MESSAGE DESIGN LOGIC PRODUKSI KARYA FOTOGRAFI

(KAJIAN SEMIOTIKA SOSIAL KARYA FOTOGRAFER ULLY ZOELKARNAIN)

Authors

  • Edward Enrieco Fakultas Komunikasi & Bahasa - Universitas Bina Sarana Informatika
  • Andi Mirza Ronda Universitas Sahid Jakarta
  • Hifni Alifahmi Sekolah Pascasarjana Universitas Sahid

DOI:

https://doi.org/10.33822/jep.v6i2.5497

Keywords:

message design logic, semiotika sosial, fotografer Ully Zoelkarnain, fotografi

Abstract

Fotografer Ully Zoelkarnain sebagai pekerja seni kreatif murni dan seni komersial, berpijak pada dua tarikan keadaan. Dengan masalah dua tarikan pemikiran logika desain pesan berdasarkan idealisme pribadi dan pesanan, pada konsep makna foto yang harus dikoordinasikan dengan cermat. Penelitian bertujuan mengungkap logika desain pesan pada makna foto konteks portrait fullbody-shot karya fotografer Ully Zoelkarnain, sebagai seniman murni dan seniman komersial dalam bekerja. Menganalisis logika pesan dari hasil konsep makna karya foto berupa pemikiran ekspresif fotografer dan pemikiran permintaan. Metode analisis deskriptif digunakan teori semiotika sosial dengan konsep Metafungsi dalam bahasa gambar untuk mengungkap makna pesan, kemudian hasil makna pesan dianalisis keterkaitannya dengan premis pada teori Message design logic, dan metode triangulasi dengan narasumber. Tiga subjek foto merepresentasikan makna struktur naratif terkait dengan hasil logika desain ekspresif dan retorika pada pemikiran pesan makna foto. Satu subjek foto merepresentasikan makna struktur konseptual dengan hasil logika desain konvensional pada konsep bersama pengguna foto. Tiga Logika desain pesan dalam sebuah foto karya fotografer tidak semua akan dimunculkan, tergantung dari konteks produksi pesan pada foto tersebut.

Author Biography

Edward Enrieco, Fakultas Komunikasi & Bahasa - Universitas Bina Sarana Informatika

Dosen / Tenaga Pendidik
FKB UBSI

References

Anggraini, Y., Antoni, C., & Prasetyaningsih, S. (2018). Analisis dan Implementasi Motion Grafis Iklan Layanan Masyarakat (ILM) dengan Metode Semiotika Pierce. Ekspresi Dan Persepsi : Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1), 64–82. https://doi.org/https://doi.org/10.33822/jep.v1i01.444

Bulaeng, A. (2002). Teori Manajemen Riset Komunikasi. Narendra.

Charmaz, K. (2006). Constructing grounded theory: A practical guide through qualitative analysis. sage.

Creswell, J. W., & Creswell, D. J. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches.

Edwards, A., Edwards, C., & Gambino, A. (2020). The Social Pragmatics of Communication with Social Robots: Effects of Robot Message Design Logic in a Regulative Context. International Journal of Social Robotics, 12(4), 945–957. https://doi.org/10.1007/s12369-019-00538-7

Effendy, O. U. (2003). Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Citra Aditya Bakti.

Eriyanto. (2019). Metode Komunikasi Visual ; Dasar-dasar dan Aplikasi Semiotika Sosial Untuk Membedah Teks Gambar (1st ed., Vol. 1). PT. REMAJA ROSDAKARYA. https://rosda.co.id/beranda/786-metode-komunikasi-visual.html

Halliday, M. A. K. (1978). Language as social semiotic: The social interpretation of language and meaning (Vol. 42). Edward Arnold London.

Jewitt, C., & Oyama, R. (2004). Visual Meaning: A Social Semiotic Approach. In The Handbook of Visual Analysis (pp. 134–156). SAGE Publications Ltd. https://doi.org/10.4135/9780857020062

Kendzulak, S. (2019). “What is the Difference between Commercial Art and Fine Art?” https://www.liveabout.com/commercial-vs-fine-art-1295902

Kress, G., & van Leeuwen, T. (2006). Reading Images: A Grammar of Visual Design (2nd ed.). Routledge. https://doi.org/10.4324/9781003099857

Laura M.B.P, R., Wahyuningratna, R. N., & Sevilla, V. (2022). Representasi Kecemasan Dan Hopelessness Dalam Lirik Lagu BTS "BLACK SWAN” (Kajian Semiotika Roland Barthes). Ekspresi Dan Persepsi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 58–70. https://doi.org/10.33822/jep.v5i1.3108

Littlejohn, S. W., & Foss, K. A. (2010). Theories Of Human Communication: Vol. copyright 2011. Waveland press, Inc.

O’Keefe, B. J. (1988). The logic of message design: Individual differences in reasoning about communication. Communication Monographs, 55, 80–103. https://doi.org/10.1080/03637758809376159

Soedjono, S. (2007). Pot-Pourri Fotografi. Penerbit Universitas Trisakti.

Sudaryat, Y. (2008). Prinsip-Prinsip Semantik Dan Pragmatik. CV. Yrama Widya.

Sutrisno, S. (2009). The LIGHT, “ Ully Zoelkarnain, Memberontak Demi Fotografi “., Edisi XXIII/2009, P.105, PT Imajinasia Indonesia, Jakarta. www.thelightmagz.com

Syamsudin, M. (2007). Operasionalisasi Penelitian Hukum (1st ed.). PT Raja Grafindo Persada.

van Leeuwen, T. (2008). Discourse and Practice: New Tools for Critical Analysis. Oxford University Press. https://doi.org/10.1093/acprof:oso/9780195323306.001.0001

Van Leeuwen, T. (2011). The language of colour: An introduction. Routledge Publishing Co.

Wahyu, R., Martianto, U., & Toni, A. (2021). Analisis Semiotika Gaya Komunikasi Milenial Bambang Soesatyo Melalui Youtube Podcast. Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 2656–050. http://ejournal.upnvj.ac.id/index.php/JEP/index

Yuliana, T. M., Wulandari, & Syaifudin. (2018). Paku Sebagai Representasi Diri. Specta, 2(2), 145–158.

Zappavigna, M. (2016). Social media photography: construing subjectivity in Instagram images. Visual Communication, 15(3), 271–292. https://doi.org/10.1177/1470357216643220

Published

2023-05-30

Issue

Section

Artikel