KOMUNIKASI PEMASARAN OBJEK WISATA SITU BOLANG, INDRAMAYU

Authors

  • Irpan Ripa'i Sutowo UPN Veteran Jakarta
  • Lukman Saleh Waluyo UPN Veteran Jakarta
  • Antar Venus Universitas Padjajaran
  • Zayyin Abdul Qudus UPN Veteran Jakarta
  • Gustiana Sabarina UPN Veteran Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.33822/jep.v6i1.5361

Keywords:

wisata, promosi, komunikasi pemasaran, digital, Situ Bolang

Abstract

Desa Jatisura yang berada di Kabupaten Indramayu mempunyai potensi wisata yang besar namun belum berjalan dengan maksimal. Karena itu, perlu kontribusi untuk menguatkan dan mengembangkan inisiatif inisiatif yang sudah ada. Sudah banyak yang mengupas strategi komunikasi pemasaran di Indonesia namun belum ada yang berfokus di objek wisata Situ Bolang, Desa Jatisura Kabupaten Indramayu. Metode yang akan dipakai adalah metode penelitian campuran kualitatif dan kuantitatif deskriptif dengan cara wawancara mendalam serta observasi lapangan yang dicampur dengan survey kepada wisatawan domestik yang sudah mengunjungi dan belum mengunjungi objek wisata Situ Bolang. Pengambilan narasumber penelitian dilakukan dengan cara purposive sampling dengan pendekatan snowball. Hasil penelitian ini mengungkap produk destinasi wisata Situ bolang sudah cukup baik dan masyarakat berminat untuk datang, harga di Objek Wisata Situ Bolang juga sudah termasuk terjangkau, hanya saja untuk lokasi memang masih dianggap perlu peningkatan, karena masih cukup jauh dari jalan tol. Sedangkan untuk promosi yang diperlukan adalah iklan tradisional seperti spanduk, iklan radio, dan juga sales promotion. Selain itu dibutuhkan juga kegiatan digital marketing untuk pemasaran Situ Bolang diantaranya pembuatan website, media sosial, dan Search Engine Optimization (SEO) dari sisi Owned Media, serta iklan digital dan endorsement dari publik figur. Publik figur yang dianggap tepat untuk mempromosikan Situ Bolang adalah dari kalangan artis ternama, pejabat publik daerah, serta dari kalangan traveler.

References

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.

Bogdan, R., & Taylor, S. (1992). Pengantar metode kualitatif. Surabaya: Usaha Nasional.

Chaffey, D., Mayer, R., Johnston, K., & Ellis-Chadwick, F. (2000). Internet marketing: Strategy, implementation and practice. Pearson Education Limited, United Kingdom.

Creswell, J. W. (2014. Research Design : Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Metode Campuran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Denzin, N. K. (1978). The research act: A theoretical introduction to sociological methods. New York: McGraw-Hill.

Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (Eds.). (1994). Handbook of qualitative research. Sage Publications, Inc.

Kotler, P. (2005). Manajemen pemasaran (jilid 1 & 2). Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, P., & Amstrong. (2001). Prinsip-prinsip manajemen, (jilid 1 edisi 8). Penerbit : Erlangga Jakarta.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th ed.). New Jersey: Prentice Hall.

Machfoedz, M. (2010). Komunikasi pemasaran modern (cetakan pertama). Cakra Ilmu Yogyakarta.

Mahanani, F. P. (2019). Strategi komunikasi organisasi fungsi health safety security and environment (HSSE) PT. Pertamina Patra Niaga dalam menjaga citra perusahaan.

Maoyan, Z., & Sangyang. (2014). Consumer purchase intention research based on social media marketing. International Journal of Business and Social Science, 5(10).

McQuail, D. (2011). Teori komunikasi massa. Jakarta: Salemba Humanika.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2007). Qualitative data analysis (terjemahan). Jakarta: UI Press

Nurdiani, N. (2014). Teknik sampling snowball dalam penelitian lapangan. https://journal.binus.ac.id/index.php/comtech/article/view/2427

Prihatna, H. (2005). Kiat praktis menjadi webmaster profesional, referensi terlengkap untuk memasuki dunia web. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Ruslan, R. (2006). Manajemen public relations dan media komunikasi, konsepsi dan aplikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Saladin, D. (2006). Manajemen pemasaran. Bandung: Linda Karya.

Salya, A. M. (2010). The internet marketing solution toward creative industries in Bandung (No. 201011). Department of Management and Business, Padjadjaran University.

Sari, M. P. (2019). Analisis peningkatan loyalitas nasabah UMKM Bank BRI melalui strategi komunikasi pemasaran.

Setiadi, N. (2003). Perilaku konsumen: Konsep dan implikasi untuk strategi dan penelitian pemasaran. Jakarta: Kencana.

Solis, B. (2010). Engage: The complete for brands and business to build, cultivate and measure success in the new web. New Jersey: John Wiley & Sons Inc.

Stainback, S. W. (1988). Understanding and conducting qualitative research. Kendall/Hunt Publishing Company, Dubuque, lowa

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.

Sutisna. (2002). Perilaku konsumen & komunikasi pemasaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Tjiptono, F. (2008). Strategi pemasaran (Edisi III). Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Published

2023-01-31

Issue

Section

Artikel