MARKETING PUBLIC RELATIONS PASAR TANI KEMENTERIAN PERTANIAN
DOI:
https://doi.org/10.33822/jep.v6i1.4654Keywords:
Pasar tani, Model 3P Philip Kottler, Marketing Public RelationsAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi strategi marketing Public Relations Pasar Tani dengan rumusan Three Ways Strategy atau Model 3P Philip Kottler. Pasar tani merupakan asosiasi terdiri dari petani yang dibentuk untuk memupuk kemandirian dan kemampuan petani untuk memasarkan sendiri hasil pertaniannya kepada konsumen. Di dalam asosiasi ini, petani diedukasi untuk memproduksi buah dan sayur berkualitas sehingga memberikan kepuasan bagi para pelanggan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Studi kasus merupakan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini. Wawancara, observasi dan dokumentasi merupakan Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil pembahasan dijelaskan bahwa pengimplementasian model 3P Philip Kotler Public Relations Pasar Tani dilakukan dengan strategi mendorong (push strategy), strategi menarik (pull strategy), strategi mempengaruhi (pass strategy).
References
Adhisasono, 2004, “Marketing Public Relations : Pengakuan Konseptual Trend dan Keunikannya Untuk Menciptakan Keunggulan Kompetitif. (Survey Terhadap Advertising dan Public Relations Agency di Jakarta), Tesis pada Program Studi Magister Manajeman”, Jakarta,UniversitasIndonesia
Ardianto, Elvinaro. 2013. Handbook of Public Relations. Bandung: Simbiosa Ruslan, Rosady. 2014. Manajemen Humas dan Media Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers
Bettman, J.R (1979). An Information Processing Theory of Consumer Choice. Cambridge, England : Cambridge Unniversitu Press
Caves, R., & Porter, M. (1977). From entry barriers to mobility barriers. Quarterly Journal of Economics, 91, 421–434
Cutlip, Scott. M., Center Allen H. & Broom.Glen. M. (2007), Effective Public Relations, Ed. 9. Jakarta : Kencana.
HendrawaSupaktino, 2003, Advenced StrategicManagemen:Back to BasicApproach, Jakarta:PT.GrafindoUtama
James G. Barnes, 2007, Build Your Customer Strategy, Canada : John Wiley & Sons, Inc, Hoboken.
Kotter, J., & Heckett, J. (1992).Corporate culture and performance. New York: Free Press
Kotler, Philip, 2003. Marketing Management. 11th Edition, NewJersey: PrenticeHall Inc.
Kotler, Philip and G. Amstrong. 1996. Principles Of Marketing. 7 th Edition. New Jersey: Printice hal Internasional.
Lippman, Walter. 1922. “The World Outside and The Pictures in Our Heads,” Bab 1, Public Opinion (New York: Harcourt, Brace and Company, 1922). Dimuat ulang dalam The Process and Effect of Mass Communnication, rev.ed, diedit oleh Schramm dan Robert, hal 14.
Lynn R. Kahle & Chung-Hyun Kim, 2006, Creating Images and the Psychology of Marketing Communication, London : Lawrence Erlbaum Associates, Publishers
Moleong, J.Lexy,2000. Metode penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya. MA, Morissan. 2008. Manajemen Public Relations Strategi Menjadi Humas Profesional. Jakarta : Kencana
Mulyana, Deddy. 2001. Metode penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya. Ruslan,
Philip R. Holden & Nick Wilde, 2007, Busines on Shoestring Marketing and PR, London : A & C Black Publisher
Priyanto, Dwi, 2008, Mandiri SPSS, Yogyakarta, MediaKom
Ruslan, Rosady, 2007. Manajemen Public Relations & Media Komunikasi PublicRelations.Jakarta:PT.RajaGrafindoPersada.
-------, 2006. Metode Penelitian Public Relations & Komunikasi. Jakarta:PT.Raja Grafindo Persada.
Rosady Ruslan, 2006, Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi, Jakarta:PT.Raja Grafindo Persada.
Rosady. 2000. Kiat dan Strategi Kampanye PR. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Santana, Septiawan. 2005. Jurnalistik Kontemporer. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Sondang P.Siagian,2012, Manajemen Stratejik, Jakarta: PT.BumiAksara
--------, 1986, Analisis serta Perumusan Kebijaksanaan danStrategiOrganisasi,Jakarta: PT.GunungAgung
Soeganda Priyatna, 2001, Konsep Marketing Public Relations di Era Global https://garuda.ristekbrin.go.id/author/view/347874
Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
-------, 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung:Alfabeta.
-------, 2005. Metode Penelitian Bisnis. Bandung:Alfabeta.
Sukardi, 2008. Metodelogi Penelitian Pendidikan, Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta:PT.BumiAksara.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Desy Puspitasari, Rulli Nasrullah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka yang tertunda
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju pada persyaratan berikut ini:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama, dengan pekerjaan [TENTUKAN PERIODE WAKTU] setelah penerbitan secara simultan dengan lisensi di bawah: Creative Commons Attribution License yang memudahkan yang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non-ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).