PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP EFEKTIVITAS DAKWAH

Studi Pada Followers Akun Instagram @Hanan_attaki

Authors

  • Tiste Putri Arini Telkom University
  • Ratih Sudradjat Telkom University

DOI:

https://doi.org/10.33822/jep.v6i2.5849

Keywords:

penggunaan media sosial, efektivitas, dakwah

Abstract

Kehadiran media sosial dapat mempengaruhi lifestyle dan mindset masyarakat khususnya generasi muda. Dari beragam informasi yang didapatkan melalui media sosial, salah satu yang dapat diterapkan yakni kegiatan berdakwah. Dalam menerapkan kegiatan tersebut komunikasi diperlukan sebuah efek atau perubahan pada komunikan yang bisa terjadi bukan hanya satu orang melainkan banyak orang. Penelitian ini menggunakan media sosial Instagram yang dilakukan ustadz Hanan Attaki dalam berdakwah. Studi ini tujuannya guna mencari tahu pengaruh penggunaan media sosial terhadap efektivitas dakwah (studi pada followers akun Instagram @hanan_attaki). Metode penelitian yang dipakai yakni kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Di studi ini digunakan teknik Purposive Sampling untuk pengambilan keputusan dengan jumlah responden ada 400 orang. Hasil penelitian menunjukkan nilai R square sebesar 25%, sebaliknya 75% sisanya terpengaruh variabel lain. Hasil uji parsial (t) juga memperoleh hasil thitung (11,510) > ttabel (1,649) dan nilai signifikansi 0.00 < 0,05, yang berarti ada pengaruh penggunaan media sosial terhadap efektivitas dakwah (studi pada followers akun Instagram @hanan_attaki). Maka, H0 ditolak dan H1 diterima.

References

Afif Abdul Rosid, A. Y. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Efektivitas Dakwah (Studi kasus Akun Instagram @kajian.ustadz.abdulsomad). Hikmah - Jurnal Ilmu Dakwah Dan Komunikasi Islam, Vol 14, no, 3. https://doi.org/10.24952/hik.v14i1.2178

Anton Widodo, F. (2019). Dakwah Islam di Era Revolusi Industri 4.0. Khabar (Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam), Vol. 1, No, 51. https://doi.org/10.37092/khabar.v1i1.120

Bayu, D. (2022). Remaja Paling Banyak Gunakan Internet di Indonesia pada 2022. 13 Juni. https://dataindonesia.id/digital/detail/remaja-paling-banyak-gunakan-internet-di-indonesia-pada-2022

Fajar, M. (2019). Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktik. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=688779

M. Ridwan, Nurdin, F. (2019). Pengaruh Dakwah di Instagram terhadap Keagamaan Mahasiwa. Al-Mishbah: Jurnal Ilmu Dakwah Dan Komunikasi, Vol.15, No, 3, 7. https://doi.org/https://doi.org/10.24239/al-mishbah.Vol15.Iss2.163

Mahdi, M. I. (2022). Pengguna Media Sosial di Indonesia Capai 191 Juta pada 2022. Febuari 25. https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-capai-191-juta-pada-2022

Riyanto, A. D. (2022). Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2022. https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2022/

Shazrin Daniyah Khansa, K. Y. S. P. (2022). Pengaruh Sosial Media Tiktok Terhadap Gaya Hidup Remaja. Ekspresi Dan Persepsi: Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol.5, No., 135. https://doi.org/https://doi.org/10.33822/jep.v5i1.3939

Statistics Survey Center Independent. (2016). Apa Itu Survei. https://scsi.scundip.org/2016/08/08/pengertian-survei/#:~:text=Survei adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pertanyaan terstruktur,jawaban yang diperoleh peneliti dicatat%2C diolah%2C dan dianalisis.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Usamah Jundu Rohman, A. E. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Efektivitas Pesan Dakwah Pada Majelis Mulazamah Mahasiswa Mush’ab Bin Umairdi Surakarta Tahun 2022. Jurnal Inovasi Penelitian, Vol. 3, No, 5309. https://doi.org/https://doi.org/10.47492/jip.v3i3.1858

Yuniar Eka Putri, Funny Mustikasari Elita, I. G. (2023). Pengaruh Media Sosial Instagram @BPS_Statistics Terhadap Ekuitas Merek Badan Pusat Statistik. Ekspresi Dan Persepsi: Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol.6, No., 18. https://doi.org/https://doi.org/10.33822/jep.v6i1.4383

Zahara Fadila, Taqwin, Masita Ketut, N. A. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif (N. Saputra (ed.)). Yayasan Penerbit Muhammad Zaini. https://www.researchgate.net/publication/370561251_METODOLOGI_PENELITIAN_KUANTITATIF

Zakky. (2020). Pengertian Media Sosial | Definisi, Ciri-Ciri, Fungsi, Jenis-Jenis, Contoh. 14 Juli. https://www.zonareferensi.com/pengertian-media-sosial/

Published

2023-05-31

Issue

Section

Artikel