STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE PADA HOTEL ARUSS SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.33822/jep.v6i2.5846Keywords:
brand image, hotel, relation, strategiAbstract
Tingkat persaingan yang ketat pada bisnis perhotelan di Kota Semarang memaksa setiap hotel meningkatkan fasilitas dan memberikan pelayanan terbaik. Terlebih ketika Indonesia diterpa pandemi Covid-19 yang menahan pergerakan masyarakat. Hal ini menjadi tantangan Hotel Aruss Semarang yang baru memulai pembangunan pada pertengahan tahun 2019. Selain berusaha menandingi atau bahkan memenangkan persaingan tersebut, sebagai hotel baru Independent tantangan utama Hotel Aruss untuk dikenal masyarakat luas dan memiliki citra merek atau brand image yang kuat. Akan hal itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi public relations yang diterapkan Hotel Aruss dan dampaknya terhadap citra merek atau brand image Hotel Aruss sendiri. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, melalui proses wawancara, observasi serta dokumentasi. Narasumber dalam penelitian adalah manajemen dan konsumen Hotel Aruss. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hotel Aruss menerapkan tahapan strategi public relations mulai dari riset, melakukan perencanaan dengan sudut pandang sebagai konsumen, meningkatkan proses komunikasi dan kemampuan mendengar terhadap konsumen, menjalankan proses evaluasi serta monitoring seluruh kegiatan Hotel Aruss. Penerapan strategi tersebut berdampak pada peningkatan citra perusahaan sebagai hotel modern bintang 4 terbaik di Kota Semarang, membangun citra konsumen sebagai hotel yang menjadi base artis ternama di Indonesia, serta menjaga citra produk dengan memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.
References
Ady, G. (2016). Strategi Public Relation Hotel Phoenix Yogyakarta Dalam Membangun Citra Sebagai Hotel Heritage.
Andrini, Susi. Rahmadani, F. (2021). Strategi Public Relation Dalam Membangun Citra Perusahaan Melalui Pameran Indonesia International Motor Show (IMS). Jurnal Audience, 38–59.
Annissa, T. (2021). PENGARUH BRAND IMAGE DAN SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN HOTEL MERCURE BANDUNG CITY CENTRE. 3(March), 6.
Arifin, M., Ibrahim, A., & Nur, M. (2019). Integration of supply chain management and tourism: An empirical study from the hotel industry of Indonesia. Management Science Letters, 9(2), 261–270. https://doi.org/10.5267/j.msl.2018.11.013
Arikunto, S. (1998). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. PT. Rineka Cipta.
Azzahra, F., & Soemardjo, H. A. (2022). Strategi Public Relations dalam Membangun Brand Image “Kopi Janji Jiwa” di Instagram. Seminar Nasional Pariwisata Dan Kewirausahaan (SNPK), 1, 203–210. https://doi.org/10.36441/snpk.vol1.2022.40
Bachri, B. . (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. Teknologi Pendidikan, 10, 46–62.
Batoebara, M. U., & Zebua, D. (2021). PERAN PUBLIC RELATIONS DALAM MENINGKATKAN CITRA POSITIF HOTEL SANTIKA PREMIERE DYANDRA MEDAN. 2, 20–39.
Cahyani, I., Sembadha, W., & Wadu, R. M. (2023). Peran Citizen Marketers Dalam Membangun Brand Lokal Indonesia di Era Digital. Ekspresi Dan Persepsi : Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 62–75.
Gunawan, S. (2020). Analisis Hybrid Advertising: Vehicle Branding, Brand Awareness dan Purchase Intention Tokopedia. Jurnal Strategi Pemasaran. http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-pemasaran/article/view/11353%0Ahttp://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-pemasaran/article/viewFile/11353/10013
Hendra, S. (2022). Hotel Aruss Semarang Raih Rekor Muri, Miliki Lintasan Lari dan Ruang Pertemuan Tertinggi di Indonesia. 27 Juni. https://www.suaramerdeka.com/semarang-raya/pr-043754174/hotel-aruss-semarang-raih-rekor-muri-miliki-lintasan-lari-dan-ruang-pertemuan-tertinggi-di-indonesia
Ikhsandi, M. R. H., Ramadan, Z. H., & Riau, U. I. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar. 5(3), 1312–1320.
Leung, X. Y., Bai, B., & Erdem, M. (2017). Hotel social media marketing: a study on message strategy and its effectiveness. Journal of Hospitality and Tourism Technology, 8(2), 239–255. https://doi.org/10.1108/JHTT-02-2017-0012
Maharani, D. P. (2018). Peranan Public Relation Dalam Membangun Citra Melalui Penyelenggaraan Event-Event Di Hotel Kusuma Sahid Prince Surakarta. Digilib.Uns.Ac.Id.
Prasasti, R., Rosadi, T., Pariwisata, A., & Banjarmasin, N. (2021). Peran Dan Strategi Sales & Marketing Department Pada Kegiatan Sales Call Dalam Pemasaran Produk Di Amaris Hotel Banjar. Jurnal Sosial Pariwisata, 02(02), 148–162.
Puspitasari, D., & Nasrullah, R. (2023). Marketing Public Relations Pasar Tani Kementerian Pertanian. Ekspresi Dan Persepsi : Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 108–115. https://doi.org/10.33822/jep.v6i1.4654
Putri, R. A., & Sari, M. (2020). STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM UPAYA MEMBANGUN CITRA PT . PRUDENTIAL LIFE ASSURANCE. 3(2), 159–166.
Putri, Y. E., Elita, F. M., Gemiharto, I., Komunikasi, F. I., & Padjadjaran, U. (2023). PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @ BPS _STATISTICS TERHADAP EKUITAS MEREK BADAN PUSAT STATISTIK. Ekspresi Dan Persepsi : Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 17–31.
Rahmadani, C. A. (2019). Pengaruh Brand Image, Service Quality Dan Trust Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah Bank BRI Yogyakarta [Universitas Islam Indonesia]. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/16391
Semarang, B. P. S. K. (2021). Jumlah Hotel, Jumlah Kamar dan Jumlah Tempat Tidur pada Hotel Berbintang di Kota Semarang, 2019. 16 Juni. https://semarangkota.bps.go.id/statictable/2021/06/16/199/jumlah-hotel-jumlah-kamar-dan-jumlah-tempat-tidur-pada-hotel-berbintang-di-kota-semarang-2019.html
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. alfabeta.
Sujanto, R. Y. (2018). Strategi Komunikasi Sosial Komunitas Pelapak Bukalapak. CHANNEL: Jurnal Komunikasi, 6(1), 106. https://doi.org/10.12928/channel.v6i1.10216
sulastiyono, a. (2011). Manajemen penyelenggaraan hotel. alfabeta.
Tamara, J., & Setyano, Y. (2018). Strategi Public Relations Dalam Membangun Brand Image Jamu (Studi pada Suwe Ora Jamu Kedai Jamu & Kopi). Prologia Vol.2, No. 2, 377–384.
Utomo, I. W. (2017). PENGARUH BRAND IMAGE, BRAND AWARENESS, DAN BRAND TRUST TERHADAP BRAND LOYALTY PELANGGAN ONLINE SHOPPING (Studi Kasus Karyawan Di BSI Pemuda). Komunikasi, VIII(1), 78. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jkom/article/view/2327/1607
Wijaya, I. S., & Al Amin, M. (2020). Strategi Public Relations dalam Pengembangan Brand Image Sekolah di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Kota Samarinda. Lentera, 4(2), 152–169. https://doi.org/10.21093/lentera.v4i2.3126
Yosephine, M., & Diniati, A. (2021). Strategi public relations Sinar Mas Land dalam membangun brand image perusahaan. PRofesi Humas Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 5(2), 208. https://doi.org/10.24198/prh.v5i2.26220
Zulfikri, A. (2018). Strategi Public Relations PT RAPP Dalam Membangun Citra Positif Perusahaan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ardian Dwi N, Rahmawati Zulfiningrum
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka yang tertunda
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju pada persyaratan berikut ini:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama, dengan pekerjaan [TENTUKAN PERIODE WAKTU] setelah penerbitan secara simultan dengan lisensi di bawah: Creative Commons Attribution License yang memudahkan yang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non-ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).