EKSPOSUR KOMUNIKASI POLITIK JOKO WIDODO TERHADAP GENERASI MILENIAL PADA PEMILIHAN UMUM

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33822/jep.v6i3.5544

Keywords:

Joko Widodo, Milenial, Pemilu, Komunikasi, Politik

Abstract

Abstrak. Generasi milenial memiliki suara menentukan dalam pemilihan umum. Pada 2019, daftar pemilih tetap (DPT) mencapai 196,5 juta orang yang berhak memberikan suara. Pada tahun itu, pemilih milenial atau muda mencapai 100 juta orang, dengan rentang usi 17-35 tahun. Secara matematis, suara milenial memiliki pengaruh yang signifikan. Tak heran bila akhirnya, para elit politik mengatur strategi agar meraih suara milenial. Salah satu diantaranya adalah Presiden Joko Widodo yang memahami hal tersebut dan melakukan eksposur yang khas pada kalangan milenial. Sebagai seorang politikus, Joko Widodo menerapkan segala potensi yang dimilikinya untuk meraih dukungan sebanyak-banyaknya. Penelitian ini untuk mengungkap seperti apa langkah Joko Widodo dalam membentuk kedekatan dengan generasi muda. Serta aktivitas dan simbol-simbol apa saja yang ditunjukkan oleh Joko Widodo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif bersifat eksplanatori. Data dan informasi yang didapat melalui studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas Joko Widodo sebagai bentuk komunikasi kepada publik, bersifat unik, berbeda dari politikus lainnya, dan mendobrak kebiasaan umum. Joko Widodo juga identik dengan anak muda dengan selera yang dipilihnya, seperti musik, film dan olahraga. Hal itu membuat Joko Widodo dekat secara emosional dengan anak muda. Penelitian ini juga menyimpulkan, bahwa perang gagasan serta kreativitas di media sosial menentukan hasil keseluruhan dari persaingan politik.

References

Ali, H dan Purwandi, L. (2017). Milenial Nusantara. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Almond, G. D. (1976). Comparative Politics: A Developmental Approach. New Delhi: Oxford &

IBH Publishing Company.

Amala, I.A. & Riyantini, R. (2019). Pengaruh Terpaan Pemberitaan Sandiaga Uno di Media

Online Terhadap Sikap Masyarakat (Survei di Kelurahan Tanah Baru, Depok). Ekspresi & Persepsi: Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. 1, No. 2, Hal. 72-81.

Bayu, D. J. (2018, Agustus 22). Jokowi dan Sandi Saling Berebut Suara Milenial di Pilpres

Retrieved Juni 13, 2020, from https://katadata.co.id/yuliawati/berita/5e9a55dd309a6/jokowi-dan-sandi-saling-berebut-suara-milenial-di-pilpres-2019

Borg, R. W. (1989). Educational Research: An Introduction Fifth Edition. New York: Longman.

Dahlberg & Siapera. (2007). Radical Democracy and the Internet Interrogating Theory and

Practice. New York: Palgrave Macmillan.

Diani, P. (2018, Agustus 22). Antara Jokowi, Moge dan Kaum Milenial. Retrieved Mei 26, 2020,

from https://seword.com/umum/antara-jokowi-moge-dan-kaum-milenial-lIj5X4SgS

Haris. (2019). Komunikasi Generasi Millenial dalam Merespon Tagar 2019 Ganti Presiden.

Aspirasi Jurnal Ilmu Politik Universitas Tanjungpura, Vol. 7 & No. 1, Hal. 1-20, DOI: http://dx.doi.org/10.26418%2F2529

Harknett, Richard J. & Smeets, Max. (2022). Cyber campaigns and strategic outcomes, Journal

of Strategic Studies, Vol. 45, No. 4, Hal. 534-567, DOI: 10.1080/01402390.2020.1732354

Hasfi, N. (2019) Komunikasi Politik di Era Digital. Politika Jurnal Ilmu Politik, Vol. 10, No. 1, DOI:

https://doi.org/10.14710/politika.10.1.2019.93-111

Heryanto, Gun Gun. (2018). Media Komunikasi Politik. Yogyakarta: IRCISOD

Jordan, R. (2017, Februari 9). Jokowi: Saya Yakin Media Mainstream Tetap Berperan Penting. Retrieved Januari 30, 2023, from https://news.detik.com/berita/d-3417821/jokowi-saya-yakin-media-mainstream-tetap-berperan-penting

Moleong, L. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya.

Nazir, M. (2003). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Patrick, J. (2018, Oktober 19). Bungkusan Dunia Digital 'Milenial' ala Jokowi. Retrieved Mei 27,

, from https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20181018213024-192-339668/bungkusan-dunia-digital-milenial-ala-jokowi

Prasetia, A. R. (2019). Pengaruh Politik Identitas melalui Media Sosial terhadap Generasi

Milenial dan Pelaksanaan Pemilu: Comnews: Conference on Communication and New Media Studies.

Pureklokon, T. P. (2016). Komunikasi Politik: Mempertahankan Integritas Akademisi, Politikus,

dan Negarawan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Puspita, R. & Suciati, T.N. (2020). Mobile Phone dan Media Sosial: Penggunaan dan

Tantangannya pada Jurnalisme Online Indonesia. Ekspresi & Persepsi: Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. 3, No. 2, Hal. 132-146.

Rizki, R. (2018, Agustus 22). Jokowi, Moge dan Politik Simbol Gaet Kelompok Milenial.

Retrieved Juni 14, 2020, from https://www.cnnindonesia.com/nasional/20180821194038-32-324026/jokowi-moge-dan-politik-simbol-gaet-kelompok-milenial

Rosalia, I. (2019, Maret 01). Jokowi coba dekati milenial dengan Festival Satu Indonesia.

Retrieved Juni 13, 2020, from https://beritagar.id/artikel/berita/jokowi-coba-dekati-milenial-dengan-festival-satu-indonesia

Sebastian, Y dan Amran, D. (2016). Generasi Langgas: Millenials Indonesia. Transmedia.

Jakarta.

Solehudin, I. (2018, Desember 15). ‘Kopi Sore’, Cara Tim Jokowi-Maruf Gaet Kaum Milenial.

Retrieved Mei 27, 2020, from https://www.jawapos.com/nasional/politik/15/12/2018/kopi-sore-cara-tim-jokowi-maruf-gaet-kaum-milenial/

Soraya, I., Kussanti, D.P., & Susilowati. (2019). Kreativitas Sebagai Literasi Media Televisi di

Era 4.0. Ekspresi & Persepsi: Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. 1, No. 2, Hal. 59-71.

Sucahyo, N. (2018, April 17). Jokowi dan Komunikasi Politik Generasi Milenial. Retrieved mei

, 2020, from https://www.voaindonesia.com/a/jokowi-dan-komunikasi-politik-generasi-milenial/4351466.html

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D).

Bandung: Alfabeta.

Susanto, E. H. (2013). Dinamika Komunikasi Politik dalam Pemilihan Umum. Jurnal Kajian

Komunikasi Universitas Padjajaran, Vol.1 & No. 2, Hal 163-172,

DOI: https://doi.org/10.24198/jkk.v1i2.6041

Sutarini, Ida Ayu. (2019). Pengukuran Efektivitas Penggunaan Media Baliho pada Pemilihan

Umum 2019 terhadap Generasi Milenial: Prosiding Seminar Nasional Desain dan Arsitektur (Senada), Vol. 2, Hal. 237-241.

Wibisono, N. (2018, Oktober 22). Jokowi yang Menatap Pemilih Milenial. Retrieved Mei 26,

, from https://tirto.id/jokowi-yang-menatap-pemilih-milenial-c8ie

Widjaja., A. (2000). Komunikasi dan Hubungan Masyarakat. Jakarta: Bumi Aksara.

Zaluchu, S. E. (2018). Sistematika Riset dan Analisis Data Kuantitatif. Semarang: Golden Gate

Publishing.

Published

2023-09-30

Issue

Section

Artikel