WEBSITE PERUSAHAAN SEBAGAI MEDIA STORYTELLING (ANALISIS MULTIMODALITAS WEBSITE PT. UNILEVER INDONESIA)

Authors

  • Gendis Putri Hatmanti Universitas Indonesia
  • Irwansyah Irwansyah Magister Ilmu Komunikasi, Universitas Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33822/jep.v6i1.4537

Keywords:

Website perusahaan, storytelling, multimodalitas, semiotika sosial

Abstract

Kehadiran website telah menjadi media komunikasi visual yang dimanfaatkan oleh perusahaan untuk meciptakan identitas dan citra perusahaan yang dilakukan melalui strategi storytelling. Selain itu, website difungsikan sebagai storyteller perusahaan yang sekaligus dapat meningkatkan dan memberikan legitimasi terhadap kekuatan perusahaan, serta untuk mengatasi krisis yang dialami oleh perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendeketan kualitatif dengan metode penelitian analisis multimodalitas. Sedangkan desain penelitian menggunakan semiotika sosial untuk melihat proses pembuatan makna melalui sumber-sumber semiotika. Objek penelitian ini adalah website PT. Unilever Indonesia dan data yang diambil pada bulan Juni 2022. Penelitian ini menemukan bahwa perusahaan membangun cerita yang menempatkan masyarakat sebagai pihak yang paling bertanggung jawab terhadap permasalahan pengelolaan sampah plastik. Padahal, sebagai perusahaan barang konsumsi, PT. Unilever Indonesia seharusnya menjadi aktor yang paling bertanggung jawab terhadap permasalahan tersebut. Isu kesetaraan gender juga ditampilkan dalam cerita perusahaan yang memberikan kesempatan sama antara laki-laki dan perempuan dalam manajemen perusahaan. Adapun sumber semiotika yang digunakan untuk menciptakan makna tersebut, antara lain ilustrasi visual sosok perempuan, tatapan mata, indera, warna, dan verbal.

 

Author Biography

Gendis Putri Hatmanti, Universitas Indonesia

Mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi, Universitas Indonesia

References

Abratt, R., & Kleyn, N. (2012). Corporate identity, corporate branding and corporate reputations. European Journal of Marketing, 46(7/8), 1048–1063. https://doi.org/10.1108/03090561211230197

Ageeva, E., Melewar, T. C., Foroudi, P., Dennis, C., & Jin, Z. (2018). Examining the influence of corporate website favorability on corporate image and corporate reputation: Findings from fsQCA. Journal of Business Research, 89, 287–304. https://doi.org/10.1016/J.JBUSRES.2018.01.036

Aghaei, S. (2012). Evolution of the World Wide Web : From Web 1.0 to Web 4.0. International Journal of Web & Semantic Technology, 3, 1–10. https://doi.org/10.5121/ijwest.2012.3101

Bartholmé, R. H., & Melewar, T. C. (2011). Remodelling the corporate visual identity construct. Corporate Communications: An International Journal, 16(1), 53–64. https://doi.org/10.1108/13563281111100971

Bell, E., & Leonard, P. (2016). Digital organizational storytelling on YouTube: Constructing plausibility through network protocols of amateurism, affinity, and authenticity. Journal of Management Inquiry, 27(3), 339–351. https://doi.org/10.1177/1056492616660765

Bowen Craggs. (2021). The Bowen Craggs Index Report 2021.

Cahyani, I. P. (2020). Membangun engagement melalui platform digital (Studi kasus Flip sebagai start-up fintech). Ekspresi dan Persepsi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 76–87. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33822/jep.v3i2.1668

Creswell, J. W. (2013). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches (Third Edition). SAGE Publications, Inc.

Elliott, C., & Robinson, S. (2014). Towards an understanding of corporate web identity. In E. Bell, S. Warren, & J. Schroeder (Eds.), The Routledge Companion to Visual Organization. Routledge.

Eriyanto. (2019). Metode Komunikasi Visual: Dasar-dasar dan Aplikasi Semiotika Sosial untuk Membedah Teks Gambar. Rosdakarya.

Goaz, O. G. (2019). Effective Storytelling Step by Step: Captivate, Engage, and Influence Your Audience (2020 Edition). Osnat Goaz.

Greenpeace. (2020). Krisis Belum Terurai: Rekapitulasi Temuan Audit Merek Sampah Plastik Tahun 2016-2019 di Indonesia. https://www.greenpeace.org/static/planet4-indonesia-stateless/2019/11/f8b99e3c-greenpeace-final-rekapitulasi-audit-merek-sampah-plastik-sekali-pakai-lowres.pdf

Haller, K. (2019). The Little Book of Colour: How to Use the Psychology of Colour to Transform Your Life. Penguin Books.

Hema, Y. (2022, May 11). Saham Unilever Indonesia (UNVR) Banyak Dikoleksi Asing, Ini Kata Analis. Kontan.co.id. https://stocksetup.kontan.co.id/news/saham-unilever-indonesia-unvr-banyak-dikoleksi-asing-ini-kata-analis

Jewitt, C., Bezemer, J., & O’halloran, K. (2016). Introducing Multimodality. Routledge.

Kassinis, G., & Panayiotou, A. (2017). Website stories in times of distress. Management Learning, 48(4), 397–415. https://doi.org/10.1177/1350507617690684

Kress, G., & van Leeuwen, T. (2006). Reading Images. Routledge.

Lindsay, F. (2015). The Seven Pillars of Storytelling. Sparkol Books.

Nurhadi. (2021, December 10). 10 Perusahaan Penghasil Sampah Plastik Terbesar di Dunia. Tempo.co. https://bisnis.tempo.co/read/1537919/10-perusahaan-penghasil-sampah-plastik-terbesar-di-dunia/full&view=ok

Peraturan Pemerintah Nomor 81 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga

RiauPos. (2022, May 23). Investor Muda Selalu Incar Saham Fundamental Kuat. RiauPos.co. https://riaupos.jawapos.com/ekonomi-bisnis/23/05/2022/274117/investor-muda-selalu-incar-saham-fundamental-kuat.html

Sadeli, H. H., Abidin, Z., & Nayiroh, L. (2021). Rerpresentasi Makna Hardiness dalam Iklan Biskuat Versi My Buddy. Ekspresi Dan Persepsi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2).

Statista. (2022). Indonesia: Global Gender Gap Score for Educational Attainment 2021. Statista.com. https://www.statista.com/statistics/973054/global-gender-gap-score-educational-attainment-indonesia/

Sultannata, C., & Maryam, S. (2018). Analisis Semiotika Logo Brodo Footweardi Media Sosial Twitter (Studi Analisis Semiotika Roland Barthes). Ekspresi Dan Persepsi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1), 153–174.

Undang-undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah

Published

2023-02-04

Issue

Section

Artikel