6686
Sumahar, M. P. (2014). Analisis Wacana Dominasi Major Label Pada Industri Musik Indonesia Dari Band Efek Rumah Kaca. Commonline Departemen Komunikasi, 3(2), 182–196.
Untari, D., & Fajariana, D. E. (2018). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun @Subur_Batik). Widya Cipta: Jurnal Sekretari dan Manajemen, 2(2), 271–278. https://doi.org/10.31294/WIDYACIPTA.V2I2.4387
Yelli, N., Heryanto, A. H. A., & Utami, S. A. (2022). Bentuk Penyajian Musik Talempong Goyang di Sanggar Carano Kota Palembang. Besaung : Jurnal Seni Desain dan Budaya, 7(1). https://doi.org/10.36982/JSDB.V7I1.2028
Yuliana, A. (2020). Elemen Visual Desain Sampul Piringan Hitam Album Keroncong Produksi Lokananta Tahun 1959-1971. (Doctoral dissertation, ISI SURAKARTA).
Zaenul Arifin, M., & Hasman Nugraha, D. (2022). Efektivitas Algoritma Youtube Sebagai Kunci Keberhasilan Penyebaran Informasi dan Dakwah Islam Melalui Media Online (Studi terhadap komunitas Youtuber di Pati Jawa Tengah). QULUBANA: Jurnal Manajemen Dakwah, 2(2), 133–145. https://doi.org/10.54396/QLB.V2I2.299
Zakariah, M. A., Afriani, V., & Zakariah, K. M. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Action Research, Research and.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Galuh Septian Fajri, Muhammad Husni Ritonga
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka yang tertunda
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju pada persyaratan berikut ini:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama, dengan pekerjaan [TENTUKAN PERIODE WAKTU] setelah penerbitan secara simultan dengan lisensi di bawah: Creative Commons Attribution License yang memudahkan yang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non-ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).