KOMUNIKASI PEMASARAN OBJEK WISATA SITU BOLANG, INDRAMAYU
DOI:
https://doi.org/10.33822/jep.v6i1.5361Keywords:
wisata, promosi, komunikasi pemasaran, digital, Situ BolangAbstract
Desa Jatisura yang berada di Kabupaten Indramayu mempunyai potensi wisata yang besar namun belum berjalan dengan maksimal. Karena itu, perlu kontribusi untuk menguatkan dan mengembangkan inisiatif inisiatif yang sudah ada. Sudah banyak yang mengupas strategi komunikasi pemasaran di Indonesia namun belum ada yang berfokus di objek wisata Situ Bolang, Desa Jatisura Kabupaten Indramayu. Metode yang akan dipakai adalah metode penelitian campuran kualitatif dan kuantitatif deskriptif dengan cara wawancara mendalam serta observasi lapangan yang dicampur dengan survey kepada wisatawan domestik yang sudah mengunjungi dan belum mengunjungi objek wisata Situ Bolang. Pengambilan narasumber penelitian dilakukan dengan cara purposive sampling dengan pendekatan snowball. Hasil penelitian ini mengungkap produk destinasi wisata Situ bolang sudah cukup baik dan masyarakat berminat untuk datang, harga di Objek Wisata Situ Bolang juga sudah termasuk terjangkau, hanya saja untuk lokasi memang masih dianggap perlu peningkatan, karena masih cukup jauh dari jalan tol. Sedangkan untuk promosi yang diperlukan adalah iklan tradisional seperti spanduk, iklan radio, dan juga sales promotion. Selain itu dibutuhkan juga kegiatan digital marketing untuk pemasaran Situ Bolang diantaranya pembuatan website, media sosial, dan Search Engine Optimization (SEO) dari sisi Owned Media, serta iklan digital dan endorsement dari publik figur. Publik figur yang dianggap tepat untuk mempromosikan Situ Bolang adalah dari kalangan artis ternama, pejabat publik daerah, serta dari kalangan traveler.
References
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.
Bogdan, R., & Taylor, S. (1992). Pengantar metode kualitatif. Surabaya: Usaha Nasional.
Chaffey, D., Mayer, R., Johnston, K., & Ellis-Chadwick, F. (2000). Internet marketing: Strategy, implementation and practice. Pearson Education Limited, United Kingdom.
Creswell, J. W. (2014. Research Design : Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Metode Campuran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Denzin, N. K. (1978). The research act: A theoretical introduction to sociological methods. New York: McGraw-Hill.
Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (Eds.). (1994). Handbook of qualitative research. Sage Publications, Inc.
Kotler, P. (2005). Manajemen pemasaran (jilid 1 & 2). Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Kotler, P., & Amstrong. (2001). Prinsip-prinsip manajemen, (jilid 1 edisi 8). Penerbit : Erlangga Jakarta.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th ed.). New Jersey: Prentice Hall.
Machfoedz, M. (2010). Komunikasi pemasaran modern (cetakan pertama). Cakra Ilmu Yogyakarta.
Mahanani, F. P. (2019). Strategi komunikasi organisasi fungsi health safety security and environment (HSSE) PT. Pertamina Patra Niaga dalam menjaga citra perusahaan.
Maoyan, Z., & Sangyang. (2014). Consumer purchase intention research based on social media marketing. International Journal of Business and Social Science, 5(10).
McQuail, D. (2011). Teori komunikasi massa. Jakarta: Salemba Humanika.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2007). Qualitative data analysis (terjemahan). Jakarta: UI Press
Nurdiani, N. (2014). Teknik sampling snowball dalam penelitian lapangan. https://journal.binus.ac.id/index.php/comtech/article/view/2427
Prihatna, H. (2005). Kiat praktis menjadi webmaster profesional, referensi terlengkap untuk memasuki dunia web. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Ruslan, R. (2006). Manajemen public relations dan media komunikasi, konsepsi dan aplikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Saladin, D. (2006). Manajemen pemasaran. Bandung: Linda Karya.
Salya, A. M. (2010). The internet marketing solution toward creative industries in Bandung (No. 201011). Department of Management and Business, Padjadjaran University.
Sari, M. P. (2019). Analisis peningkatan loyalitas nasabah UMKM Bank BRI melalui strategi komunikasi pemasaran.
Setiadi, N. (2003). Perilaku konsumen: Konsep dan implikasi untuk strategi dan penelitian pemasaran. Jakarta: Kencana.
Solis, B. (2010). Engage: The complete for brands and business to build, cultivate and measure success in the new web. New Jersey: John Wiley & Sons Inc.
Stainback, S. W. (1988). Understanding and conducting qualitative research. Kendall/Hunt Publishing Company, Dubuque, lowa
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.
Sutisna. (2002). Perilaku konsumen & komunikasi pemasaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Tjiptono, F. (2008). Strategi pemasaran (Edisi III). Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 IRPAN RIPAI SUTOWO
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka yang tertunda
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju pada persyaratan berikut ini:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama, dengan pekerjaan [TENTUKAN PERIODE WAKTU] setelah penerbitan secara simultan dengan lisensi di bawah: Creative Commons Attribution License yang memudahkan yang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non-ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).