PENGARUH PESAN KAMPANYE #KERENTANPANYAMPAH THE BODY SHOP INDONESIA TERHADAP SIKAP KHALAYAK (SURVEI PADA FOLLOWERS AKUN INSTAGRAM @THEBODYSHOPINDO.IMPACT)
DOI:
https://doi.org/10.33822/jep.v6i1.4655Keywords:
Pesan Kampanye, Sikap Khalayak, Teori Atribusi.Abstract
Keberadaan sampah yang terus saja mengalami kenaikan setiap tahun-nya membuat semakin banyaknya lingkungan yang tercemar. Salah satu penyebab menumpuknya sampah ialah penggunaan plastik yang masih sangat banyak digunakan. Berdasarkan hal tersebut The Body Shop Indonesia berusaha mengatasi hal tersebut dengan memperkuat komitmenya terhadap isu lingkungan khususnya isu polusi plastik dengan meluncurkan kampanye #KerenTanpaNyampah. The Body Shop Indonesia menggunakan media sosial instagram sebagai media dalam penyebaran pesan kampanye. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari pesan kampanye The Body Shop Indonesia #KerenTanpaNyampah yang disebarkan melalui media sosial instagram terhadap sikap khalayak. Teori yang digunakan adalah teori atribusi. Metode survei digunakan peneliti untuk menyebarkan kuesioner kepada 100 responden followers akun instagram @thebodyshopindo.impact dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Pada uji koefisien determinasi diperoleh bahwa pengaruh variabel X (Pesan Kampanye) terhadap variabel Y (Sikap Khalayak) sebesar 56,1% dan sisanya yang berjumlah 43,9% ditentukan oleh faktor lain. Pesan kampanye yang disampaikan memberikan pengaruh pada aspek kognitif, afektif hingga konatif khalayak. Tingkat korelasi pesan kampanye dan sikap khalayak yaitu 0,749 yang mana dapat diartikan bahwa korelasi antara pesan kampanye dan sikap khalayak kuat dan positif. Dan dari hasil penelitian ini dapat merefleksikan keefektifitasan kampanye yang dilakukan oleh The Body Shop Indonesia.
References
Armando, N. M. (2014). Psikologi Komunikasi. Jakarta: Universitas Terbuka
Datereportal.com. (2022). DIGITAL 2022: INDONESIA. Retrieved from Datereportal.com website: https://datareportal.com/reports/digital-2022-indonesia
Heider, F. (1958). The Psychology of Interpersonal. New York: Wiley.
Kriyanto, R. (2012). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.
Kriyantono, R. (2014). Teori-Teori Public Relations Perspektif Barat & Lokal : Aplikasi Penelitian dan Praktik. Jakarta: Kencana.
Morissan. (2015). Teori Komunikasi Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana Perdana Media Group.
Mutiah, D. (2021). Sedekah Sampah, Yuk! Retrieved October 2, 2021, from Liputan6.Com website: https://www.liputan6.com/lifestyle/read/4616880/sedekah-sampah-yuk
Putri, G. L. B., Luik, J. E., & Yogatama, A. (2020). Pengaruh Pesan Kampanye Penjaga Amanah Gojek Melalui Youtube Terhadap Sikap Masyarakat Surabaya dalam Menggunakan Gojek. Jurnal E-Komunikasi, (1987), 255–256. Retrieved from http://publication.petra.ac.id/index.php/ilmu-komunikasi/article/view/11119
Raharjo, S. (2017). Panduan Lengkap Uji Analisis Regresi Linear Sederhana dengan SPSS. Retrieved April 9, 2022, from spssindonesia.com website: http://www.spssindonesia.com/2017/03/uji-analisis-regresi-linear-sederhana.html
Samsuar. (2019). Atribusi. 2(April), 33–35. https://doi.org/https://doi.org/10.46576/jnm.v2i1.450
Sherriff, L. (2019). The Minimalist Beauty Company Tackling The Industry’s Waste Problem. Retrieved October 3, 2021, from Forbes.Com website: https://www.forbes.com/sites/lucysherriff/2019/09/17/the-minimalist-beauty-company-tackling-the-industrys-waste-problem/?sh=5ed3b2c24326
Syafrikurniasari, N., & Widiani, S. P. (2020). Pengaruh Pesan Kampanye No Straw Movement Di Media Sosial Terhadap Perubahan Sikap Publik. LUGAS Jurnal Komunikasi, 4(1), 17–26. https://doi.org/10.31334/lugas.v4i1.937
Tayibnapis, R. G. (2020). The Effect of Diffusion of Fintech Information through Social Media on Changes in Payment Transaction Patterns among Young People in Jakarta. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(9), 81. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v7i9.1924
Venus, A. (2019). Manajemen Kampanye (Edisi Revi). Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Denisa Nur Wahidah, Lusia Handayani, Garcia Krisnando Nathanael
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka yang tertunda
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju pada persyaratan berikut ini:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama, dengan pekerjaan [TENTUKAN PERIODE WAKTU] setelah penerbitan secara simultan dengan lisensi di bawah: Creative Commons Attribution License yang memudahkan yang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non-ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).