TERPAAN MEDIA DI INSTAGRAM TERHADAP BRAND IMAGE PADA FOLLOWERS AKUN INSTAGRAM @MENANTEA.TOKO
DOI:
https://doi.org/10.33822/jep.v6i2.4437Keywords:
terpaan media, instagram, brand imageAbstract
Instagram tidak sekedar sebagai sebuah media sosial hanya untuk berbagi foto maupun video kepada pengguna lain. Namun juga dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis dan brand secara lebih luas. Instagram berada diposisi ketiga sebagai media sosial yang sering dipakai oleh masyarakat Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian sebelumnya diketahui bahwa Instagram sebagai media memiliki pengaruh terhadap pembentukan maupun peningkatan brand image suatu brand. Situasi ini mendorong peneliti untuk menjalankan penelitian perihal seberapa besar pengaruh terpaan media di Instagram berupa konten-konten iklan dan pemasaran lainnya terhadap brand image Menantea. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh dari terpaan konten-konten di Instagram yang dijadikan sebagai informasi mengenai brand Menantea terhadap tingkat brand image Menantea dengan menguji teori advertising exposure. Metode yang digunakan dalam penelitian ialah metode kuantitatif dan memakai kuesioner. Dibagikan kepada followers akun @menantea.toko yang merupakan akun resmi Instagramnya Menantea sebagai sampel dari penelitian ini yang melibatkan 100 orang responden. Sampel yang dipakai adalah non probability sampling serta menggunakan teknik purposive sampling. Perolehan dari penelitian memperlihatkan ditemukan pengaruh sebesar 37,8% dari terpaan media dalam hal ini di media sosial Instagram terhadap brand image pada akun resmi Instagram @menantea.toko. Penelitian ini mengidentifikasi dua dimensi dengan hasil nilai tertinggi ialah dimensi atensi dari terpaan media serta dimensi strength dari brand image atau citra merek.
References
Aaker, D. A., Batra, R., & Myers., J. G. (1996). Advertising Management (4th ed.). Prentice Hall.
Ardianto, E. (2014). Lukiati Komala, Siti Karlinah. 2014. In Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Bendixen, M. T. (1993). Advertising Effects and Effectiveness. Europan Journal of Marketing, Vol 27(No. 10).
Bilgin, Y. (2018). the Effect of Social Media Marketing Activities on Brand Awareness, Brand Image and Brand Loyalty. Business & Management Studies: An International Journal, 6(1), 128–148. https://doi.org/10.15295/bmij.v6i1.229
Bulaeng, A. (2004). Metodologi Penelitian Sosial. In Jakarta: PT Bumi Aksara.
Cresswell, J. W. (2013). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Pustaka Pelajar.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran, alih bahasa Bob Sabran. In Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., Keller, K. L., Manceau, D., & Dubois, B. (2016). Marketing Management, 15e édition. In New Jersy: Pearson Education.
Kriyantono, R. (2014). Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Kencana.
Li, C., & Bernoff, J. (2011). The GroundsWell Inside Your Company: using Social Technology to Forster Employee Communication, Connection and Collaboration, Winning in a World Transformed by Social Technologies. Harvard Business Review Press, ECCH the Case for Learning UK and USA.
Mamahit, J. E., & Pratiwi, A. (2022). Instagram Sebagai Media Alternatif Dalam Konflik Agraria (Studi Kasus Pada Akun Instagram @Forumpancoranbersatu). Ekspresi Dan Persepsi : Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 191. https://doi.org/10.33822/jep.v5i2.4382
Menantea. (2021). Profil Akun Instagram Menantea. https://www.instagram.com/menantea.toko/
Morissan, M. A. (2015). Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Kencana.
Nurfebiaraning, S. (2017). Manajemen Periklanan. Deepublish.
Safko, L. (2010). The social media bible: tactics, tools, and strategies for business success. John Wiley & Sons.
Shimp, T. A. (2013). Advertising, Promotion, and other aspects of Integrated Marketing Communications (ninth). Changege Learning.
Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar metodologi penelitian. Literasi Media Publishing.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sulistiyo, T. D., Fitriana, R., & Lee, C. (2020). Pengaruh Marketing Media Sosial Instagram Terhadap Brand Image The Bunker Café, Tangerang. Jurnal Ekbis, 21(2), 189–203. https://doi.org/10.30736%2Fje.v21i2.512
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Fitria Ayuningtyas, Marisa Mutie Pratiwi, Hermina Manihuruk
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka yang tertunda
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju pada persyaratan berikut ini:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama, dengan pekerjaan [TENTUKAN PERIODE WAKTU] setelah penerbitan secara simultan dengan lisensi di bawah: Creative Commons Attribution License yang memudahkan yang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non-ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).