PERSEPSI FOLLOWERS TERHADAP POSTINGAN KEPUTUSAN LEPAS HIJAB INFLUENCER @RACHELVENYA DI INSTAGRAM
DOI:
https://doi.org/10.33822/jep.v5i2.4329Keywords:
Persepsi, Followers, Influencer, InstagramAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Persepsi followers terhadap postingan keputusan lepas hijab influencer @rachelvennya di instagram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menjelaskan fenomena tertentu dengan secara jelas dan terperinci. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori perbedaan individual (individual differences theory) dan pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat dua perbedaan pandangan dari followers terhadap postingan tersebut, yaitu terdapat followers dengan sudut pandang lebih menyayangkan dan menghargai dengan persepsi yang positif serta followers yang lainnya memiliki sudut pandang yang negatif dengan kecewa dan lost respect terhadap influencer Rachel Vennya.
References
Adriyana, L., & Darumoyo, K. (2018). Persepsi followers @perpuseru terhadap akun instagram PerpuSeru menggunakan teori decoding-encoding. Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan, 6(2), 197–212. https://doi.org/10.24198/jkip.v6i2.19336
Anjani, S., & Irwansyah, I. (2020). Peranan Influencer Dalam Mengkomunikasikan Pesan Di Media Sosial Instagram [the Role of Social Media Influencers in Communicating Messages Using Instagram]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 16(2), 203. https://doi.org/10.19166/pji.v16i2.1929
Effendy, O. U. (2003). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT. Rosdakarya.
Gerungan. (1996). Psikologi Sosial. Bandung: Eresco. Gerungan. (1996). Psikologi Sosial. Bandung: Eresco.
Hariyanti, N. T., & Wirapraja, A. (2018). Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Moderen (Sebuah Studi Literatur). Jurnal Eksekutif, 15(1), 133–146.
Kriyantono, R. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.
Moleong, L. J. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyana, D. (2013). Ilmu Komunikasi : Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyana, D. (2015). Komunikasi Media & Masyarakat (membedah absurditas budaya indonesia). Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.
Muslimin. (2016). Tuntunan Penulisan Tugas Akhir Berdasarkan Prinsip Dasar Penelitian Ilmiah. Malang: Selaras.
Rahima, P. (2018). Pengaruh Celebrity Endorser di Media sosial instagram dalam promosi produk hijab terhadap minat beli konsumen ( Studi kasus pada akun instagram @ wiriamaeazzahra ) Phyta Rahima Dosen Prodi D3 Manajemen Informatika STMIK Bumigora Mataram PENDAHULUAN Pertum. Manajemen, Akuntansi Dan Perbankkan, 4, 50–60.
Rahmawan, D., Hafiar, H., & M, J. N. (2017). Peran Vlogger Sebagai Online Inflluencer dalam Industri Media Digital di Indonesia. Promedia, 3(2), 183–206.
Rakhmat, J. (2018 Cetakan ke-27). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Salamoon, D. K. (2013). Instagram, Ketika Foto Menjadi Mediator Komunikasi Lintas Budaya Di Dunia Maya. Universitas Airlangga, 1–14.
Sobur, A. (2016 Edisi Revisi). Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.
https://kreativv.com/mengenal-3-jenis-akun-instagram-mana-yang-paling-cocok-untuk-marketing/)
https://business.instagram.com/shopping?locale=id_ID
https://www.instagram.com/rachelvennya/
https://m.merdeka.com/jabar/dihujat-usai-lepas-hijab-begini-reaksi-rachel-vennya.html



