PENGARUH AKTIVITAS INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN INDIHOME (SURVEY PADA PELANGGAN INDIHOME DI FACEBOOK INFO PASANG WIFI INDIHOME)

Authors

  • Ilona Vicenovie Oisina Situmeang Universita Persada Indonesia YAI Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.33822/jep.v5i2.4279

Keywords:

IMC, Brand, Image, Keputusan, Menggunakan

Abstract

Indihome dalam memasarkan produknya menggunakan berbagai aktifitas Integreted Marketing Communication, hal ini dilakukan agar mnyebarkan informasi tentang produk Indihome kepada seluruh masyarakat. Namun karena Brand Image Indihome dimasyarakat tercipta positif mendukung Indihome dalam memasarkan produknya agar dapat menciptakan daya Tarik masyarakat untuk menggunakan Indihome. Teori yang digunakan Elaborations Likehood Model. Metodologi penelitian menggunakan paradigma positivism, pendekatan kuantitatif, sifat eksplanatif dan metode survey. Populasi penelitian ini merupakan pengikut dari akun Facebook Info Pasang Wifi Indihome dan yang menjadi sampel dengan menggunakan rumus Slovin diperoleh 100 orang responden dengan Teknik purposive sampling. Hasil yang diperoleh terdapat pengaruh yang kuat dan positif antara Aktifitas Integreted Marketing Communications dan brand image terhadap keputusan menggunakan Indihome.

Author Biography

Ilona Vicenovie Oisina Situmeang, Universita Persada Indonesia YAI Jakarta

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Fitri, A., Fitri, A. N., & Muhajarah, K. (2022). Pengaplikasian Elaborated Likelihood Model dalam Strategi Komunikasi Kampanye “Ingat Pesan Ibu.” Jurnal Komunikasi, 15(2), 115–130. https://doi.org/10.21107/ilkom.v15i2.11471

Hakim, L., Yurike, N. F., Aslam, A. M., & Amrozi, M. Y. (2018). Konsep Komunikasi Pemasaran Terpadu (Integrated Marketing Communications) Di Era Digital. In Bunga Rampai Integreted Marketing Communication. Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Uin Sunan Ampel Surabaya.

Haryanto, A. T. (2021). Pengguna Internet Indonesia Tembus 202,6 Juta. Detikinet. https://inet.detik.com/cyberlife/d-5407210/pengguna-internet-indonesia-tembus-2026-juta

Huda, I. A. (2020). Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Terhadap Kualitas Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 2(1), 121–125. https://doi.org/10.31004/JPDK.V1I2.622

Jannah, K. R. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Layanan Digital Indihome PT Telkom Witel Solo (Studi Deskriptif Kualitatif Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Layanan Digital IndiHome PT Telkom Witel Solo Periode 2018-2019). Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Kotler & Keller. (2016). Marketing Management. In Marketing Management (15th ed.). Pearson.

Kue, M. F., & Sahertian, C. (2019). Model Elaboration Likehood Dalam Pembentukan Personal Branding Pita’s Life di Youtube Channel. Jurnal Nomosleca, 5(1). https://doi.org/10.26905/NOMOSLECA.V5I1.2985

McQuail, D. (2011). Teori Komunikasi Massa McQuail (6th ed.). Penerbit Salemba Humanika.

Purba, E. S., & Madiawati, P. N. (2021). Pengaruh Brand Image, Brand Trust, Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Indihome Di Kota Bandung. 8(5), 425983.

Sangadji Em, S. (2013). Perilaku Konsumen. Andi.

Surianto, E. J., Savitri, L., & Utami, S. (2021). Pengaruh Komunikasi Persuasif Melalui Fitur Shopee Live Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Followers Lilybelleclothing di Aplikasi Shopee). Prologia, 5(2), 382–390. https://doi.org/10.24912/PR.V5I2.10218

Syaefudin, M. (2012). Strategi Marketing Communicatin Harian Surya Dalam Meningkatkan Brand Image. http://digilib.uinsby.ac.id/9912/

Published

2022-08-10

Issue

Section

Artikel