WEBSITE PERUSAHAAN SEBAGAI MEDIA STORYTELLING (ANALISIS MULTIMODALITAS WEBSITE PT. UNILEVER INDONESIA)
DOI:
https://doi.org/10.33822/jep.v6i1.4537Keywords:
Website perusahaan, storytelling, multimodalitas, semiotika sosialAbstract
Kehadiran website telah menjadi media komunikasi visual yang dimanfaatkan oleh perusahaan untuk meciptakan identitas dan citra perusahaan yang dilakukan melalui strategi storytelling. Selain itu, website difungsikan sebagai storyteller perusahaan yang sekaligus dapat meningkatkan dan memberikan legitimasi terhadap kekuatan perusahaan, serta untuk mengatasi krisis yang dialami oleh perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendeketan kualitatif dengan metode penelitian analisis multimodalitas. Sedangkan desain penelitian menggunakan semiotika sosial untuk melihat proses pembuatan makna melalui sumber-sumber semiotika. Objek penelitian ini adalah website PT. Unilever Indonesia dan data yang diambil pada bulan Juni 2022. Penelitian ini menemukan bahwa perusahaan membangun cerita yang menempatkan masyarakat sebagai pihak yang paling bertanggung jawab terhadap permasalahan pengelolaan sampah plastik. Padahal, sebagai perusahaan barang konsumsi, PT. Unilever Indonesia seharusnya menjadi aktor yang paling bertanggung jawab terhadap permasalahan tersebut. Isu kesetaraan gender juga ditampilkan dalam cerita perusahaan yang memberikan kesempatan sama antara laki-laki dan perempuan dalam manajemen perusahaan. Adapun sumber semiotika yang digunakan untuk menciptakan makna tersebut, antara lain ilustrasi visual sosok perempuan, tatapan mata, indera, warna, dan verbal.
References
Abratt, R., & Kleyn, N. (2012). Corporate identity, corporate branding and corporate reputations. European Journal of Marketing, 46(7/8), 1048–1063. https://doi.org/10.1108/03090561211230197
Ageeva, E., Melewar, T. C., Foroudi, P., Dennis, C., & Jin, Z. (2018). Examining the influence of corporate website favorability on corporate image and corporate reputation: Findings from fsQCA. Journal of Business Research, 89, 287–304. https://doi.org/10.1016/J.JBUSRES.2018.01.036
Aghaei, S. (2012). Evolution of the World Wide Web : From Web 1.0 to Web 4.0. International Journal of Web & Semantic Technology, 3, 1–10. https://doi.org/10.5121/ijwest.2012.3101
Bartholmé, R. H., & Melewar, T. C. (2011). Remodelling the corporate visual identity construct. Corporate Communications: An International Journal, 16(1), 53–64. https://doi.org/10.1108/13563281111100971
Bell, E., & Leonard, P. (2016). Digital organizational storytelling on YouTube: Constructing plausibility through network protocols of amateurism, affinity, and authenticity. Journal of Management Inquiry, 27(3), 339–351. https://doi.org/10.1177/1056492616660765
Bowen Craggs. (2021). The Bowen Craggs Index Report 2021.
Cahyani, I. P. (2020). Membangun engagement melalui platform digital (Studi kasus Flip sebagai start-up fintech). Ekspresi dan Persepsi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 76–87. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33822/jep.v3i2.1668
Creswell, J. W. (2013). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches (Third Edition). SAGE Publications, Inc.
Elliott, C., & Robinson, S. (2014). Towards an understanding of corporate web identity. In E. Bell, S. Warren, & J. Schroeder (Eds.), The Routledge Companion to Visual Organization. Routledge.
Eriyanto. (2019). Metode Komunikasi Visual: Dasar-dasar dan Aplikasi Semiotika Sosial untuk Membedah Teks Gambar. Rosdakarya.
Goaz, O. G. (2019). Effective Storytelling Step by Step: Captivate, Engage, and Influence Your Audience (2020 Edition). Osnat Goaz.
Greenpeace. (2020). Krisis Belum Terurai: Rekapitulasi Temuan Audit Merek Sampah Plastik Tahun 2016-2019 di Indonesia. https://www.greenpeace.org/static/planet4-indonesia-stateless/2019/11/f8b99e3c-greenpeace-final-rekapitulasi-audit-merek-sampah-plastik-sekali-pakai-lowres.pdf
Haller, K. (2019). The Little Book of Colour: How to Use the Psychology of Colour to Transform Your Life. Penguin Books.
Hema, Y. (2022, May 11). Saham Unilever Indonesia (UNVR) Banyak Dikoleksi Asing, Ini Kata Analis. Kontan.co.id. https://stocksetup.kontan.co.id/news/saham-unilever-indonesia-unvr-banyak-dikoleksi-asing-ini-kata-analis
Jewitt, C., Bezemer, J., & O’halloran, K. (2016). Introducing Multimodality. Routledge.
Kassinis, G., & Panayiotou, A. (2017). Website stories in times of distress. Management Learning, 48(4), 397–415. https://doi.org/10.1177/1350507617690684
Kress, G., & van Leeuwen, T. (2006). Reading Images. Routledge.
Lindsay, F. (2015). The Seven Pillars of Storytelling. Sparkol Books.
Nurhadi. (2021, December 10). 10 Perusahaan Penghasil Sampah Plastik Terbesar di Dunia. Tempo.co. https://bisnis.tempo.co/read/1537919/10-perusahaan-penghasil-sampah-plastik-terbesar-di-dunia/full&view=ok
Peraturan Pemerintah Nomor 81 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga
RiauPos. (2022, May 23). Investor Muda Selalu Incar Saham Fundamental Kuat. RiauPos.co. https://riaupos.jawapos.com/ekonomi-bisnis/23/05/2022/274117/investor-muda-selalu-incar-saham-fundamental-kuat.html
Sadeli, H. H., Abidin, Z., & Nayiroh, L. (2021). Rerpresentasi Makna Hardiness dalam Iklan Biskuat Versi My Buddy. Ekspresi Dan Persepsi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2).
Statista. (2022). Indonesia: Global Gender Gap Score for Educational Attainment 2021. Statista.com. https://www.statista.com/statistics/973054/global-gender-gap-score-educational-attainment-indonesia/
Sultannata, C., & Maryam, S. (2018). Analisis Semiotika Logo Brodo Footweardi Media Sosial Twitter (Studi Analisis Semiotika Roland Barthes). Ekspresi Dan Persepsi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1), 153–174.
Undang-undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Gendis Putri Hatmanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka yang tertunda
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju pada persyaratan berikut ini:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama, dengan pekerjaan [TENTUKAN PERIODE WAKTU] setelah penerbitan secara simultan dengan lisensi di bawah: Creative Commons Attribution License yang memudahkan yang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non-ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).