ANALISIS PERAN MEDIA SOSIAL DALAM PEMBENTUKAN PENGETAHUAN POLITIK MASYARAKAT

Authors

  • Chairun Nisa Zempi Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Ana Kuswanti Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Siti Maryam Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.33822/jep.v6i1.5286

Keywords:

Media Sosial, Pengetahuan Politik

Abstract

Media sosial tidak hanya digunakan sebagai tempat berkomunikasi, tetapi juga sebagai tempat mencari informasi, berdisikusi dan membentuk jaringan. Apalagi setiap masyarakat memiliki caranya masing-masing dalam mengolah informasi yang ada di media sosial yang akan dijadikan sebagai pengetahuan politik. Tulisan ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana media sosial menciptakan pengetahuan politik di masyarakat. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif untuk memahami secara mendalam fenomena dengan menjabarkan mengenai peran media sosial dalam memberikan pengetahuan politik. Data didapatkan melalui sumber-sumber kepustakaan seperti buku dan jurnal ilmiah. Hasil penelitian mendapati bahwa media sosial memiliki kekuatan dalam aspek involve atau terlibat dalam partisipasi politik, connect yaitu memiliki jaringan dalam partisipasi politik dan mobilize yaitu pemberian dukungan pada jalannya partisipasi politik. Akan tetapi penggunaan media sosial sebagai sumber informasi politik akan berbeda penerimaannya pada tiap individu. Terdapat 6 stratifikasi politik masyarakat dalam menggunakan media sosial sebagai sumber pengetahuan. Setiap level individu akan berbeda cara mereka menggunakan media sosial sosial sebagai sumber informasi.

References

Ambardi. K., Parahita. G., Lindawati. L., Sukarno. A., Aprilla. N., (2014). Mapping Digital Media: Indonesia, A REPORT BY THE OPEN SOCIETY FOUNDATIONS : Open Society Foundations

Batabas. J., Jerit. J., Pollock. W., Rainey. C., (2014). The Question(s) of Political Knowledge. American Political Science Review , Vol. 108, No. 4 : American Political Science Association

Budianto, R., (2017). Pengaruh Pendidikan Politik Terhadap Partisipasi Masyarakat Dalam Pemilu Tahun 2014 di Kelurahan Simpang Pasir Kecamatan Palaran Kota Samarinda. eJournal Ilmu Pemerintahan, 5 (1): 93-106 : UNMUL

Dimitrova. D.V., Shehata. A., Strömbäck. J., Nord. L.W., (2014). The Effects of Digital Media on Political Knowledge and Participation in Election Campaigns: Evidence From Panel Data. Communication Research, Vol 41(1) 95– 118 :SAGE

Coleman. S.,Morrison. D.E., Svennevig. M., (2008). New Media and Political Efficacy. International Journal of Communication 2 (2008), 771-791 :IJOC

Dutta. N., Bhat. A.K., (2017). Use of Social Media for Political Engagement: A Literature Review. Fourteenth AIMS International Conference on Management : Researchgate

Eveland Jr. W.P., Hayes. A., Shah. D., Kwak. N., (2006). Understanding the Relationship Between Communication and Political Knowledge: A Model Comparison Approach Using Panel Data. Political Communication, 22:423–446 : Rouledge

Fitzpatrick. N., (2018). Media Manipulation 2.0: The Impact of Social Media on News, Competition, and Accuracy. Athens Journal of Mass Media and Communications. Vol. 4, No. 1 : .Athens journals

Gunawan, Imam. (2022). Metode Penelitian Kualitatif; Teori dan Praktik.Bumi Aksara : Jakarta

Hasan. K., (2016). Khalayak Komunikasi Politik : Fisip Unimal

Hoffman. L.H., (2017). Political Knowledge : Oxford Research

Maiello, C., Oser, F., & Biedermann, H. (2003). Civic knowledge, civic skills and civic engagement. European Educational Research Journal 2(3), 384-395

Molaei. H., (2016). Social Media and Politics: Examining Indonesians’ Political Knowledge on Facebook. journal of Cyberspace Policy Studies Volume 1 No. 1, pp. 119-139 : JC policy

Morissan, (2014) Media Sosial dan Partisipasi Sosial di Kalangan Generasi Muda. Jurnal Visi Komunikasi Volume 13, No. 01, 50-68 : Universitas Sains Malaysia

Muntean. A., (2015). The Impact of Social Media Use of Political Participation. Corporate Communication : Aarhus University

Rahadi. D.R., (2017). Perilaku Pengguna dan Informasi Hoax di Media Sosial. Vol 5, No 1 : JMDK

Russell. J., (2017). Social Media in Government: Benefits, Challenges, and How it’s Used. (Online) Tersedia dalam https://blog.hootsuite.com/social-media-government/ Diakses pada. 27 Mei 2018

Skogstad. G., (2005). Policy Networks and Policy Communities: Conceptual Evolution and Governing Realities. Canada’s Contribution to Comparative Theorizing : University of Western Ontario

Stewart. K., (2008). Testing and Improving Voters' Political Knowledge. CANADIAN PUBLIC POLICY – ANALYSE DE POLITIQUES, VOL. XXXIV, NO. 4 : Researchgate

Susanto. E.K., (2017). Media Sosial Sebagai Pendukung Jaringan Komunikasi Politik. Jurnal ASPIKOM, Volume 3 Nomor 3, hlm 379-398 : jurnal aspikom

Stieglitz. S., (2014). Social Media and Political Communication - A Social Media Analytics Framework, Social media and political communication : Researchgate

Talpau, A. (2014). Social Media - A New Way Of Communication. Eucalyptus Plantations: Research , Management And Development, 7(2), 211–219.

Viani. A.F., (2014). Media Baru dan Partisipasi Politik : Universitas Muhammadiyah Surakarta

We Are Social. (2022). Digital 2022 Indonesia. Diakses dari https://andi.link/wp-content/uploads/2022/02/Digital-2022-Indonesia-February-2022-v01_compressed.pdf

Published

2023-01-31

Issue

Section

Artikel