TERPAAN MEDIA DI INSTAGRAM TERHADAP BRAND IMAGE PADA FOLLOWERS AKUN INSTAGRAM @MENANTEA.TOKO

Authors

  • Fitria Ayuningtyas Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta. SCOPUS ID # 57209976300 http://orcid.org/0000-0001-8039-0202
  • Marisa Mutie Pratiwi Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.
  • Hermina Manihuruk Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

DOI:

https://doi.org/10.33822/jep.v6i2.4437

Keywords:

terpaan media, instagram, brand image

Abstract

Instagram tidak sekedar sebagai sebuah media sosial hanya untuk berbagi foto maupun video kepada pengguna lain. Namun juga dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis dan brand secara lebih luas. Instagram berada diposisi ketiga sebagai media sosial yang sering dipakai oleh masyarakat Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian sebelumnya diketahui bahwa Instagram sebagai media memiliki pengaruh terhadap pembentukan maupun peningkatan brand image suatu brand. Situasi ini mendorong peneliti untuk menjalankan penelitian perihal seberapa besar pengaruh terpaan media di Instagram berupa konten-konten iklan dan pemasaran lainnya terhadap brand image Menantea. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh dari terpaan konten-konten di Instagram yang dijadikan sebagai informasi mengenai brand Menantea terhadap tingkat brand image Menantea dengan menguji teori advertising exposure. Metode yang digunakan dalam penelitian ialah metode kuantitatif dan memakai kuesioner. Dibagikan kepada followers akun @menantea.toko yang merupakan akun resmi Instagramnya Menantea sebagai sampel dari penelitian ini yang melibatkan 100 orang responden. Sampel yang dipakai adalah non probability sampling serta menggunakan teknik purposive sampling. Perolehan dari penelitian memperlihatkan ditemukan pengaruh sebesar 37,8% dari terpaan media dalam hal ini di media sosial Instagram terhadap brand image pada akun resmi Instagram @menantea.toko. Penelitian ini mengidentifikasi dua dimensi dengan hasil nilai tertinggi ialah dimensi atensi dari terpaan media serta dimensi strength dari brand image atau citra merek.

Author Biographies

Fitria Ayuningtyas, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta. SCOPUS ID # 57209976300

Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

 

Jabatan Akademik: Lektor 300. 

Marisa Mutie Pratiwi, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

Hermina Manihuruk, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

References

Aaker, D. A., Batra, R., & Myers., J. G. (1996). Advertising Management (4th ed.). Prentice Hall.

Ardianto, E. (2014). Lukiati Komala, Siti Karlinah. 2014. In Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Bendixen, M. T. (1993). Advertising Effects and Effectiveness. Europan Journal of Marketing, Vol 27(No. 10).

Bilgin, Y. (2018). the Effect of Social Media Marketing Activities on Brand Awareness, Brand Image and Brand Loyalty. Business & Management Studies: An International Journal, 6(1), 128–148. https://doi.org/10.15295/bmij.v6i1.229

Bulaeng, A. (2004). Metodologi Penelitian Sosial. In Jakarta: PT Bumi Aksara.

Cresswell, J. W. (2013). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Pustaka Pelajar.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran, alih bahasa Bob Sabran. In Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., Keller, K. L., Manceau, D., & Dubois, B. (2016). Marketing Management, 15e édition. In New Jersy: Pearson Education.

Kriyantono, R. (2014). Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Kencana.

Li, C., & Bernoff, J. (2011). The GroundsWell Inside Your Company: using Social Technology to Forster Employee Communication, Connection and Collaboration, Winning in a World Transformed by Social Technologies. Harvard Business Review Press, ECCH the Case for Learning UK and USA.

Mamahit, J. E., & Pratiwi, A. (2022). Instagram Sebagai Media Alternatif Dalam Konflik Agraria (Studi Kasus Pada Akun Instagram @Forumpancoranbersatu). Ekspresi Dan Persepsi : Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 191. https://doi.org/10.33822/jep.v5i2.4382

Menantea. (2021). Profil Akun Instagram Menantea. https://www.instagram.com/menantea.toko/

Morissan, M. A. (2015). Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Kencana.

Nurfebiaraning, S. (2017). Manajemen Periklanan. Deepublish.

Safko, L. (2010). The social media bible: tactics, tools, and strategies for business success. John Wiley & Sons.

Shimp, T. A. (2013). Advertising, Promotion, and other aspects of Integrated Marketing Communications (ninth). Changege Learning.

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar metodologi penelitian. Literasi Media Publishing.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sulistiyo, T. D., Fitriana, R., & Lee, C. (2020). Pengaruh Marketing Media Sosial Instagram Terhadap Brand Image The Bunker Café, Tangerang. Jurnal Ekbis, 21(2), 189–203. https://doi.org/10.30736%2Fje.v21i2.512

Published

2023-06-02

Issue

Section

Artikel