STRATEGI KOMUNIKASI DALAM PROSES DIFUSI INOVASI BUDIDAYA IKAN DALAM EMBER PADA MASYARAKAT LAMPUNG

(Studi Analisis terhadap Strategi Komunikasi Difusi Inovasi “Budidaya Ikan dalam Ember”)

Authors

  • Sri Astuti tuti Universitas Lampung
  • Anna Gustina Zainal Program Studi Pascasarjana Ilmu Komunikasi Universitas Lampung
  • Nina Yudha Aryanti Program Studi Pascasarjana Ilmu Komunikasi Universitas Lampung
  • Fri Rejeki Noviera Program Studi Pascasarjana Ilmu Komunikasi Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.33822/jep.v6i1.4900

Keywords:

Strategi Komunikasi, Difusi Inovasi, budikdamber

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi dari inovasi budidaya ikan dalam ember dalam proses Difusi Inovasi pada Masyarakat.  Penelitian ini menggunakan Teori Difusi Inovasi Rogers dan Shoemaker, teori ini mengkaji pesan-pesan berupa ide-ide ataupun gagasan-gagasan yang baru, yang menyebabkan terjadinya perubahan sosial. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan datanya adalah dengan wawancara dan menganalisis media yang digunakan dalam proses difusi inovasi.  Budidaya ikan dalam ember merupakan hasil penelitian Juli Nursandi pada tahun 2015, mulai dikembangkan pada tahun 2016 dan dikenalkan ke masyarakat Lampung melalui sosial media.  Dari Hasil penelitian diperoleh budidaya ikan dalam ember disebarkan melalui youtube, whatsapp, facebook, Instagram dan melakukan whorkshop atau pelatihan budidaya ikan dalam ember. Hasil penelitian terdapat: (1) adanya adopsi budidaya ikan dalam ember oleh masyarakat dan pemangku kepentingan dalam hal ini pemerintah, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Lampung bersinergy dengan PKK Provinsi Lampung memberikan bantuan sarana dan prasaran serta benih Budikdamber ke Kabupaten-kabupaten di Provinsi Lampung.  (2) adanya implementasi budidaya ikan dalam ember di masyarakat Lampung.

Author Biography

Sri Astuti tuti, Universitas Lampung

Mahasiswa S2 Ilmu Komunikasi

References

Arifin, A. (1984). Strategi Komunikasi. Edited by ARMICO. 2nd ed.

Cangara, H. (2014). Pengantar Ilmu Komunikasi. 2nd ed. RajaGrafindo Persada.

Dearing, J. W. (2021). Diffusion of Innovations. The Oxford Handbook of Organizational Change and Innovation. https://doi.org

Hidayat, D. N. (2002). “Metodologi Penelitian Dalam Sebuah Multi-Paradigm Science.” Mediator: Jurnal Komunikasi 3 (2): 197–220.

Maulana, A.H. (2022). “Budidaya ikan dalam ember.” Kompas.Com.

Maulana, Y. (2022). “Budidaya ikan dalam ember.” Detik.Com.

Muhammad, H. (2022). “Solusi Tingkatkan Ketahanan Pangan Dan Gizi, Budidaya ikan dalam ember Lele Digencarkan.” Republika.Com.

Mulyana, D. (2008). Metode Penelitian Komunikasi. PT. Remaja Rosdakarya Pradoko, Susilo. (2017). Paradigma Metode Penelitian Kualitatif. UNY Press.

Sofyan, I, & Syamsul A., (2018). “Komunikasi Inovasi (Pola Dan Srategi Pada Masyarakat Petani).” CV. Putra Media Nusantara 44 (8): 33.

Supriyatna, I. (2022). “Gagas Lapangan Kerja Sandiaga Uno Ajak Warga Jadi Jurangan Lele Lalap.” Suara.Com.

Wibowo, I. T. (2019). “Proses Difusi Inovasi Program Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (Sakti) : Studi Kasus Pada Ditjen Perbendaharaan Di D.I. Yogyakarta Tahun 2018.” Indonesian Treasury Review 4 (4): 323–37.

Published

2023-01-31

Issue

Section

Artikel