PENGARUH CORPORATE BRANDING BADAN PUSAT STATISTIK TERHADAP EVALUASI PRODUK SUSENAS

Authors

  • Dewi Triana Universitas Padjadjaran
  • Asep Suryana Universitas Padjadjaran
  • Dandi Supriadi Universitas Padjadjaran

Keywords:

corporate branding, branding, merek, evaluasi produk

Abstract

Branding merupakan proses stratergis pemasaran dalam komunikasi organisasi yang signifikan dapat membentuk citra positif yang bukan hanya untuk produk atau jasa, melainkan juga bagi perusahaan itu sendiri. Corporate branding akan menciptakan persepsi keterjaminan kualitas sebuah produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan tersebut. Penelitian ini bermaksud mengkaji pengaruh corporate branding terhadap evaluasi produk Susenas. Lokus penelitian adalah lembaga pemerintahan non kementerian, Badan Pusat Statistik, yang memproduksi data Susenas (Survei Sosial Ekonomi Nasional). Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner terstruktur. Corporate branding dibentuk dari 4 dimensi yaitu corporate recognition, corporate image, corporate reputation, dan corporate loyality/commitment. Hasil kajian ini menunjukkan keempat dimensi tersebut secara stimultan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap evaluasi produk susenas, namun bila diuji per dimensi, hanya dimensi corporate loyality yang memiliki pengaruh signifikan terhadap evaluasi produk susenas.

References

Beshi, T.D. and Kaur, R. (2020). Public Trust In Local Government: Explaining The Role Of Good Governance Practices. Public Organization Review. 20 (2): 337-350.

BPS. (2020). Analisis Hasil Survei Kebutuhan Data 2020. Jakarta: BPS.

Bryan, C., Sudika, I.N. dan Aryanto, H. (2017). Perancangan Branding Perusahaan 7coffeeaday. Jurnal DKV Adiwarna, 1 (10): 8.

Farid, F.S. (2017). Pengaruh Corporate Branding Terhadap Keputusan Pembelian dengan Ekuitas Merk sebagai Variabel Mediasi pada Rumah Sakit Ibu dan Anak Kota Banda Aceh. Jurnal Manajemen dan Inovasi. 8(2).

Gracia, Belanche,. & Casalo, A. (2014). Rebuilding Public Trust in Government Administrations Trough E-Government Actions. Revista Española de Investigación de Marketing ESIC. 19(1): 1-11.

Halomoan, A. (2020). Pengaruh Harga, Brand Image, dan Personal Branding Terhadap Keputusan Membeli Secara Online di Toko Medan Top Galeri. Jurnal Ilmiah Smart. 4(2): 98-106.

Holt, D. (2016). Branding in the Age of Social Media. Harvard Business Review. 94(3); 40-50

Jokinen, T. (2016). Branding in Social Media and The Impact of Social Media on Brand Image. Tesis. School of Business and Culture International Business. Finlandia.

Jameel, A,. Asif, M. dan Hussain, A,. (2019). Good Governance and Public Trust: Assessing the Mediating Effect of Government in Pakistan. Lex Localis. 17(2): 299-320.

Lam, S.Y, Mukherjee, A. (2005). The Effect of Merchandise Coordination and Juxtaposition on Consumers Product Evaluation and Purchase Intention in Store-based Retailing. Journal of Retailing. 81(3): 231-250.

Latan, H., & Ghozali, I. (2012). Partial Least Square: Konsep, Teknik, dan Aplikasi SmartPLS 2.0 M3. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Latiff, Z. A., & Safiee, N. A. S. (2015). New Business Set Up for Branding Strategies on Social Media - Instagram. Procedia Computer Science, 72, 13–23.

Petruca, I. (2016). Personal Branding Through Social Media. International Journal of Communication Research, 6(4): 389.

Rakhmat, J. Subandy, IDI. (2017). Metode Penelitian Komunikasi; Dilengkapi Contoh Analisis Statistik dan Penafsirannya. Edisi 2. Simbiosa Rekatam Media. Bandung-Jawa Barat.

Rosilawati, Y. (2014). Employee Branding Sebagai Strategi Komunikasi Organisasi Untuk Mengkomunikasikan Citra Merek (Brand Image). Jurnal Ilmu Komunikasi. 6(3): 153-161.

Sinulinga, S. (2016). Metode Penelitian Bisnis. Medan: USU Press.

Souiden, N., Kassim, M. Noizan., dan Hong, H.J. (2006). The Effect of Corporate Branding Dimensions on Cunsumers Product Evaluation; A Cross-Cultural Analysis. European Journal of Marketing.

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.

Published

2022-01-31

Issue

Section

Artikel